Rangkuman Sejarah Kebudayaan Islam di Indonesia

Budaya Budaya Islam Entertainment Indonesia Islam Islam dan Kebudayaan Kebudayaan Kebudayaan Islam Sejarah Islam Sejarah Kebudayaan Islam Sejarah Kebudayaan Islam di IndonesiaLeave a Comment on Rangkuman Sejarah Kebudayaan Islam di Indonesia

Rangkuman Sejarah Kebudayaan Islam di Indonesia

Bagaimana sejarah kebudayaan Islam di Indonesia? Ternyata, ada beberapa poin penting yang wajib kamu ketahui lho!

Simak ulasan lengkapnya dalam artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

 

Yuk Pelajari Kebudayaan Islam di Nusantara

Kebudayaan Islam adalah kebudayaan yang sangat menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, agama dan moral, serta sangat erat hubungannya dengan sejarah perkembangan Islam itu sendiri.

Bentuk Islam dan kebudayaannya pertama kali merupakan budaya Arab.

 

Islam merupakan agama mayoritas di Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Oleh karena itu, agama Islam menjadi bahan perbincangan hampir di seluruh dunia.

 

Rangkuman Sejarah Kebudayaan Islam

Sejarah Islam di Indonesia dimulai dari muncul dan berkembangnya beberapa kerajaan Islam, yang dimulai dari pulau Jawa.

Namun, sebelum berlanjut pada rangkuman sejarah yang ada di Indonesia, kita harus memahami dulu pengertiannya.

Adapun pengertian dari sejarah Islam sendiri adalah catatan lengkap mengenai perkembangan dan perjalanan agama yang dibawa oleh nabi Muhammad.

Sementara itu, kebudayaan Islam di Indonesia yang berasal dari kerajaan-kerajaan Islam pertama di Indonesia, membawa dan menyebarkan melalui perdagangan.

Hal ini dikarenakan, Negara Indonesia merupakan Negara ekonomi agraris. Jika dibuat rangkuman, maka sejarah Islam akan menjadi seperti berikut.

 

#1 Sejarah Kerajaan Islam

Sejarah Islam di Indonesia dikenal dengan lahirnya banyak kerajaan Islam seperti Demak, Samudra Pasai ataupun kerajaan Mataram sebagai kerajaan terakhir yang masih eksis hingga kini.

Rangkuman Sejarah Kebudayaan Islam di Indonesia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Wisata Murah: Berapa Dana Liburan ke Raja Ampat ala Backpacker? Lihat Perhitungannya!]

 

#2 Penyebaran Agama Islam Melalui Berdagang

Selain melalui kerajaan Islam, cara satu-satunya menyebarkan Islam di Indonesia adalah dengan berdagang. Mayoritas penduduk yang memang dulunya hingga kini adalah pedagang menjadi sumber penyebaran agama Islam.

Ciri khas Negara kita yang merupakan Negara ekonomi agraris, yaitu bertani dan berdagang, maka menjadikan pedagang sebuah nilai sejarah perkembangan Islam yang masih eksis hingga kini.

 

#3 Sejarah Walisongo

Sejarah Islam juga sangat berhubungan dengan para wali terutama di pulau Jawa yang disebut Walisongo. Karena, disebutkan bahwa Walisongo adalah para penyebar ajaran Islam.

Walisongo selain sebagai penyebar juga sebagai pengajar kebudayaan agama Islam, yang pada akhirnya menjadi suatu nilai sejarah perkembangan Islam.

Rangkuman Sejarah Kebudayaan Islam di Indonesia 03 - Finansialku

[Baca Juga: Perhitungan Dana Liburan ke Jogja Budget Minim (Bonus: Daftar 100+ Tempat Wisata Jogja)]

 

#4 Kesenian Islam

Setelah semakin berkembang budaya Islam sudah memasuki ranah kesenian.

Beberapa unsur yang merupakan sejarah dari perkembangan Islam dari kesenian adalah musik gambus, lagu-lagu nasyid dan lain-lain yang juga mendukung sejarah perkembangan dan budaya Islam.

 

#5 Pendidikan dan Kebudayaan Islam

Unsur pendidikan masih bisa mengikuti kondisi yang terjadi pada sejarah dan budaya Islam.

Pendidikan sangat menyatu dan sejalan dengan kebudayaan, dan pendidikan juga terdapat pada sejarah Islam, dimana para Walisongo merupakan bagian dari pendidikan atau pengajar yang bisa mengubah sejarah Islam serta perkembangannya.

Rangkuman Sejarah Kebudayaan Islam di Indonesia 04 - Finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa, Ikuti Panduan dan Tips Liburan Ke Bali Dengan Budget Minimalis]

 

#6 Sastra

Beberapa kebudayaan Islam ada yang juga berkembang melalui dunia sastra, seperti novel atau beberapa jenis tulisan lainnya. Bahkan, penulis-penulis muda ikut ambil andil dalam sejarah perkembangan Islam di Indonesia.     

Dalam sejarah, sastra menjadi salah satu media dakwah seperti lirik lagu dan puisi yang di dalamnya ada materi spiritual. Tujuannya adalah agar masyarakat bisa lebih menerima dakwah dengan tangan terbuka dan hati yang lapang.

 

Pentingnya Tahu Sejarah Kebudayaan Islam

Adanya sejarah mengenai perkembangan agama Islam membuat masyarakatnya lebih menghargai sejarah, ditambah lagi nilai agamanya memang sangat tinggi dan perlu diketahui oleh semua umat Islam di Indonesia.

Ini semua menjadi bentuk kebudayaan Islam di Indonesia yang semakin lama semakin berkembang, dan mempermudah dalam penyebaran agama Islam di Indonesia.

Dengan begitu, mengikuti perkembangan zaman maka perkembangan agama Islam pun bisa mengikuti atau menyesuaikan zaman.

Karena, beberapa unsur kebudayaan Islam masih ada yang eksis hingga sekarang sesuai dengan teknologi yang ada. Mengikuti sejarah perkembangan Islam yang sudah dilalui, maka diketahui kebudayaan Islam bisa mengikuti dan menyesuaikan keadaan yang terjadi pada saat itu.

 

 

Ternyata, belajar sejarah Islam di Indonesia sangat menarik bukan? Yuk bagikan artikel ini pada sesama penyuka sejarah Indonesia, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Wahyoeni. 14 Februari 2020. Sejarah Kebudayaan Islam. Wisatanabawi.com – https://bit.ly/2YrBFcc

 

Sumber Gambar:

  • Sejarah Islam di Indonesia – https://bit.ly/3d95oe2
  • Kerajaan Islam – https://bit.ly/3aTMMNS
  • Walisongo – https://bit.ly/3aThtm9
  • Pendidikan Islam – https://bit.ly/2VWEvV0

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top