Punya Bisnis Sukses? Miliki Dulu “FLPST” Modal Wirausaha Berikut Ini!

#wirausaha Entrepreneur Mindset Modal Wirausaha Pebisnis Pebisnis SuksesLeave a Comment on Punya Bisnis Sukses? Miliki Dulu “FLPST” Modal Wirausaha Berikut Ini!

Punya Bisnis Sukses? Miliki Dulu “FLPST” Modal Wirausaha Berikut Ini!

Sudahkah Anda memiliki modal wirausaha “FLPST” yang wajib dimiliki seorang pebisnis?

Penasaran nih, apa sih 5 modal yang dimaksud?

Yuk cari tahu jawabannya di sini.

 

Rubrik Finansialku

 

Mau Punya Bisnis Sukses?

Wirausaha adalah tentang kesibukan, pendapatan, dan kesuksesan. Tapi kadang-kadang, wirausahawan baru terjebak dalam apa yang menurut mereka “harus” dilakukan dan meninggalkan banyak hal yang justru penting.

Bahkan, tak jarang wirausaha sudah terlanjur kelelahan sebelum menghasilkan uang.

Padahal, jika Anda melihat lebih dekat ke rutinitas pengusaha sukses yang berbeda, seperti Andy Frisella, Tim Ferris, Gary Vaynerchuk, dan lainnya, Anda akan melihat karakteristik yang sama, yaitu mereka bekerja dengan sistem.

Mereka memahami pentingnya kebiasaan yang dibentuk sejak dini dan bekerja keras untuk menciptakan sistem yang memudahkan tugas yang perlu mereka lakukan setiap hari.

Setelah menjadi sebuah kebiasaan, hal tersebut bukanlah hal yang perlu dipikirkan lagi. Ini akan menjadi sebuah hal yang otomatis Anda lakukan.

Tentunya penting bagi Anda seorang wirausaha yang mencita-citakan usaha sukses untuk punya kebiasaan yang sama dengan para pebisnis sukses yang telah disebutkan tadi. Jadi, mari simak apa sih modal wirausaha yang perlu Anda miliki demi bisnis yang sukses.

 

“FLPST” Modal Wirausaha yang Wajib Anda Miliki

Setelah membaca intro tadi pastinya Anda penasaran kan apa sih modal wirausaha yang dimaksud.

Apakah Anda juga berniat untuk memulai bisnis dan penasaran dengan modal wirausaha yang wajib dimiliki sebagai kunci sukses berbisnis? Melalui artikel berikut, Finansialku akan menjabarkan “FLPST” yang wajib Anda miliki saat berbisnis.

Yuk buktikan efektivitasnya sekarang juga!

 

#1 Fitness (Kebugaran)

Sebagai seorang wirausahawan, Anda perlu memahami bahwa Anda dapat bekerja sebanyak yang Anda inginkan, tetapi jika tubuh Anda rusak karena Anda tidak merawatnya, semuanya akan sia-sia.

Punya Bisnis Sukses Miliki Dulu FLPST Modal Wirausaha Berikut Ini! 02

[Baca Juga: Konsultasi : Bisnis Startup itu Sebenarnya Apa? Apakah Menguntungkan?

 

Anda tidak perlu menghabiskan dua jam per hari di gym atau melakukan diet super ketat. Tetapi Anda perlu meluangkan sedikit waktu untuk berolahraga dan makan sehat.

Dengan menjadikan kebugaran sebagai prioritas utama, Anda akan memiliki lebih banyak energi, vitalitas, dan pikiran yang lebih jernih ketika kembali bekerja. Jadi pada akhirnya, merawat tubuh adalah investasi dalam bisnis Anda sendiri.

 

#2 Learn (Belajar)

Investasi yang tidak akan pernah merugikan bagi seorang pebisnis adalah investasi pada diri sendiri. Pengusaha sukses selalu belajar sesuatu yang baru dengan membaca buku, pergi ke konferensi, mendaftar kursus, atau mendengarkan podcast.

Punya Bisnis Sukses Miliki Dulu FLPST Modal Wirausaha Berikut Ini! 03

[Baca Juga: 15 Bisnis Sampingan untuk Pensiunan yang Boleh Dipertimbangkan]

 

Mereka menginvestasikan waktu untuk mengembangkan diri, dan itu memang harus menjadi sebuah prioritas bagi Anda.

Memang benar bahwa kadang-kadang kita bisa merasa seperti kita tidak punya waktu untuk hal-hal seperti ini, tetapi anggaplah apa yang Anda lakukan ini justru akan menjadi sebuah kelebihan dibandingkan pesaing.

 

#3 Power 5

Terkadang kita terjebak dalam banyak tugas berbeda di siang hari yang tidak membuat kita semakin dekat dengan tujuan akhir kita. Untuk menghindari ini, metode “Power 5” mendorong Anda untuk menulis daftar setiap hari dari lima hal terpenting yang harus Anda selesaikan hari itu.

