Satu Startup Gugur Lagi! Airy Tutup Layanan Secara Permanen!

#FinansialkuNews airy airy rooms airy tutup Bisnis StartupLeave a Comment on Satu Startup Gugur Lagi! Airy Tutup Layanan Secara Permanen!

Satu Startup Gugur Lagi! Airy Tutup Layanan Secara Permanen!

Sempat optimis, perusahaan startup perhotelan Airy tutup permanen. Simak beritanya dalam artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

 

Tak Bertahan di Tengah Pandemi, Airy Putuskan Tutup Layanan

Perusahaan rintisan (startup) penyedia layanan hotel murah, Airy atau Airy Rooms, akan menutup layanannya dalam waktu dekat secara permanen.

Keputusan tersebut diambil mengingat sektor pariwisata, termasuk perhotelan, tersendat arus ekonominya akibat badai pandemi virus corona atau Covid-19.

Melansir Kumparan, Jumat (09/05) Airy rencananya akan menyudahi operasional mereka dalam waktu kurang dari satu bulan ke depan. Layanan dengan jaringan mitra hotel ditutup pada 31 Mei.

Dalam sebuah laporan, Airy menjelaskan bahwa pihaknya telah berupaya mengatasi dampak pandemi Covid-19.

Meski begitu, penurunan teknis yang signifikan, serta pengurangan sumber daya manusia, menjadi dua hal yang memutuskan Airy menghentikan operasional bisnis secara permanen.

Padahal, mengingatkan kembali, awal Maret 2020 Airy masih optimistis mampu melewati badai pandemi virus corona.

Satu Startup Gugur Lagi! Airy Tutup Layanan Secara Permanen! 02

[Baca Juga: Duh! Rugi Besar, Ribuan Restoran PHK Karyawannya]

 

Melansir Katadata, dalam sebuah wawancara dengan Chief Executive Officer (CEO) Airy Louis Alfonso mengatakan, perusahaan tengah meramu strategi untuk mengurangi dampak pandemi Covid-19 yang telah mempengaruhi tingkat hunian Airy.

Saat itu, Louis menyatakan bahwa pihaknya optimis pandemi corona segera teratasi dan industri perjalanan (travel) akan pulih, demikian pula dengan Airy. Namun, kenyataan berkata lain.

Untuk diketahui, Sobat Finansialku, Airy Rooms merupakan startup yang berdiri tahun 2015. Pada awal beroperasi Airy memiliki jaringan 2.000 properti dengan lebih dari 30 ribu kamar.

Perusahaan rintisan ini juga merupakan mitra strategis unicorn layanan penyedia akomodasi, Traveloka.

 

Layanan Akomodasi Lain yang Kena Pukul

Di tengah badai pandemi Covid-19 ini industri perjalanan dan perhotelan telah berjuang untuk bertahan. Meski begitu, kemerosotan dan pelemahan pendapatan tak terelakkan lagi.

Sebagai gambaran dari kasus lain. OYO yang didukung SoftBank dilaporkan mengalami penurunan 50 hingga 60 persen pendapatan, memaksa perusahaan menerapkan pemotongan gaji dan cuti karyawannya.

Sementara itu, startup hotel murah lain yang berbasis di Singapura, RedDoorz, juga menawarkan cuti sementara kepada para stafnya dan memberhentikan kurang dari 10 persen dari total tenaga kerjanya.

 

Melemahnya Sektor Pariwisata

Sektor pariwisata memang menerima pukulan telak akibat pandemi Covid-19, termasuk dengan hotel dan restoran.

Melansir dari Katadata, Jumat (08/05) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mengatakan ada ribuan hotel dan ratusan restoran yang tutup akibat pandemi virus corona.

Selain itu juga, industri pariwisata pun kehilangan potensi pendapatan dari wisatawan asing sebesar US$ 4 miliar atau sekitar Rp 60 triliun sejak Januari hingga April 2020.

Berdasarkan laporan hingga 13 April 2020 lalu, anggota PHRI telah menutup 1.642 hotel. Selain itu juga terdapat 353 restoran atau tempat hiburan yang tak beroperasi.

Manadao, Bali dan Batam merupakan daerah tujuan wisata yang paling merasakan penurunan jumlah wisatawa.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mencatat hingga pekan kedua April 2020, sebanyak 180 destinasi dan 232 desa wisata ditutup.

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel diatas? Kamu bisa berbagi pandanganmu tentang artikel ini lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Anggoro Suryo Jati. 07 Mei 2020. Airy Tutup karena Pandemi Corona Detik.com – https://bit.ly/35GfyQZ
  • Ani Nursalikah. 08 Mei 2020. Airy Dikabarkan Tutup Permanen Akhir Bulan Ini. Republika.co.id – https://bit.ly/2xJ4dTE
  • Aulia Rahman Nugraha. 07 Mei 2020. Startup Airy Menyerah Akibat Pandemi Corona, Semua Mitra Hotel Ditutup Kumparan.com – https://bit.ly/3cfOn1W
  • Agung Jatmiko. 07 Mei 2020. Airy Setop Operasional di Indonesia Mulai 31 Mei Terdampak Corona Katadata.co.id – https://bit.ly/3cgmdUz

 

Sumber Gambar:

  • Airy 01 – https://bit.ly/2SM215j
  • Airy 02 – https://bit.ly/2L9TlS3

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top