Peran Ventilator dan Cara Kerjanya Memerangi COVID-19

#FinansialkuNews alat kesehatan Corona covid-19 Kesehatan Lifestyle VentilatorLeave a Comment on Peran Ventilator dan Cara Kerjanya Memerangi COVID-19

Peran Ventilator dan Cara Kerjanya Memerangi COVID-19

Ventilator menjadi alat yang sangat penting bagi pasien Covid-19. Kabarnya perusahaan pelat merah Indonesia sudah produksi alat ini sendiri.

Informasi selengkapnya dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

 

Alat Vital Dalam Menangani Pasien Kritis

Dunia medis tak bisa terlepas dengan alat-alat yang mendukungnya untuk menangani pasien. Sebagaimana prajurit yang tak bisa lepas dari senjata saat terjadi peperangan.

Saat pandemi virus corona ini menyebar kita tentu sering mendengar beberapa alat yang disebut penting dalam penanganan pasien COVID-19 seperti, rapid test, test PCR, masker N95, dan ventilator.

Membaca dari berbagai berita, beberapa rumah sakit di Indonesia sedang mengalami kekurangan alat ventilator seiring dengan terus meningkatnya angka positif.

Padahal, jika pasien dalam kondisi kritis alat ventilator ini sangat vital dalam membantu memulihkan pernafasan.

Kabar baiknya sejumlah ahli dan perusahaan pelat merah di Indonesia sedang sibuk merancang ventilator sendiri.

Melansir dari republika, Wakil Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Wamenhan RI), Sakti Wahyu Trenggono mengatakan saat ini sudah ada dua BUMN yang mampu membuat ventilator dan telah lulus uji produk dari Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) Kementerian Kesehatan RI.

“Pindad dan Dirgantara sudah mampu produksi ventilator. Kementerian Pertahanan akan pastikan membeli produk buatan BUMN ini agar kita tak telat bergerak dan menjadi pemenang dalam melawan Covid-19,” Katanya.

Untuk diketahui, Sobat Finansialku, Dirgantara Indonesia memproduksi Ventilator portabel yang diberi nama Vent-I (Ventilator Indonesia) hasil kerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Peran Ventilator dan Cara Kerjanya Memerangi COVID-19 02

[Baca Juga: Awas! Ada Gejala Baru Virus Corona yang Harus Diwaspadai]

 

Selain itu juga, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meminta bantuan pihak Amerika Serikat untuk penyediaan ventilator.

Melalui cuitan di laman Twitter resminya, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengatakan telah melakukan pembicaraan dengan presiden Jokowi dan telah siap menjalin kerja sama yang hebat antara kedua negara.

“Baru saja berbicara dengan seorang teman, Presiden RI Joko Widodo. Ia meminta ventilator yang tentu saja akan kami berikan. Kerja sama hebat antara kami,” kata Donald Trump di akun Twitter-nya, pada Jumat malam, 24 April 2020.

 

Cara Kerja Ventilator

Cara kerja alat ini bisa dibilang cukup sederhana, yaitu mendorong udara masuk ke dalam paru-paru. Kasus Covid-19 menyebabkan adanya cairan terbentuk di paru-paru sehingga mengurangi luas permukaan yang dapat menyerap oksigen.

Saat pasien sakit kritis dan kesulitan untuk bernapas, maka ventilator mempunyai peran penting untuk membantu pasien bernapas.

Melansir dari tagar.id, Minggu (26/04) pada ventilator versi lama atau awal hanya mendorong udara ke paru-paru dengan ritme yang konstan.

Sementara versi modern, memiliki dua mode dasar, yaitu tipe yang menghadirkan preset volume oksigen dan tipe yang memberikan peset tingkat tekanan.

Ventilator juga mengontrol tekanan akhir ekspirasi positif (positive end-expiratory pressure/PEEP), tekanan udara residu yang mencegah paru-paru agar tidak kolaps, ukuran metrik yang bervariasi pada kondisi pesien.

Selain itu, alat ini juga dapat diatur untuk mendeteksi ketika seorang pasien ingin bernapas, daripada sepenuhnya mengendalikan pernapasan pasien.

Ventilator ini dipasang melalui mulut, hidung, atau lewat lubang yang dibuat di bagian depan leher pasien.

Namun ventilator ini juga memeliki efek samping yang cukup membahayakan seseorang.

Dokter Shondipon Laha dari Intensive Care Society mengatakan mengatakan bahwa sebagian besar pasien dengan virus corona tidak perlu ventilator mekanik dan bisa dirawat di rumah atau dengan oksigen tambahan.

Walau ventilator merupakan alat atau satu-satunya cara untuk memasukkan oksigen ke pasien.

Menurutnya, ada risiko dalam penggunaan ventilator mekanik dan pemasangannya sendiri tidak mudah.

“Ventilator adalah alat yang kompleks – benda ini bisa membuat pasien trauma bila tidak dipasang dengan benar,” katanya mengutip dari CNBC Indonesia.

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel diatas? Kamu bisa berbagi pandanganmu tentang artikel di atas lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Ronggo Astungkoro. 26 April 2020. Pindad dan PTDI Buat Ventilator untuk Penanganan Covid-19 Republika.co.id – https://bit.ly/2Y5DPOI
  • Admin. 25 April 2020. Cara Kerja VentilatorCorona untuk Pasien Covid-19 Tagar.id – https://bit.ly/2S9fS57
  • Oktaviani Wahyu Widayanti. 25 April 2020. Apa ItuVentilator dan Bagaimana Cara Kerjanya? Tribun News – https://bit.ly/2ztQMHH
  • Arif Budiansyah. 08 April 2020. Apa ItuVentilator, Alkes Corona yang Paling Dicari di Dunia CNBCIndonesia – https://bit.ly/2zwp1ym

 

Sumber Gambar:

  • Alat Pernapasan 01 – https://bit.ly/3bFcvdV
  • Alat Pernapasan 02 – https://bit.ly/2VXdhMJ

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top