Sewa Apartemen Harian VS Bulanan, Apa Bedanya?

Apartemen Investasi Perbedaan Sewa Apartemen Harian dan Bulanan Sewa Apartemen Bulanan Sewa Apartemen Harian Sewa Apartemen Harian VS BulananLeave a Comment on Sewa Apartemen Harian VS Bulanan, Apa Bedanya?

Sewa Apartemen Harian VS Bulanan, Apa Bedanya?

Apa sih bedanya sewa apartemen harian vs bulanan? Ternyata, masing-masing hunian memiliki sisi plus minus tersendiri lho!

Apa saja perbedaan tersebut? Simak ulasan lengkapnya di Finansialku.

 

Rubrik Finansialku

 

Sewa Apartemen: Solusi Hunian Nyaman Masa Kini

Saat ini terdapat banyak sekali pilihan dalam menyewa apartemen, baik itu sewa apartemen harian atau secara bulanan. Anda dapat memilih opsi sewa apartemen harian jika Anda memerlukan tempat menginap untuk waktu yang tidak lama.

Di sisi lain, Anda bisa memilih opsi sewa apartemen bulanan jika Anda berniat untuk tingal dalam waktu yang lebih lama.

Kira-kira, apa saja ya perbedaan antara sewa apartemen secara harian dengan bulanan, baik itu dari segi kelebihannya maupun kekurangannya? Simak ulasannya berikut ini.

 

Sewa Apartemen Harian

Ketika sedang melakukan perjalan baik itu liburan ataupun bisnis, dibandingkan menyewa hotel lebih baik Anda mencari apartemen dengan sewa harian saja.

Selain itu, ketika Anda berniat segera melakukan pindahan ke rumah baru, memilih sewa apartemen secara harian adalah pilihan yang tepat.

Sewa Apartemen Harian VS Bulanan, Apa Bedanya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Punya Rumah? Begini Cara Dan Syarat Mengajukan KPR BCA]

 

Meskipun ketika Anda menyewa apartemen Anda tidak memperoleh fasilitas housekeeping, room service, sarapan gratis, atau fasilitas lainnya, Anda bisa menikmati manfaat tambahan dari sewa apartemen secara harian.

Manfaat tersebut yakni fleksibilitas yang sangat menguntungkan khususnya jika Anda bepergian dalam beberapa hari. Ketika menyewa apartemen, Anda akan memperoleh fasilitas seperti berikut.

 

#1 Kemudahan Administrasi

Kemudahan administrasi yaitu di mana proses administrasi untuk menyewa apartemen untuk beberapa hari tidak serumit menyewa kamar hotel karena transaksi yang dilakukan antar individu.

 

#2 Fasilitas Memadai

Anda dapat menikmati fasilitas dan wilayah tempat tinggal yang lebih luas yang tidak dapat Anda rasakan ketika Anda menginap di hotel.

Hal ini disebabkan beberapa apartemen juga memberikan fasilitas dapur dengan perlengkapan yang lengkap. Dengan demikian,  Anda bisa lebih menghemat anggaran.

Selain itu, apartemen juga menyediakan fasilitas outdoor seperti balkon sehingga Anda bisa menikmati segarnya udara dan keindahan pemandangan dari balkon apartemen.

 

#3 Harga yang Sesuai

Ketika tinggal lebih lama di hotel, Anda bisa dikenakan biaya yang cukup mahal.

Namun, berbeda dengan apartemen, Anda cukup mengeluarkan biaya yang sama untuk tinggal lebih lama beberapa hari sehingga Anda bisa lebih menghemat uang dan menggunakannya untuk keperluan yang lain.

Sewa Apartemen Harian VS Bulanan, Apa Bedanya 03 - Finansialku

[Baca Juga: Mengajukan KPR Murah Bagi Para PNS yang Belum Memiliki Rumah]

 

#4 Memiliki Hak Sama dengan Penyewa Bulanan

Anda bebas menjelajah wilayah sekitar apartemen, karena ketika Anda menyewa apartemen, Anda juga memiliki akses fasilitas publik seperti restoran, taman, dan tempat-tempat unik lainnya.

