Sudah Tahu Cara Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 2?

#FinansialkuNews Corona Karir Kartu Pra Kerja Kartu Prakerja kartu prakerja gelombang 2 pendaftaran kartu prakerja PHKLeave a Comment on Sudah Tahu Cara Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 2?

Sudah Tahu Cara Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 2?

Hari ini pendaftaran kartu prakerja gelombang 2 resmi dibuka hari ini. Sudah tahu cara login dan daftarnya?

Simak informasi selengkapnya di berita Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

 

Kartu Prakerja Gelombang 2 Resmi Dibuka

Hari Senin (20/04), kartu prakerja gelombang 2 resmi dibuka dan pendaftaran bisa diakses di situs prakerja.go.id per pukul 10.00 WIB.

Pendaftaran ini, dilansir laman cnnindonesia.com, dibuka selama empat hari, hingga Kamis (23/04) mendatang.

“Gelombang 2 dibuka sejak Senin 20 April pukul 16.00 WIB sampai dengan Kamis, 23 April, pukul 16.00.” Kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan tertulis yang dikutip dari laman cnnindonesia.com, Senin (20/04).

Serupa dengan pemilihan yang dilakukan pada Gelombang 1, kali ini, pemerintah juga akan melakukan pemilihan 200.000 peserta secara acak yang berhasil mendapatkan insentif sebesar Rp 3.550.000.

Proses pendaftaran kartu prakerja gelombang 2 ini juga sama dengan sebelumnya, dengan mengakses situs prakerja.go.id.

Kalau sudah berhasil mengakses situs tersebut, Sobat Finansialku tinggal menekan pilihan ‘Daftar Sekarang’, lalu masukkan nama lengkap, email, serta password.

Pantengin HPmu! Hari Ini Pengumuman Seleksi Kartu Prakerja 01

[Baca Juga: 6 Kursus Online Gratis yang Bisa Kamu Manfaatkan Di Rumah]

 

Tidak lama setelah itu, Sobat Finansialku akan dikirim email berisi tautan untuk konfirmasi akun.

Setelah melakukan konfirmasi akun, Sobat Finansialku bisa mengakses kembali situs prakerja untuk kemudian memasukkan data diri yang benar.

Apabila sudah melengkapi data diri dengan sebenar-benarnya, maka siapkan alat tulis dan kertas untuk mengikuti TKD (Tes Kemampuan Dasar) dan Tes Motivasi.

Kemudian, Sobat Finansialku tinggal menunggu pengumuman diterima atau tidaknya di gelombang 2 ini melalui notifikasi SMS.

Sementara itu, untuk Sobat Finansialku yang sudah melakukan pendaftaran di gelombang 1, tidak perlu lagi mengulang langkah di atas untuk mengikuti seleksi penerima kartu pra kerja gelombang 2.

Segera cek email yang didaftarkan, karena di sana, Sobat Finansialku bisa menemukan notifikasi berisi ajakan untuk mengikuti seleksi gelombang 2.

“Bagi 1,87 juta peserta yang belum ikut dalam batch pertama, tidak perlu mendaftar ulang. Nanti akan diberikan email link untuk ikut gelombang 2, sehingga tidak perlu ulang semua proses yang sudah dibuat di awal.” Kata Airlangga, menyadur laman cnbcindonesia.com, Kamis (16/04).

 

Ingat! Jangan Boros!

Seperti kita tahu, Kartu Prakerja merupakan salah satu kebijakan stimulus yang dikeluarkan oleh pemerintah sebagai upaya meminimalisasi kemerosotan daya beli masyarakat Indonesia karena COVID-19.

Kartu Prakerja ini nantinya bisa digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan melakukan tindakan konsumtif lainnya.

Hal ini dilakukan tentunya untuk menghindari skenario terburuk yang bisa saja terjadi di sektor perekonomian Indonesia.

Tapi meski begitu, bukan berarti Sobat Finansialku yang sudah memiliki kartu prakerja, bisa memenuhi kebutuhan seenaknya tanpa ada rencana matang.

Pemerintah memang mengeluarkan Kartu prakerja untuk mempertahankan daya beli masyarakat, tapi bukan berarti meminta masyarakat untuk berlaku boros.

Uang Rp 600 ribu yang nantinya akan diterima oleh pemilik kartu prakerja selama empat bulan berturut-turut, harus dianggarkan terlebih dahulu sebelum digunakan.

Anggaran yang dimaksudkan tentunya alokasi untuk setiap kebutuhan primer yang ada.

Bukan hanya itu, jika kita melakukan anggaran dengan bijak, kita bahkan bisa menambah dana tabungan atau dana darurat, lho!

Oleh karena itu, Sobat Finansialku perlu benar-benar bijak untuk mengalokasikan setiap persennya.

Bukan hal yang mudah, ya? Tentu! Kalau dilakukan secara manual, ini merupakan sebuah kegiatan yang menghabiskan waktu.

Lakukan perencanaan keuangan ini dengan mudah lewat aplikasi digital Finansialku yang bisa diunduh di Google Play Store dan Apple Apps Store, ya!

Maksimalkan setiap persen dari dana yang diterima untuk hal-hal yang mendesak dan primer.

Jangan sampai lupa diri dan malah memanfaatkannya untuk hal-hal yang tidak penting demi memenuhi kepuasan semata, lho!

 

Apakah di sini ada Sobat Finansialku yang sudah berhasil lolos menerima kartu prakerja di gelombang pertama? Yuk, acungkan tangan dengan mengisi absen di kolom komentar!

Jangan sampai rekan dan keluarga terdekat belum tahu cara ini. Sebelum terlambat, segera bagikan informasi ini melalui pilihan platform yang tersedia di bawah ini, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 20 April 2020. Pendaftaran Prakerja Gelombang 2 Dibuka, Ini Cara Daftaranya. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3eA9GN3
  • Admin. 20 April 2020. Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 2 Dibuka Hari Ini. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/3akcSsV
  • Admin. 20 April 2020. Login www.prakerja.go.id untuk Daftar Kartu Pra Kerja Gelombang 2, Simak Cara Daftar Pakai HP. Tribunnews.com – https://bit.ly/3cyZHWI

 

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top