Melirik Usaha Franchise Kopi Kulo dan Sederet Usaha Grupnya

#LearnFranchise Bisnis coffee Franchise Kedai Kopi Kulo Kopi Kopi Kulo Usaha usaha franchise WaralabaLeave a Comment on Melirik Usaha Franchise Kopi Kulo dan Sederet Usaha Grupnya

Melirik Usaha Franchise Kopi Kulo dan Sederet Usaha Grupnya

Siapa yang tidak kenal franchise Kopi Kulo? Sejak 2017 lalu, Kedai Kopi Kulo ini naik daun. Pasalnya, menu-menu kopi yang ditawarkan cukup unik. Pantas saja, hanya dalam waktu lima bulan sejak kemunculannya, Kedai Kopi Kulo jadi menu yang paling banyak dipesan di Go-Food.

Seperti apa sih bisnis Franchise Kedai Kopi Kulo? Yuk, intip ulasannya dalam artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

 

Mengenal Kopi Kulo

Menurut pendiri Kopi Kulo, Elsheca Herrera, Kulo diambil dari Bahasa jawa yang berarti ‘saya’. Jadi, Kedai Kopi Kulo berarti ‘kedai kopi saya’. Dari namanya saja, sentuhan personal bisa kita dapatkan.

Cita rasanya yang khas dan pilihan menu yang sesuai dengan selera anak-anak muda membuat Kopi Kulo jadi suatu kenikmatan yang personal bagi para pencintanya.

Awalnya, ide membuka kedai kopi tersebut datang dari Elsheca Herrera bersama keempat temannya. Mereka membuat konsep unik, yakni coffee to go.

Artinya, kopi ini bisa didapatkan pembeli dengan mudah sebagai teman jalan.  Karena hal itulah, Kedai Kopi Kulo dibuat tidak terlalu luas dan sederhana.

Melirik Usaha Franchise Kopi Kulo dan Sederet Usaha Grupnya 00 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Bisnis Waralaba? Ketahui Dulu Franchise Pasif Dalam Sistem Bisnis Franchise]

 

Kopi Kulo hadir dengan konsep yang unik. Terutama dalam hal menu. Adapun menu Kulo Coffee yang tersedia ada Avocatto Coffee, Coffee Susu, Coffee hitam, Coffee keju, Ice Cokelat, dll.

Mungkin, ada beberapa menu yang juga ada di kedai kopi lain. Namun, Kopi Kulo menyuguhkan cita rasa yang berbeda dari perpaduan kopinya. Misalnya saja Avocatto.

Minuman yang satu ini memadukan jus alpukat, espresso, dan es krim vanila atau cokelat. Perpaduan yang unik ini memberikan rasa creamy dan sensasi segar yang tiada duanya.

Selain itu, harga per menunya paling murah Rp 12 ribu dan paling mahal Rp 27 ribu. Cukup terjangkau, bukan? Dengan harga segitu, tentunya kualitas tetap dijaga.

Kulo hingga kini sudah membuka 180 cabang mitra. Untuk nilai investasi Kulo Coffee dibandrol dengan harga Rp 125 juta dengan konsep booth. Hmm, cukup menjanjikan juga, ya.

 

Bisnis F&B Kulo Grup

Sukses dengan Kedai Kopi Kulo, Kulo Grup semakin garang dalam dunia franchise. Ternyata selain Kedai Kopi Kulo, Kulo Group merintis brand F&B lainnya. Diantaranya, Pochajjang untuk Korean BBQ dan Kitamura Shabu- shabu.

Fokus pada bidang kuliner, Kulo Group menyebarluaskan cabang-cabangnya di berbagai kota. Hal ini tak lepas dari banyaknya permintaan akan franchise bisnis tersebut. Ini berarti, brand Kulo Grup patut dipertimbangkan dalam dunia franchise.

Melirik Usaha Franchise Kopi Kulo dan Sederet Usaha Grupnya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pahami Dulu Cara Menentukan Franchise Fee dan Royalty Fee]

 

Untuk Pochajjang, hingga kini sudah terjual 80 outlet. Di Jabodetabek sudah buka sekitar 12 outlet. Menu Pochajjang tersedia daging premium Rp 99 ribu all you can eat dan Rp 125 ribu Wagyu all you can eat.

Nilai investasi untuk Pochajjang mencapai Rp 300 juta. Jumlah tersebut sudah termasuk ruko dengan BEP 10-12 bulan. Begitu juga dengan Kitamura Shabu- shabu yang sama persis dengan Pochajjang.

Walaupun begitu, Kulo Grup harus menghadapi tantangan dalam bisnis franchise-nya, yaitu:

 

#1 Menjaga Kualitas

Biasanya, kualitas berkaitan dengan peran konsumen. Jika ada hal yang tidak sesuai, konsumen akan menyuarakan kritiknya.

Kulo Grup terbuka akan hal tersebut. Apalagi, zaman sekarang konsumen lebih mudah menyampaikan kritik lewat sosial media.

Oleh karena itu, tantangan terbesar franchise Kulo Grup adalah menjaga kualitas supaya tetap sama.

 

#2 Sistem Kerja Sesuai Prosedur

Sistem kerja Kulo Grup harus sesuai dengan prosedur. Banyaknya outlet di berbagai kota tidak lantas membuat berbeda.

Oleh karena itu, Kulo Grup selalu mengecek apakah franchise-nya sudah menerapkan sistem kerja sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan sejak awal. Dengan cara itu, Kulo Grup bisa menjaga konsistensinya.

 

#3 Menjaga Kosep Unik

Kedai Kopi Kulo memiliki konsep yang kuat sehingga bisa membedakan kedai kopi yang satu ini dari yang lainnya. Menjaga konsep tetap unik memang menjadi tantangan bagi bisnis franchise ini.

Pasti akan banyak yang meniru. Itu sudah menjadi risiko bisnis dengan konsep unik. Namun, Kopi Kulo berhasil terus bereksperimen dengan ide-ide gilanya. Buktinya, sampai sekarang Kopi Kulo tetap menjadi pilihan. Kualitasnya memang tak bisa dipungkiri.

 

Uniknya Kopi Kulo

Saat ini, kopi Kulo menjadi kopi kekinian yang digemari para milenial. Memang, zaman sekarang, keunikan dalam suatu hal sangat dibutuhkan supaya dapat bersaing.

Namun, seunik-uniknya suatu produk, tak akan berhasil jika sistem keuangannya tidak rapi. Oleh karena itu, jika berencana untuk memiliki bisnis franchise, ebook dari Finansialku ini dapat membantu Anda.

GRATISSS Download!!! Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

 

 

Itu dia sepak terjang usaha franchise Kopi Kulo. Setelah membaca ini, semoga Anda jadi semangat untuk merintis bisnis. Jangan lupa share artikel ini, ya. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Hafizh Syarifuddin. 16 Juli 2019. Melirik Bisnis F&B Kulo Group: Kulo Kopi, Pochajjang dan Kitamura. Infobrand.id – https://bit.ly/2ztVCVe
  • Admin. 12 Juni 2018. Mengintip Ide Gila Ala Kopi Kulo. Inibaru.id – https://bit.ly/2YPG2xS
  • Jordhi Farhansyah. 30 September 2019. 4 Tips Sukses Bisnis Kopi Susu Kekinian Ala Kopi Kulo. Blog.mokapos.com – https://bit.ly/2WiwhGN

 

Sumber Gambar:

  • Kopi Kulo 1 – https://bit.ly/35SBXdV
  • Kopi Kulo 2 – https://bit.ly/3claeoI
  • Kopi Kulo 3 – https://bit.ly/2Li529k

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top