Ponsel BM Resmi Diblokir, Sudah Tahu Cara Cek Imei HP Belum?

#FinansialkuNews Cara Cek IMEI Cek IMEI Gadget imei hp Ponsel BM TeknologiLeave a Comment on Ponsel BM Resmi Diblokir, Sudah Tahu Cara Cek Imei HP Belum?

Ponsel BM Resmi Diblokir, Sudah Tahu Cara Cek Imei HP Belum?

Mulai hari ini ponsel BM resmi diblokir pemerintah! Sudah tahu cara cek IMEI hpmu? Kalau belum, baca langkah-langkahnya di sini!

Ketahui informasi selengkapnya di berita Finansialku satu ini.

 

Rubrik Finansialku

 

Cara Cek Nomor IMEI HP

Sabtu (18/04), Pemerintah melalui Kementerian Kominfo, Kemenperin, dan Kemendag resmi teken kebijakan baru untuk blokir ponsel BM (Black Market).

Pemblokiran ini dilakukan melalui sistem pemindaian nomor IMEI ponsel yang terdapat di Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No 11 Tahun 2019.

Pemblokiran ponsel BM ini, berlaku untuk ponsel baru yang diaktifkan dan dibeli per hari ini, Sabtu (18/04), sebagaimana dilansir laman inet.detik.com, Jumat (17/04).

Peraturan Menteri Blokir Ponsel BM Melalui IMEI Telah Diresmikan 01

[Baca Juga: Jangan Panik! Inilah Cara Melacak HP Dengan IMEI]

 

Pemilik ponsel BM yang sudah aktif sebelum hari ini, masih tetap bisa digunakan atau tidak termasuk ke dalam ponsel yang akan diblokir.

Melansir laman kompas.com, kebijakan pemblokiran ini dilakukan untuk mengamankan potensi pemasukan pajak yang bisa menambah kas negara.

Karena dari data Asosiasi Ponsel Seluruh Indonesia, hingga akhir 2019 kemarin, pemerintah diperkirakan kehilangan potensi pajak sebesar Rp 2,8 triliun.

Lalu, bagaimana caranya cek nomor IMEI dan mengetahui apakah ponsel kita terdaftar di situs resmi kemenperin? Berikut langkah-langkahnya:

  • Pengecekan nomor IMEI untuk ponsel keluaran merek apple, bisa langsung dilihat di rangkaian nomor yang tertera di punggung masing-masing unit ponsel.
  • Sementara untuk ponsel android, pengecekan nomor IMEI bisa dilihat di menu Setting, lalu pilih menu About atau About Phone.
  • Cara lainnya untuk mengecek nomor IMEI, bisa dilakukan dengan menekan kombinasi angka *#06# di menu keypad.
  • Setelah mendapatkan 15 digit nomor IMEI yang tertera di layar ponsel, Anda dapat melakukan pengecekan apakah nomor IMEI tersebut terdaftar di database Kemenperin dengan mengunjungi situs kemenperin.go.id.
  • Setelah laman berhasil diakses, Anda tinggal memasukkan 15 digit nomor IMEI ke kolom yang tersedia, lalu klik ikon yang ada di bawah kolom.
  • Apabila nomor IMEI Anda terdaftar di database, maka hasil pencarian akan bertuliskan “IMEI terdaftar di database Kemenperin
  • Adapun untuk nomor IMEI yang tidak terdaftar di database, maka hasil pencarian akan bertuliskan “IMEI tidak terdaftar di database Kemeperin

 

Lalu, apa yang terjadi apabila nomor IMEI tidak terdaftar di database Kemenperin?

Artinya, ponsel Anda termasuk ke dalam ponsel BM yang diblokir dan tidak dapat mengakses internet serta komunikasi melalui operator seluler yang terpasang di ponsel tersebut. Meski begitu, internet masih bisa diakses melalui sambungan wifi.

 

Hati-Hati Beli Ponsel Online dan Offline!

Untuk Anda yang berniat untuk membeli ponsel secara daring atau langsung, pastikan untuk melakukan pengecekan IMEI yang tertera di belakang dus terlebih dahulu, melalui situs imei.kemenperin.go.id.

Selain itu, hati-hati dalam menggelontorkan penghasilan Anda untuk membeli ponsel baru.

Usahakan untuk melakukan perencanaan terlebih dahulu sebelum Anda membeli ponsel impian.

Perencanaan keuangan penting dilakukan untuk memastikan kalau alur finansial Anda tetap terjaga meski harus membeli ponsel baru.

Jangan sampai memaksakan diri untuk membeli ponsel baru dengan mencomot dana tabungan bahkan dana darurat, lho!

Lakukan perencanaan keuangan Anda dengan praktis, efektif, dan efisien dengan memanfaatkan fitur yang ada di aplikasi Finansialku.

Bukan cuma fitur perencanaan keuangan, aplikasi Finansialku juga memiliki fitur lainnya yang berguna untuk masa depan keuangan Anda.

Mulai dari pencatatan pemasukan dan pengeluaran harian, aplikasi Finansialku juga punya fitur Financial Health Check Upyang membantu Anda untuk mengetahui kondisi kesehatan keuangan Anda.

Kesehatan keuangan, bukan berarti Anda tidak punya utang, atau semata punya pemasukan rutin.

Tapi juga ada rasio-rasio lain yang harus dipertimbangkan, seperti rasio tabungan, rasio investasi, dan rasio lainnya yang secara lengkap tertera dalam laporan dari Finansialku.

Sebelum terlambat, segera unduh aplikasinya melalui Google Play Store dan Apple Apps Store, dan manfaatkan fiturnya untuk masa depan keuangan Anda!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan terkait pengecekan IMEI di ponsel Anda? Jangan ragu untuk sampaikan melalui kolom komentar di bawah ini, ya!

Jangan sampai ponsel rekan dan keluarga Anda harus diblokir hanya karena belum tahu informasi ini. Segera bagikan informasinya melalui pilihan platform yang tersedia, dan selamatkan ponsel mereka!

 

Sumber Referensi:

  • Rizal Setyo Nugroho. 18 April 2020. Hari Ini Ponsel BM Resmi Diblokir, Berikut Cara Mengecek Nomor IMEI. Kompas.com – https://bit.ly/2VgkZTa
  • Fitraya Ramadhanny. 17 April 2020. Blokir Ponsel BM Berlaku Besok, Ini Cara Cek IMEI HP. Inet.detik.com – https://bit.ly/2yn0tqT
  • Putri Zakia Salsabila. 17 April 2020. Cara Cek Ponsel BM atau Resmi, jika IMEI Tidak Terdaftar Jangan Khawatir. Tekno.kompas.com – https://bit.ly/3adKIzO
  • Admin. 17 April 2020. Cara Cek IMEI di Kemenperin, Pastikan HP Anda Tidak Diblokir karena Black Market. Makassar.tribunnews.com – https://bit.ly/2Kh17Jo
  • Cahyandaru Kuncorojati. 16 April 2020. Regulasi IMEI Aktif 18 April, Begini Cara Cek IMEI di Ponsel. Medcom.id – https://bit.ly/2ytKnM3

 

Sumber Gambar:

  • Black Market Phone – https://bit.ly/2VlVOyJ

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top