Berbeda sekali ketika Anda tinggal di hotel, karena Anda tidak bisa leluasa menjelajahi area komersil di sekitar hotel.

 

Sewa Apartemen Bulanan

Ketika Anda ingin berpindah tempat tinggal dan menetap dalam waktu yang cukup lama, Anda bisa menyewa apartemen secara bulanan.

Dengan menyewa apartemen bulanan, Anda akan memperoleh fleksibilitas yang Anda perlukan di situasi tersebut.

Anda tak perlu ragu untuk melakukan negosiasi harga sewa dengan pemilik. Terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika menyewa apartemen bulanan, yaitu sebagai berikut.

 

#1 Fleksibilitas Pindah

Ketika Anda menyewa apartemen bulanan, Anda akan memperoleh fleksibilitas untuk pindah tanpa perlu membayar denda sebab Anda melanggar perjanjian sewa.

Jika Anda telah mendekati batas waktu perjanjian sewa, tapi ingin tinggal lebih lama, Anda bisa memperpanjang masa sewa.

Sewa Apartemen Harian VS Bulanan, Apa Bedanya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Yuk Lihat Bagaimana Megahnya 15 Hotel Termahal Di Dunia!]

 

#2 Pengeluaran yang Harus Diatur

Fleksibilitas yang Anda peroleh biasanya diikuti dengan pengeluaran biaya yang  lebih besar, sebab pemilik apartemen harus mempersiapkan kondisi jika seandainya terjadi kekosongan sewa.

 

#3 Perjanjian dan Pasalnya

Sebagai pemilik apartemen, sesuai kontrak pemilik secara leluasa berhak untuk mengakhiri masa sewa sewaktu-waktu sehingga Anda harus mencari tempat tinggal baru untuk alasan apapun.

Kontrak antar pemilik dan penyewa tidak terikat secara jangka panjang, sehingga Anda tidak dapat mencegah pemilik untuk menaikkan harga sewa apartemen yang Anda tinggali.

Sewa Apartemen Harian VS Bulanan, Apa Bedanya 04 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Tips Memilih Hotel dan Alternatif Penginapan untuk Menghemat Budget Liburan]

 

Jadi, Pilih Sewa Apartemen Harian atau Bulanan?

Umumnya, pemilik apartemen lebih memilih menyewakan apartemennya secara bulanan agar pemilik tak perlu mengiklankan unitnya dan melakukan persiapan serta perbaikan untuk menyambut penyewa baru.

Berdasarkan ulasan di atas, terdapat kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik itu sewa apartemen harian ataupun sewa apartemen bulanan.

Pastikan Anda memilih metode sewa apartemen yang sesuai dengan kebutuhan Anda agar tidak mengganggu kenyamanan Anda ketika tinggal di apartemen.

Sebagai tambahan informasi, kenali perbedaan apartemen Syariah dan apartemen biasa dalam video ini.

 

Pastinya, setelah membaca informasi di atas ada beberapa poin yang dapat membantu Anda. Jika ada teman yang bingung memilih kedua jenis apartemen di atas, maka bagikan artikel ini sebagai bahan referensi mereka, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Ismiwati. 8 November 2019. Sewa Apartemen Harian VS Sewa Apartemen Bulanan, Mana Yang Anda Pilih? Jendela360.com – https://bit.ly/2z8krG9

 

Sumber Gambar:

  • Apartemen 1 – https://bit.ly/2wRgqFx
  • Apartemen 2 – https://bit.ly/3eEtOOr
  • Apartemen 3 – https://bit.ly/2RONWDk
  • Apartemen 4 – https://bit.ly/2Vlkdo0

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top