Tabungan Bersama Saat Pacaran Gak Wajib Bikin, Ini 5 Alasannya

UncategorizedLeave a Comment on Tabungan Bersama Saat Pacaran Gak Wajib Bikin, Ini 5 Alasannya

Tabungan Bersama Saat Pacaran Gak Wajib Bikin, Ini 5 Alasannya

Saat lagi jatuh cinta rasanya pengin sama-sama dalam berbagai hal. Termasuk soal keuangan, kamu pun jadi pengin bikin tabungan bersama saat pacaran.

Punya tabungan bersama saat pacaran gak salah, kok. Malah sebenarnya bagus buat kamu dan pasangan karena itu tandanya kalian mulai bertanggung jawab satu sama lain.

Meski punya tabungan bareng pacar itu baik namun bijaksana buat pertimbangkan terlebih dahulu. Nah, beberapa alasan berikut bisa jadi pertimbangan buat kamu dan pasangan untuk tunda dulu rencana ini.
1. Usia hubungan kamu dan pasangan masih seumur jagung
Tabungan bersama
Baru jadian (vemale)

Alasan pertama kenapa kamu sebaiknya gak perlu bikin tabungan bersama adalah usia hubungan masih seumur jagung.

Kamu masih perlu mengenal lebih dekat pasangan kamu, begitu juga sebaliknya. Kalian pun belum tentu punya visi-misi yang sama.

Daripada terbeban buat perjanjian ini-itu soal nabung bareng, mending kamu dan pasangan saling mengenal dulu deh.

[Baca: Soal Keuangan, Jangan Lakukan 7 Hal Ini Sama Pacar Kalau Belum Yakin Dialah Satu-satunya]
2. Kasih kebebasan sekaligus tanggung jawab
Tabungan bersama saat pacaran
Kasih kebebasan pada pasangan (Hipwee)

Kadang kala masing-masing orang punya caranya sendiri buat mengatur uang. Bahkan, sepasang kekasih sekalipun punya cara masing-masing.

Daripada menyibukkan diri buat memarahi pasangan karena gak menabung bulan ini, lebih baik kasih kebebasan. Oleh karena itu pulalah, punya rekening bersama gak wajib.

Kamu dan punya pasangan punya kebebasan masing-masing. Kalian bisa atur keuangan masing-masing setiap bulannya. Akan tetapi, kebebasan itu disertai tanggung jawab yaitu menabung buat tujuan jangka panjang kalian.

[Baca: Pacar Gak Bisa Mengatur Uang, Salah Gak Diputusin]

Biar gak ribet, kalian bisa tetapkan tanggung jawab masing-masing khususnya terkait rencana pernikahan. Misalnya, kamu bertanggung jawab buat menabung sewa gedung dan katering. Sementara pasangan tanggung jawab buat siapkan dana buat busana.

Gak perlu tabungan bersama tetapi rencana tetap tergapai, kan?
3. Mau bikin surprise gak perlu takut ketahuan
tabungan bersama pacar
Bisa kasih kado pakai tabungan tanpa ketahuan (tokopedia)

Oleh karena kamu dan pasangan punya tabungan masing-masing, kamu pun lebih bebas bikin kejutan. Yang namanya kejutan tentu harus gak boleh ketahuan, kan.

Kamu bisa beli kado tertentu buat pasangan tanpa perlu bikin trik atau penjelasan tertentu saat gunakan uang di tabungan.
4. Bakal ribet urus gono-gini saat putus
menabung bersama pasangan
Duh, kalau putus bisa berabe (inilah)

Ini dia yang paling gak kamu penginkan. Namun, namanya hubungan apalagi masih pacaran bisa aja bubar.

Kalau udah punya tabungan bersama bakal lebih ribet urusan putusnya. Belum lagi kalau putus dengan cara kurang baik. Harus gimana ya?

Mau gak mau, kamu harus komunikasi dengan mantan kekasih. Kalian pun harus sibuk hitung gimana pembagiannya karena bisa aja jumlah tabungan masing-masing dari kalian berbeda.

Nah, buat mengantisipasi kejadian ini bila emang ngebet bikin tabungan bareng, coba deh diskusikan dari awal. Sejak awal bikin tabungan bareng pacar, tetapkan peraturan jika bisa tertulis, mengenai pembagian tabungan tersebut bila hubungan berakhir.

Jadi, saat putus, kamu dan mantan kekasih bakal gak ada gak enak hati karena urusan uang.
5. Jadi godaan buat disalahgunakan
nabung bareng pacar
Bisa jadi godaan (techno)

Tabungan bersama apalagi diatasnamakan oleh salah satu pihak rawan buat disalahgunakan. Kita pastinya berupaya buat percaya pada sang kekasih namun bisa aja sesuatu gak diinginkan terjadi, bukan?

Karena dipegang oleh salah satu pihak, pasangan bisa aja tergoda buat menggunakan dana tersebut. Duh, jangan sampai deh ya!

[Baca: 6 Tanda Calon Suamimu Bakal Bikin Ribet Keuangan Rumah Tangga]

Buat mengantisipasi hal tersebut, kamu bisa bikin joint account di kantor cabang bank yang kalian sepakati. Namun perlu diketahui metode ini kurang lazim bila bukan buat pasangan suami istri.

Bisa aja sih tetapi bila kalian putus, kembali ke poin sebelumnya, prosesnya bakal lebih ribet.

Kesimpulannya, buat kamu dan pasangan sebaiknya gak terburu-buru bikin tabungan bersama. Pikirkan plus-minusnya beserta tujuan apa yang ingin kalian capai dalam waktu dekat.

Dengan gitu, kalian bisa putuskan apakah tabungan tersebut perlu banget atau sebenarnya gak gitu penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top