Merencanakan Keuangan Freelancer Agar Punya Keamanan Keuangan

#FinansialkuPlanner Freelancer Keamanan Keuangan Keamanan Keuangan Freelancer Keuangan Mengatur Keuangan Mengatur Keuangan FreelancerLeave a Comment on Merencanakan Keuangan Freelancer Agar Punya Keamanan Keuangan

Merencanakan Keuangan Freelancer Agar Punya Keamanan Keuangan

Freelancer, meskipun kalian punya pemasukan tidak tetap, kamu bisa punya keamanan keuangan dengan perencanaan keuangan yang tepat berikut!

 

Rubrik Finansialku

 

Pengaturan Keuangan Yang Tepat Sebagai Freelancer

Sebagai freelancer, kamu harus tahu cara yang tepat pengelolaan keuangan, karena jika tidak, pasti akan sulit mewujudkan semua tujuan keuangan yang ingin kamu capai.

Apa saja sih yang dimaksud dengan tujuan keuangan? Kamu pasti memiliki beberapa impian dalam hidup ini.

Apakah kamu ingin memiliki rumah sebelum umur 30 tahun?

Apakah kamu ingin bisa pensiun tanpa harus merepotkan anak kamu nantinya?

 

Inilah yang dinamakan dengan tujuan keuangan, ketika kamu memiliki sesuatu yang ingin dicapai dalam jangka waktu tertentu dan juga dalam jumlah tertentu. Tetapi, untuk freelancer memiliki tujuan keuangan ini seperti sebuah mimpi.

Bagaimana tidak? Untuk pengaturan keuangan sehari-hari saja, freelancer harus berhati-hati, memangnya boleh memiliki tujuan keuangan?

Tentu saja boleh dan kamu pun bisa lho mencapai semua tujuan keuangan kamu.

Sebelum saya memberi tahu cara pengelolaan keuangan yang tepat dan bisa mencapai tujuan keuangan, kamu harus tahu tentang perencanaan keuangan itu apa.

Perencanaan keuangan adalah sebuah manajemen keuangan yang membawa kamu dari kondisi keuangan kamu saat ini ke tujuan keuangan kamu dengan sebuah kendaraan yang dinamakan investasi.

Jangan Galau Lagi! Tips Keuangan Freelance Milenial Khusus Buat Kamu! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Mungkin Seorang Freelancer Bisa Sukses Dalam Keuangan?]

 

Jadi, bisa kamu bayangkan dengan kondisi atau posisi keuangan kamu saat ini, kamu akan dibantu dengan perencanaan keuangan untuk mencapai tujuan keuangan kamu.

Kondisi keuangan kamu ini bisa bermacam-macam, bisa saja saat ini pendapatan kamu masih di UMR. Bisa saja, saat ini kamu masih ada utang atau cicilan per bulan.

Menarik bukan, bagaimana perencana keuangan yang baik bisa mengubah keadaan kamu tanpa menambah masalah baru tentunya. Sebelum membaca artikel ini lebih lanjut, kamu bisa loh men-download aplikasi Finansialku.

Di aplikasi Finansialku, kamu bisa melakukan pencatatan keuangan, perencanaan keuangan dan bahkan bisa berkonsultasi dengan perencana keuangan dari Finansialku. Tunggu apalagi? Yuk download aplikasinya!

 

Perencanaan Keuangan Untuk Mencapai Keamanan Keuangan

Memang bisa ya perencanaan keuangan bisa mengantar para freelancer untuk mencapai keamanan keuangan? Tentu saja bisa, saya sering membagikan ini baik saat acara dan juga menerapkannya ke klien saya.

Dalam perencanaan keuangan, kita membahas piramida keuangan. Di mana, di piramida keuangan tersebut dibagi menjadi tiga bagian.

Bagian paling pertama dan menjadi dasar dari perencanaan keuangan adalah keamanan keuangan. Di mana, keamanan keuangan ini kita berbicara soal gimana sih caranya memiliki cash flow yang baik?

Gimana sih caranya kita bisa memiliki dana darurat yang akan dipakai jika terjadi pengurangan pendapatan atau ada pengeluaran yang tidak terduga?

Gimana sih caranya supaya saat kita sakit, kita masih bisa sehat tanpa harus mikirin soal biayanya?

Oke, jadi kamu bisa menangkap bahwa, dalam keamanan keuangan ini, kita akan melakukan:

 

#1 Cara Memiliki Cash Flow Yang Baik

Sebelum kita memulai bagaimana sih berinvestasi dan membuat uang kita bekerja, ini adalah langkah awal yang sering sekali terlewati ketika kita akan memiliki pengaturan keuangan yang baik.

Cash flow atau arus kas keuangan yang baik bermula dari memiliki anggaran keuangan setiap kali kamu mendapatkan pendapatan. Selain itu, kamu juga harus membiasakan diri untuk membuat catatan keuangan harian.

Kalau anggaran keuangan ini digunakan sebagai rencana pengeluaran kamu dari pendapatan yang kamu dapatkan.

Kalau catatan keuangan harian ini fungsinya untuk mengetahui apakah benar yang kamu buat di anggaran keuangan dengan realita di lapangannya?

Tanpa kedua hal ini dilakukan, sebenarnya akan sulit ke depannya untuk kamu.

