Mau Kurus Pas Lebaran? Ikuti Tips Diet Saat Puasa Tanpa Olahraga!

Diet Saat Puasa Diet Saat Puasa Tanpa Olahraga Kesehatan Lifestyle Tips Diet Tips Diet Saat Puasa Tips Diet Saat Puasa Tanpa OlahragaLeave a Comment on Mau Kurus Pas Lebaran? Ikuti Tips Diet Saat Puasa Tanpa Olahraga!

Mau Kurus Pas Lebaran? Ikuti Tips Diet Saat Puasa Tanpa Olahraga!

Tampil langsing saat lebaran bukan lagi impian kalau kamu disiplin menjalankan tips diet saat puasa! Ikuti tipsnya, dijamin berhasil.

Ramadhan telah tiba! Untuk kamu yang tengah menjalankan ibadah puasa dan bercita-cita punya tubuh langsing dan sehat, inilah saat yang tepat. Simak cara menurunkan berat badan saat puasa tanpa olahraga yang dijamin ampuh di sini.

 

Rubrik Finansialku

 

Diet Saat Puasa: Asupan Gizi dan Pola Hidup Sehat

Di bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini, sudah semestinya umat muslim menyucikan diri secara jasmani dan rohani.

Nah, agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik selama satu bulan penuh, setiap orang yang menjalankannya harus menjaga asupan gizi dan pola hidup yang benar.

Selain dapat menjadikan tubuh semakin fit, kamu juga dapat sekaligus membentuk tubuhmu menjadi langsing, lho. Kamu tentu mau kan terlihat lebih kece saat lebaran nanti?

Sayangnya, kebanyakan orang kurang memperhatikan asupan gizi dan pola hidup yang baik saat berpuasa. Sehingga puasa justru menyebabkan kesehatan terganggu.

Alih-alih mau sehat, malah jadi semakin gemuk atau justru kurus dan lesu. Di artikel kali ini, finansialku akan membahas tips diet yang sehat dan tepat saat puasa tanpa harus repot berolahraga ekstra keras.

 

Tips Diet Saat Berpuasa yang Ampuh dan Aman

Tak perlu repot-repot berolahraga keras saat sedang berpuasa. Simpan tenagamu untuk bertahan melawan lapar dan beraktivitas normal sepanjang hari.

Walaupun demikian, perhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Jangan sampai kamu tidak berolahraga tapi saat berbuka tetap mengonsumsi makanan secara sembarangan dan melupakan pola hidup sehat.

Dalam video di bawah ini, kamu masih tetap bisa berolahraga ringan saat berpuasa. Yuk, simak videonya.

 

Dan ini dia tips yang dapat kamu lakukan untuk diet saat puasa.

 

#1 Minum Banyak Air Mineral

Setiap harinya, tubuh membutuhkan paling tidak 2 liter air atau setara dengan 8 gelas berukuran sedang. Tidak terkecuali saat berpuasa.

Jadi, jangan jadikan puasa sebagai alasan kamu jadi kurang minum. Gunakan rumus 2-4-2 sebagai acuan minum selama puasa. Dua gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka, dua gelas setelah tarawih, dan dua gelas sebelum tidur.

Sebagai tambahan, ketika akan berbuka dan sahur dianjurkan untuk minum air mineral sebanyak 250 ml hingga 500 ml sebelum makan.

Gunanya untuk mengontrol nafsu makan kamu setelah seharian berpuasa. Hindari minum air berlebih di sela makan karena dapat mengganggu kinerja asam lambung saat proses penguraian makanan.

Mau Kurus Pas Lebaran Ikuti Tips Diet Saat Puasa Tanpa Olahraga! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cobain Diet GM, 7 Hari Ampuh Turunkan Berat Badan]

 

Hindari pula minuman yang mengandung gula, garam, dan kafein. Jadi, hanya konsumsi air mineral, ya. Jika tubuh kamu lesu, lebih baik minum air kelapa tanpa gula dibandingkan dengan minuman manis lainnya.

Dikutip dari Hello Sehat, penelitian dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism mengungkapkan bahwa minum air putih bisa meningkatkan metabolisme tubuh sampai 30% lho!

Semakin cepat metabolisme tubuh bekerja, semakin banyak lemak dan kalori yang dibakar oleh tubuh.

 

#2 Perbanyak Serat dan Protein

Pastikan makanan yang kamu konsumsi kaya akan serat dan protein. Ingat, makanan tinggi kalori belum tentu kaya akan serat atau protein.

Jadi pilihlah makanan yang memiliki kedua kandungan tersebut karena proses penyerapannya akan memakan waktu yang lebih lama dalam tubuh.

Kalau sudah demikian, kamu jadi akan merasa kenyang sepanjang hari. Selain itu, makanan tinggi serat dan protein juga membantu menekan nafsu makan supaya kamu tidak kalap saat berbuka maupun sahur.

