Meski Haji 2020 Dibatasi, Tetap Siapkan Dananya Dari Sekarang

Dana Haji Dana Ibadah dana umrah dana umroh FW072020 FW2020 Haji haji 2020 merencanakan dana haji Tujuan KeuanganLeave a Comment on Meski Haji 2020 Dibatasi, Tetap Siapkan Dananya Dari Sekarang

Meski Haji 2020 Dibatasi, Tetap Siapkan Dananya Dari Sekarang

Jangan kecewa dengan kabar Haji 2020 yang dibatasi! Kamu bisa gunakan kesempatan ini untuk merencanakan dana haji lebih matang lagi!

Yuk simak artikel Finansialku berikut, saya akan memberitahu kamu cara merencanakan keuangan ibadah haji mulai dari sekarang!

 

Rubrik Finansialku

 

Ibadah Haji 2020 Terbatas, Rencanakan Dana Haji Lebih Matang

Sobat Finansialku, siapa sih yang gak pengen pergi haji? Termasuk saya juga pengen sekali rasanya bisa pergi haji bareng orang tua dan keluarga.

Tapi, karena Covid-19 melanda, pemerintah Arab Saudi membatasi Jemaah yang akan melaksanakan ibadah haji tahun 2020.

Salah satu alasannya tentu saja untuk kebaikan kita semua. Tapi, sebenarnya sambil menunggu Covid-19 ini mereda, kita bisa mulai merencanakan keuangan untuk ibadah haji mulai dari sekarang lho.

Sehingga ketika nanti situasi berangsur membaik kita tidak perlu memikirkan lagi dana nya.

Memang biaya untuk pergi haji itu tidak murah, maka dari itu kita harus mempersiapkannya sedini mungkin. Agar ibadah haji dapat terwujud di kemudian hari.

Sebetulnya, terdapat cara mudah untuk menyiasati pembayaran biaya haji yang memerlukan dana besar tersebut. Kita bisa menggunakan yang namanya Tabungan Haji.

Tabungan haji membantu kita untuk dapat mempersiapkan dana haji walaupun dengan penghasilan yang terbatas.

Selanjutnya, kita juga perlu berhati-hati untuk memilih lembaga untuk menempatkan dana haji yang aman, karena beberapa waktu lalu marak terjadi penipuan travel haji.

Banyak masyarakat yang tertipu gagal berangkat dan kehilangan dana yang sudah bertahun-tahun mereka tabung. Di mana kalian bisa menempatkan dana haji dengan aman?

Panduan dan Pedoman Menyiapkan Dana Ibadah Haji 02 Finansialku

[Baca Juga: Biar Afdal, Simak 5 Investasi Paling Cocok Untuk Ibadah Haji]

 

Kalian sebaiknya memilih Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH), lalu manfaatkanlah fasilitas tabungan haji di lembaga tersebut.

Konsep tabungan haji sama dengan tabungan rencana lainnya, tabungan haji ditujukan bagi kalian yang mempersiapkan dana untuk membiayai perjalanan ke tanah suci dengan cara menyetorkan sejumlah uang hingga nilainya mencukupi Ongkos Naik Haji (ONH).

Sobat Finansialku juga bisa merencanakan perjalanan haji dengan menggunakan Aplikasi Finansialku. Supaya dana yang ditabungkannya lebih jelas nominalnya. Berikut cara merencanakannya.

Pertama, kalian cukup membuka akun di Aplikasi Finansialku. Aplikasi ini free trial 30 hari untuk pengguna baru. Jika masa trial sudah habis, kalian bisa upgrade aplikasinya ke premium.

Download aplikasinya di sini.

Hanya membayar 35 ribu saja untuk sebulan atau 350 ribu untuk setahun, kalian sudah bisa menikmati fitur lengkap dalam Aplikasi Finansialku. Oh ya, kalian juga bisa mendapatkan potongan harga.

Cukup dengan menggunakan kode voucher NABUNG10, kalian akan mendapatkan potongan harga 10%. Kode ini berlaku untuk upgrade tahunan ya!