Punya Bisnis Sukses Miliki Dulu FLPST Modal Wirausaha Berikut Ini! 01

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Mobil Pribadi? 9 Start Up Indonesia Tawarkan Uang untuk Pasang Iklan di Mobil]

 

Perlu diingat 5 hal tersebut haruslah hal-hal yang biasanya tidak akan Anda lakukan jika Anda tidak mengusulkan untuk melakukannya. Misalnya, melakukan sejumlah panggilan.

Metode ini pada dasarnya adalah cara untuk menentukan apa yang benar-benar penting dan apa yang tidak begitu penting. Jika Anda menuliskan informasi ini, Anda menempatkan diri Anda dalam situasi di mana Anda tahu apa yang harus Anda lakukan. Anda juga menentukan prioritas dengan cara ini.

 

#4 Schedule (Jadwal)

Banyak orang memasuki dunia wirausaha mencari kebebasan untuk bekerja kapan pun mereka mau dan keluar dari pekerjaan mereka. Namun, kebenarannya adalah bahwa jika Anda tidak membuat jadwal untuk diri sendiri, kemungkinan besar Anda akan gagal.

Menjadi pebisnis bukan berarti kita terbebas dari jadwal. Sebuah jadwal justru akan menjadi pemandu agar Anda bisa tetap seproduktif yang seharusnya untuk membangun bisnis yang sukses.

Jadwal yang dimaksud tidak harus berupa periode waktu tertentu atau jumlah jam layaknya bekerja, tetapi haruslah berupa sesuatu yang akan menggerakkan Anda selangkah lebih dekat ke tujuan akhir setiap hari.

 

#5 Tempo

Tahukah Anda? Mengetahui tempo bisnis Anda sangatlah penting. Ini bisa menjadi perbedaan antara bisnis yang sukses dan bisnis yang gagal.

Setiap bisnis, dalam setiap tahapannya memiliki tempo yang berbeda, dan Anda perlu mengenalinya untuk bisa menjalaninya dengan baik. Beberapa wirausahawan gagal karena mereka berpikir bahwa wirausaha adalah cara untuk mengubah jam kerja rutin menjadi berleha-leha di tumpukan uang hanya dalam waktu singkat.

Punya Bisnis Sukses Miliki Dulu FLPST Modal Wirausaha Berikut Ini! 05

[Baca Juga: Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan]

 

Ada pula yang gagal karena mereka berpikir bahwa mereka harus melakukan yang terbaik dan melakukan bisnis 20 jam setiap hari sampai mereka lelah sendiri.

Padahal, kewirausahaan adalah permainan yang panjang dan Anda perlu beradaptasi dalam setiap tahapannya. Beberapa tahap akan mengharuskan Anda untuk bekerja ke tingkat kelelahan, tetapi Anda harus memastikan bahwa Anda menyimpan energi untuk tahapan selanjutnya.

Intinya, ada waktu untuk bekerja keras dan ada waktu untuk beristirahat. Kuncinya adalah mengatur tempo agar Anda bisa menjalaninya sampai akhir dan tidak berhenti karena kelelahan di awal.

 

Anda pun Bisa Menjadi Pebisnis Sukses dengan “FLPST”!

Singkatnya, pebisnis sukses yang ada sekarang ini bisa dipastikan memiliki kebiasaan yang sudah terbentuk kuat sehingga mereka bisa berada di titik ini. Kebiasaan tersebut disebut “FLPST” dan Anda sudah mengetahuinya.

Kini Anda bisa mengaplikasikannya dan melihat bagaimana “FLPST” dapat mengubah bisnis Anda ke arah yang lebih baik.

Pebisnis yang sukses pastinya memiliki perencanaan keuangan yang baik. Gunakan aplikasi Finansialku untuk membantu Anda dalam merencanakan keuangan pribadi dan bisnis.

 

Simak juga video dari Finansialku mengenai pentingnya memiliki keuangan pribadi yang sehat.

 

Jika berhasil, jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman Anda yang juga mengalami kesulitan dalam berbisnis.

Dengan demikian, Anda sudah turut membantu teman-teman Anda untuk menjadi pebisnis yang lebih sukses.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 17 Februari 2020. 5 Simple Systems Successful Entrepreneurs Use to Achieve Massive Success. Addicted2success.com – https://bit.ly/34zYw6q

 

Sumber Gambar:

  • Sukses 01 – https://bit.ly/3cnKx6B
  • Sukses 02 – https://bit.ly/2z1E9DC
  • Sukses 03 – https://bit.ly/2RDc2B4
  • Sukses 04 – https://bit.ly/3abMyB6
  • Sukses 05 – https://bit.ly/2XxG9xH

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top