Mau Kurus Pas Lebaran Ikuti Tips Diet Saat Puasa Tanpa Olahraga! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Menyusun Daftar Menu Makanan Sehat dan Hemat Untuk Keluarga]

 

Sebagai ilustrasi, Yulia Baltschun, seorang diet influencer mengatakan bahwa jumlah protein yang harus dikonsumsi diibaratkan setebal dan selebar telapak tangan kamu.

Jumlah protein hewani yang harus kamu makan yaitu sebanyak dua kali telapak tangan. Sedangkan untuk protein nabati sebanyak empat kali telapak tangan.

Untuk karbohidrat, baiknya kamu ganti dengan karbohidrat kompleks seperti nasi merah, ubi, talas, dan lain-lain agar energi dan gula darah kamu lebih stabil dan juga dapat terhindar dari konstipasi.

 

#3 Kurangi Makanan dan Minuman Manis

Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis akan mengacaukan diet kamu. Mengapa? Saat berpuasa, produksi insulin dalam tubuh akan menurun.

Insulin berperan sebagai pengubah gula menjadi sumber energi. Jika insulin berkurang, maka gula dalam tubuh tidak dapat diolah menjadi energi sehingga tubuh menyimpannya dalam bentuk lemak. Lemak inilah yang membuat kamu gemuk.

Ketimbang makanan dan minuman manis, pilihlah makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks untuk menambah energi.

Entah itu dari buah, sayur, nasi merah, dan sebagainya. Jadi, apa boleh mengonsumsi takjil? Ya, tentu boleh asalkan dengan porsi yang wajar.

 Biasakan pula untuk mengonsumsi makanan manis seperti takjil setelah menyantap makanan utama supaya kamu tidak mengonsumsi takjil terlalu banyak dan akhirnya mengacaukan hormon dalam tubuh.

Mau Kurus Pas Lebaran Ikuti Tips Diet Saat Puasa Tanpa Olahraga! 03 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Rekomendasi Fitness tracker Buat Kamu yang Suka Olahraga]

 

#4 Konsumsi Probiotik dan Prebiotik

Selama seharian berpuasa, pasti kamu akan sangat lapar-laparnya bukan? Ya, selama puasa, ususmu tidak bekerja karena tak ada makanan yang harus diolah.

Lalu saat berbuka tiba, usus akan dipaksa bekerja. Untuk membantu kerja usus dalam mengolah makananmu, yuk mulai konsumsi makanan yang mengandung probiotik dan prebiotik.

Makanan yang mengandung probiotik dapat kamu temukan pada yogurt, kimchi, oncom, tauco, dan acar.

Sedangkan makanan yang mengandung prebiotik dapat kamu temukan pada kol, rumput laut, apel, kacang-kacangan, sayuran hijau, nasi merah, dan lain sebagainya.

Sayangi ususmu mulai dari mengonsumsi makanan-makanan tersebut dengan menyisipkannya dalam menu berbuka dan menu sahurmu.

Mau Kurus Pas Lebaran Ikuti Tips Diet Saat Puasa Tanpa Olahraga! 04 - Finansialku

[Baca Juga: Siapa Saja Seleb yang Bisnis Makanan Sehat? Ini Dia Informasinya]

 

Diet Saat Puasa, Tubuh Langsing Saat Lebaran

Kata siapa puasa dapat membatasi kamu untuk hidup sehat? Asal kamu tahu apa yang harus kamu lakukan, maka puasa justru akan membuat tubuh kamu semakin fit!

Selain membersihkan diri dari dosa dan hawa nafsu, yuk bersihkan diri juga dari pola hidup yang tidak sehat dan mulai makan makanan yang bergizi. Sayangi tubuhmu mulai sekarang dan tampil memukau saat lebaran datang!

Kira-kira apa lagi, ya tips yang dapat kamu lakukan untuk diet saat puasa? Cek artikelnya di sini:

Mau Kurus Pas Lebaran? Ikuti Tips Diet Saat Puasa Tanpa Olahraga! Part 2

 

Tampil kece saat lebaran bukan lagi impian. Mulai hidup sehat dari sekarang dan buktikan hasilnya! Apa saja yang sudah kamu lakukan untuk diet selama puasa kali ini?

Tuliskan pengalamanmu di kolom komentar dan jangan lupa bagikan artikel ini pada teman-temanmu ya. Selamat menunaikan ibadah puasa!

 

Sumber Referensi:

  • Irene Anindyaputri. 14 Mei 2019. 7 Strategi Jitu untuk Menurunkan Berat Badan Saat Puasa. Hello Sehat – https://bit.ly/3cGwIQS
  • Firda Khairunnisa. 3 Mei 2019. Tips Diet Tanpa Lesu Saat Puasa ala Yulia Baltschun. Liputan6.com – https://bit.ly/2S08MQC

 

Sumber Gambar:

  • Tips Diet Saat Puasa 1 – https://bit.ly/2Y4QuBc
  • Tips Diet Saat Puasa 2 – https://bit.ly/2VOT3ER
  • Tips Diet Saat Puasa 3 – https://bit.ly/3f51aGo
  • Tips Diet Saat Puasa 4 – https://bit.ly/2Wi1rgC

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top