Kedua, kalian bisa masuk ke menu Rencana Keuangan.

Gak cuma bisa merencanakan Dana Ibadah Haji, tapi kalian juga bisa merencanakan keuangan lainnya seperti dana pendidikan, dana membeli kendaraan, dana membeli barang, dana membeli rumah, dana liburan, dan masih banyak yang lainnya.

Ketiga, masukkan nama kalian, harga perjalanan paket haji yang tentu sebelumnya sudah di riset dulu ya.

Nah, setelah itu kalian bisa hitung dan tau berapa kekurangan dana yang kalian miliki dan juga berapa dana yang harus kalian investasikan setiap bulannya untuk mencapai target dana perjalanan haji tersebut.

Yuk coba pakai aplikasinya sekarang!

 

Investasi yang Cocok Untuk Merencanakan Dana Ibadah Haji

Selain menggunakan tabungan haji, Sobat Finansialku juga dapat menggunakan investasi berikut untuk mengumpulkan dana ibadah haji. Berikut pilihannya;

 

#1 Menabung Reksa Dana Syariah

Sobat Finansialku sudah tidak asing kan dengan yang namanya reksa dana? Nah, kita bisa menggunakan reksa dana syariah sebagai instrumen investasi untuk mengumpulkan dana ibadah haji. Setoran awal reksa dana syariah mulai dari Rp 100 ribu.

Sobat Finansialku bisa memilih reksa dana syariah yang tepat dan sesuai dengan jangka waktu pengumpulannya ya. Apakah 1 tahun, 3 tahun, atau 5 tahun.

Tentunya jenis reksa dana yang dipilih akan berbeda-beda sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan. Kalian bisa cari tahu cara berinvestasi reksa dana melalui panduan e-book berikut.

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

 

#2 Menabung Emas

Pilihan lain yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia adalah dengan menabung emas. Cara ini dianggap tepat menimbang kenaikan harga emas yang dapat mengimbangi kenaikan tingkat inflasi.

Jadi meski ibadah Haji 2020 dibatasi sehingga jadwal keberangkatanmu diundur, tabunganmu tetap aman.

Jika jumlah emas yang kalian miliki sudah banyak, jangan lupa untuk menyimpan emas tersebut di tempat yang aman dengan menyewa safe deposit box yang biasanya juga disediakan di lembaga penjual emas tersebut supaya aman ya!

 

#3 Berinvestasi di Obligasi Negara Syariah atau Sukuk Ritel

Obligasi Syariah/Sukuk Ritel juga bisa dimanfaatkan menjadi media menabung dana haji.

Selain memberikan return yang lebih tinggi dibandingkan deposito, obligasi syariah juga tergolong aman karena merupakan surat utang yang diterbitkan negara.

Namun investasi ini memerlukan waktu yang cukup lama dan tidak dapat dicairkan sebelum jatuh tempo.

Jadi tetap harus diperhatikan juga jangka waktunya dan disesuaikan dengan rencana keberangkatan haji kalian ya!

 

Meski Haji 2020 Dibatasi, Dana Haji Tetap Berjalan

Percuma saja jika kamu merencanakan tapi kamu tidak melakukannya dengan sebaik mungkin. Agar rencana pergi ibadah haji ini terwujud, tentunya kita harus disiplin dan konsisten untuk mengumpulkan uang dan menabung.

Siapa tahu dana yang kita targetkan bisa cepat terkumpul sesuai target. Pastinya, jangan sampai malah berantakan dan membuat gagal pergi ibadah haji ya.

 

Oke, semoga pembahasan dalam artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa tinggalkan komentar jika kamu memiliki tips lainnya dalam merencanakan ibadah haji!

Bagikan juga artikelnya jika bermanfaat buat kamu!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Ayo Menabung Sejak Dini Agar Ibadah Haji Bukan Hanya Mimpi! Sikapiuangmu.com – https://bit.ly/3gY5Gq6

 

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top