Rumus Kelola Keuangan Setelah Lebaran 2020, Biar Tetap Sehat!

Cara Kelola Keuangan Setelah Lebaran Kelola Keuangan Kelola Keuangan Setelah Lebaran Keuangan Keuangan Setelah Lebaran Lebaran 2020 Mengatur KeuanganLeave a Comment on Rumus Kelola Keuangan Setelah Lebaran 2020, Biar Tetap Sehat!

Rumus Kelola Keuangan Setelah Lebaran 2020, Biar Tetap Sehat!

Lebaran 2020 ini memiliki esensi cukup unik dibanding tahun sebelumnya. Namun, soal pengelolaan keuangan setelah lebaran, harus tetap dijaga!

Caranya gimana? Simak dulu ulasan Finansialku kali ini.

 

Rubrik Finansialku

 

Setelah Lebaran, Kantong Harus Diamankan

Perayaan lebaran sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia setelah menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Bagi masyarakat Indonesia, lebaran menjadi suatu tradisi mengistimewakan momen Idul Fitri seperti memberikan angpao, memborong pakaian, menyuguhkan aneka kue, bahkan menyajikan hidangan yang mungkin dapat mengikis keuangan Anda.

 

Bagaimana Cara Mengelola Keuangan Setelah Lebaran 2020?

Perayaan lebaran bagi kebanyakan orang Indonesia menjadi tradisi yang kental, bahkan masyarakat sulit menghilangkan tradisi ini.

Sekalipun dalam lebaran 2020 ini pemerintah mengharuskan adanya social distancing karena adanya virus yang mewabah. Namun, ternyata sebagian masyarakat Indonesia tetap mudik demi merayakan lebaran.

Menanggapi hal tersebut, pemerintah membuat wacana akan mengganti libur nasional untuk perayaan lebaran 2020 ketika kondisi dinyatakan aman akan wabah virus corona.

Jika perayaan lebaran 2020 tetap akan dilakukan oleh masyarakat Indonesia, lalu bagaimana mengatur keuangan setelah lebaran?

 

#1 Kurangi Anggaran Maksimal Keuangan Harian

Setelah lebaran, kondisi keuangan Anda perlu dipulihkan karena pengeluaran yang membengkak ketika merayakan Idul Fitri.

Pemulihan kondisi keuangan dapat dilakukan dengan cara mengurangi anggaran maksimal pada setiap harinya setelah lebaran.

Anda perlu mengurangi maksimal anggaran pada setiap harinya hingga keuangan Anda kembali pulih dan memiliki tabungan darurat.

Memulihkan keuangan wajib dilakukan terutama jika tabungan Anda hanya bisa untuk memenuhi kebutuhan tidak lebih dari 3 bulan.

Rumus Kelola Keuangan Setelah Lebaran 2020, Biar Tetap Sehat! 01 - Finansialku

[Baca Juga: VIDEO : 3 Tips Mudah Mengatur Keuangan Keluarga di Bulan Ramadhan #KETUPAT Eps 1]

 

#2 Buatlah Anggaran Keuangan Mulai dari Paling Prioritas

Setelah lebaran, Anda perlu membuat anggaran secara detail dan jangan sampai ada yang terlewatkan.

Tentukan maksimal anggaran Anda, lalu buatlah tabel anggaran dengan memilah berdasarkan keperluan yang paling prioritas.

Jika total keuangan melebihi maksimal anggaran, Anda dapat atau memangkas keperluan yang bukan prioritas.

 

#3 Bayar Lunas Hutang Konsumtif

Salah satu cara memulihkan kondisi keuangan pasca lebaran dengan melunasi utang konsumtif Anda setiap bulannya. Hal ini dimaksudkan agar tagihan hutang Anda tidak semakin membengkak di kemudian hari.

Sebisa mungkin Anda harus memikirkan untuk melunasi utang Anda dalam waktu dekat, entah itu dengan mengurangi anggaran maksimal harian Anda.  Jika belum lunas, setidaknya kurangi jumlahnya dengan cara mencicil.

Rumus Kelola Keuangan Setelah Lebaran 2020, Biar Tetap Sehat! 02 - Finansialku

[Baca Juga: 12 Cerita Fabel Anak-anak yang Mengajarkan Bagaimana Menjalani Hidup]

 

#4 Menunda Berbelanja yang Tidak Penting

Terkadang, setelah lebaran tidak jarang kaum wanita masih saja tergoda untuk membelanjakan pada hal yang kurang penting karena adanya iming-iming diskon.

Tunda kegiatan berbelanja Anda untuk memulihkan kondisi keuangan terlebih dahulu. Jika Anda tetap saja berbelanja ketika kondisi keuangan belum pulih, maka hal tersebut dapat memperburuk keuangan Anda. 

 

#5 Kumpulkan Uang Koin

Banyak orang yang mengabaikan pentingnya uang receh ini. Jangan disepelekan, mengumpulkan uang receh sisa keuangan ini juga penting.

Apabila hal ini dilakukan secara rutin dalam celengan, maka kemudian hari uang ini akan bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Rumus Kelola Keuangan Setelah Lebaran 2020, Biar Tetap Sehat! 03 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Pebisnis UKM Sukses Indonesia yang Jadi Teladan Anak Muda, Simak Kisahnya]

 

#6 Utamakan Pinjaman Tanpa Bunga

Setelah lebaran banyak orang yang kebingungan memenuhi kebutuhannya, maka janganlah gegabah untuk meminjam uang yang terdapat bunganya.

Apabila hal tersebut dilakukan disaat kondisi keuangan sedang tidak sehat, maka tentu saja semakin memperburuk keadaan karena terdapat beban bunga.

 

#7 Investasi Jual Beli Emas

Hal yang perlu dilakukan jika masih terdapat sisa anggaran pasca lebaran adalah menginvestasikan keuangan Anda seperti pembelian emas karena biasanya harga emas turun setelah lebaran.

Setelah harga emas naik, Anda dapat menjualnya.

 

Pentingnya Kelola Keuangan Setelah Lebaran

Janganlah meremehkan untuk mengelola keuangan, apalagi telah terjadi pengeluaran yang membengkak saat lebaran.

Memikirkan strategi dalam mengelola keuangan sangat penting untuk memulihkan keadaan dan mengantisipasi kemungkinan lebih buruk terjadi setelah lebaran.

 

So, setelah membaca artikel di atas jangan lupa untuk mulai membuat rencana keuangan ya! Pastikan untuk membagi artikel ini juga pada orang terdekat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 09 Juli 2017. 5 Tips Praktis Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Setelah Lebaran yang Harus Anda Praktikkan! Finansialku.com – https://bit.ly/2LVNPTt
  • Shara Nurrahmi. 15 Juni 2019. 5 Jurus Jitu Memulihkan Kondisi Keuangan Setelah Lebaran. Finansialku.com – https://bit.ly/3gknqMO
  • Shara Nurrahmi. 11 Juni 2019. Anti Bokek! 5 Usaha dan Cara Mendapatkan Uang Setelah Lebaran. Finansialku.com – https://bit.ly/2TDSg9s
  • Admin. 28 Juli 2015. Keuanganku Setelah Lebaran. Finansialku.com – https://bit.ly/3d218O2

 

Sumber Gambar:

  • Keuangan 1 – https://bit.ly/2M2DpkF
  • Keuangan 2 – https://bit.ly/2WYDEne
  • Keuangan 3 – https://bit.ly/2ZB2lIi

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top