15 Tips Menabung untuk Freelance 01 Finansialku

[Baca Juga: Freelancer Sukses: Mengatur Arus Kas (Budgeting) yang Tepat]

 

Karena ini adalah data awal dari keuangan kamu, kamu jadi tahu berapa sih pengeluaran bulanan kamu dan kamu juga jadi bisa merencanakan keuangan kamu ke depannya.

Kamu bisa membuat anggaran keuangan kamu di aplikasi Finansialku. Kamu cukup klik menu anggaran keuangan dan kamu klik tanda tambah di kanan atas dan kamu bisa memiliki anggaran keuangan dalam genggaman kamu.

Form Anggaran di Aplikasi Finansialku

Anggaran di Aplikasi Finansialku

Selain itu, kamu juga bisa membuat catatan keuangan harian di aplikasi yang bisa tersingkronkan dengan anggaran keuangan bulanan kamu. Jadi, setiap ada pengeluaran yang terjadi akan langsung tercatat juga.

Catatan Keuangan - Uang Masuk

Catatan Keuangan – Uang Masuk

Catatan Keuangan - Uang Keluar

Catatan Keuangan – Uang Keluar

 

Mudah sekali kan memiliki anggaran keuangan dan catatan keuangan harian sebagai Langkah awal untuk memiliki keamanan keuangan yang baik.

 

#2 Cara Memiliki Dana Darurat

Selain cash flow yang baik, kamu juga harus memiliki dana darurat. Apa sih sebenarnya dana darurat ini?

Dana darurat adalah dana yang harus selalu ada di keuangan kamu dan akan keluar ketika ada kejadian yang tidak bisa kamu rencanakan dan tidak bisa kamu hindari.

Seperti apa sih keadaannya? Misalnya, kamu sebagai freelancer memiliki risiko pendapatan yang tidak pasti. Bisa saja pendapatan di bulan itu mencukupi, bisa juga tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari kamu.

Para Freelance, WAJIB PAHAM Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Tahun Ini 03 Keuangan Freelancer 3 - Finansialku

[Baca Juga: Seberapa Perlu Dana Darurat Bagi Freelancer? Cari Tahu Di Sini]

 

Ketika tidak mencukupi, kamu bisa ambil dari dana darurat tanpa kamu harus menggunakan kartu kredit atau berutang.

Kondisi lainnya adalah Ketika kamu kehilangan pendapatan misalnya, kamu bisa menggunakan dana darurat untuk biaya hidup sehari-hari.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa dana darurat adalah dana yang harus selalu ada kapanpun. Karena, siapa sih yang tahu kapan kita akan mengalami keadaan yang darurat?

 

#3 Cara Memiliki Proteksi Sebagai Manajemen Risiko

Sebagai freelancer, apakah kamu pernah memikirkan bagaimana jika kamu sakit, mengalami kecelakaan atau meninggal muda? Apakah kamu sudah bersiap-siap menghadapi keadaan tersebut?

Ketika kamu sakit, apakah kamu sudah siap akan membayar berapa ke rumah sakit? Belum lagi kalau kamu ternyata sampai harus rawat inap, apakah dana kamu sudah siap?

Kalau belum, maka di sinilah asuransi berperan, asuransi ini bisa membantu kamu untuk meminimalkan risiko terhadap arus kas keuangan kamu.

Dibanding kamu saat sakit, malah mikir bagaimana cara bayarnya daripada cara supaya bisa cepat sembuhnya.

Freelancer Sewa Rumah atau Beli Rumah 02 - Finansialku

[Baca Juga: Penting Asuransi Jiwa Atau Asuransi Kesehatan Untuk Freelancer?]

 

Maka, asuransi bisa membantu kamu. Lalu, jika kamu meninggal muda dan kamu masih punya tanggungan, seperti istri dan anak yang masih dalam usia sekolah. Apa yang akan kamu lakukan?

Apakah kamu sudah memastikan bahwa anak kamu masih bisa sekolah meskipun kamu sudah tidak ada di sampingnya? Inilah fungsi dari asuransi, bisa membuat keadaan yang tidak pasti menjadi pasti.

 

Ebook Perencanaan Keuangan ENTREPRENEUR & FREELANCE

Download Sekarang, GRATISSS!!!

3 Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur dan Freelancer

 

Mencapai Keamanan Keuangan Dengan Perencanaan Keuangan

Jika kamu selama membaca artikel di atas baru sadar akan pentingnya keamanan keuangan, tenang, kamu masih bisa mencapai keamanan keuangan dari mulai sekarang.

Tidak ada kata terlambat dalam merencanakan keuangan kamu dan mencapai keamanan keuangan. Kamu, sebagai freelancer, bisa mengubah ketidakpastian menjadi sebuah kepastian dengan perencanaan keuangan yang tepat.

Kalau kamu masih bingung bagaimana caranya mengatur keuangan kamu sebagai seorang freelancer, kamu bisa menanyakan langsung ke perencana keuangan lho.

Caranya:

  1. Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store ataupun Apple Apps Store
  2. Gunakan menu Konsultasi Keuangan
Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin kamu telah mengetahui bagaimana cara mencapai keamanan keuangan dengan perencanaan keuangan untuk freelancer.

Bagikan informasi ini kepada temen atau saudara kamu yang belum mengetahui tentang bagaimana cara mencapai keamanan keuangan dengan perencanaan keuangan untuk freelancer. Semoga bermanfaat!

 

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top