Siapa Bilang Gaji 4 Juta Enggak Bisa Beli DSLR? Lakukan Cara Jitu Ini!

Beli DSLR DSLR DSLR Terbaik Gaji 4 Juta Beli DSLR Hobi LifestyleLeave a Comment on  Siapa Bilang Gaji 4 Juta Enggak Bisa Beli DSLR? Lakukan Cara Jitu Ini!

 Siapa Bilang Gaji 4 Juta Enggak Bisa Beli DSLR? Lakukan Cara Jitu Ini!

Bagaimana caranya gaji 4 juta beli DSLR? Buat kamu yang punya hobi fotografi tapi gaji pas-pasan untuk beli kamera, yuk cek artikel ini.

DSLR dan mirrorless adalah pilihan terbaik untuk penyuka fotografi. Tapi, jika kamu hanya memiliki gaji 4 juta, apakah bisa beli kamera idaman?

Jika kamu ragu, bacalah artikel berikut dengan seksama.

 

Rubrik Finansialku

 

Hobi dan Identitas Masyarakat Pop

Hidup di era digital susah-susah gampang. Pasalnya, banyak pihak yang menilai seseorang berdasarkan profil di media sosialnya.

Ketika mendaftar di suatu perusahaan, bahkan kini applier wajib mencantumkan link media sosial, khususnya LinkedIn dan Instagram. Tujuannya jelas, agar mereka bisa menyimpulkan seperti apa kamu sebenarnya.

Meski terkesan tak adil, foto di media sosial berperan besar dalam perjalanan karier fresh graduate. Jika di timeline terdapat banyak foto kekanak-kanakan, maka perusahaan bisa saja melewatkanmu.

Untuk menghasilkan foto yang bagus, tentu butuh gadget yang memadai, seperti kamera DSLR. Dibanding kamera ponsel, kamera ini memiliki lebih banyak opsi sehingga memudahkan proses pengambilan gambar, walaupun sebenarnya foto yang bagus bisa diambil dengan kamera apapun.

Sayangnya budget kamera lumayan besar, terlebih bagi mereka yang memiliki gaji sama dengan atau kurang dari Rp 4 juta. Pertanyaannya, apakah mustahil bagi seorang pekerja dengan upah terbatas membeli kamera? Tentu tidak.

Siapa Bilang Gaji 4 Juta Enggak Bisa Beli DSLR Lakukan Cara Jitu Ini! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Sudah Tahu Daftar HP Kamera Terbaik 2020 Ini Belum?]

 

Tips Membeli Kamera DSLR dengan Gaji Terbatas

Harga kamera DSLR lumayan mahal, sehingga kamu pun sebaiknya telah mempertimbangkan dengan matang. Jika tak terlalu penting, kamu bisa mengalihkan dana untuk prioritas yang lebih besar.

Ketepatan alokasi dana sangat berpengaruh terhadap financial health-mu.

Kamu bisa belajar berinvestasi atau memulai bisnis kecil. Ingat, Lo Kheng Hong bisa meraih kesuksesan karena menahan beberapa hal untuk hasil yang lebih besar di masa depan.

Berikut beberapa tips yang dapat kamu ikuti jika ingin membeli kamera DSLR.

 

#1 Mencatat Keuangan

Lagi-lagi, kamu perlu membuat catatan keuangan. Meski terkesan sepele, membangun skala prioritas, atau setidaknya coretan sederhana, akan membuatmu menjadi lebih disiplin.

Jika kesulitan, kamu bisa mengunduh aplikasi Finansialku di Google Play dan Appstore serta mendapat free akses premium selama 30 hari.

Dengan bantuan aplikasi Finansialku, kamu hanya perlu menuliskan nominal, kemudian sistem akan melakukan pekerjaannya.

Jangan khawatir, data pribadimu tidak akan bocor kepada siapa pun. Download sekarang!

 

#2 Melakukan Pre-Order

Jika budget telah tersedia, kamu bisa melakukan pemesanan begitu sebuah produk diluncurkan. Umumnya, produk baru akan dijual dalam bentuk bundling dan menyertakan beberapa bonus.

Misalnya tas kamera, lensa, dan pembersih lensa.

Beberapa brand kamera juga menawarkan cashback menarik untuk beberapa pembeli pertama. Selain itu, kamu akan menjadi salah satu orang pertama yang memegang kamera generasi terbaru itu.

Siapa Bilang Gaji 4 Juta Enggak Bisa Beli DSLR Lakukan Cara Jitu Ini! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Situs Download Game PC Terbaru 2020!]

 

#3 Membeli Kamera Keluaran Tahun Lalu

Kamera keluaran 1-2 tahun lalu masih banyak yang eksis, lho. Contohnya saja Canon 800D. Tipe ini digemari karena memiliki layar sentuh responsif, UI yang friendly, serta kecepatan menentukan titik fokus.

Hal yang perlu digaris bawahi, usahakan membeli kamera yang bisa digunakan hingga empat tahun mendatang. Selain menghemat anggaran, Anda juga akan mendapat banyak pembaruan jika nanti membeli kamera kembali.

Jika harga kamera 1-2 tahun masih tinggi, Anda juga bisa mempertimbangkan kamera yang dirilis 4-6 tahun lalu. Bisa jadi, kamera flagship yang dahulu pernah berjaya kini harganya hampir sama dengan kamera medium range.

Kerugiannya, karena kamu membeli kamera lama, tentu ada beberapa fitur yang tak tersedia. Kelemahan lain, kamu perlu menunggu beberapa tahun sebelum akhirnya membelinya.

Siapa Bilang Gaji 4 Juta Enggak Bisa Beli DSLR Lakukan Cara Jitu Ini! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Hobi Foto? Cek Harga Kamera Canon DSLR dan Mirrorless Serta Spesifikasinya]

 

#4 Membeli Karena Butuh, Bukan Ingin

Karena harganya lumayan, sebaiknya kamu menggunakan kamera untuk aktivitas yang produktif, seperti dijual ke situs fotografi, menjadi koresponden wartawan foto di surat kabar, atau membangun branding di media sosial untuk menunjang pekerjaan.

Photography is tricky. Bahkan, sebenarnya kamu bisa mendapatkan gambar yang bagus dengan kamera berharga Rp 6-8 jutaan. Jadi, jangan paksakan membeli flagship jika kondisi finansial belum sesuai, ya.

 

Bergaya dan Berkarya

Dengan kamera yang dibeli, kamu bisa membuat banyak konten untuk dibagikan. Jika kamu termasuk orang yang telaten, kamu juga bisa membuat channel Youtube untuk di-monetize di kemudian hari.

Untuk membantu menganggarkan dana membeli kamera, kamu harus mengatur keuangan kamu terlebih dahulu. Yuk, simak tips simple mengatur keuangan dari ahli keuangan dalam video berikut ini.

 

Itulah tips bagaimana gaji 4 juta beli DSLR. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang mengalami hal seperti di atas. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini, ya. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Ence Tjin. 26 April 2016. Strategi untuk membeli kamera digital DSLR / mirrorless. Infofotografi.com – https://bit.ly/3atneqA
  • Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha. 04 Agustus 2019. Meski Gaji UMR Mau Beli Kamera Mirrorless? Bisa Banget! Gini Caranya! Finansialku.com – https://bit.ly/3bAGyDH

 

Sumber Gambar:

  • DSLR 1 – https://bit.ly/2WpRy0q
  • DSLR 2 – https://bit.ly/2WiGvWG
  • DSLR 3 – https://bit.ly/2SprD7G

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top