Mau Kurus Pas Lebaran? Ikuti Tips Diet Saat Puasa Tanpa Olahraga! Part 2

Diet Saat Puasa Diet Saat Puasa Tanpa Olahraga Kesehatan Lifestyle Tips Diet Tips Diet Saat Puasa Tips Diet Saat Puasa Tanpa OlahragaLeave a Comment on Mau Kurus Pas Lebaran? Ikuti Tips Diet Saat Puasa Tanpa Olahraga! Part 2

Mau Kurus Pas Lebaran? Ikuti Tips Diet Saat Puasa Tanpa Olahraga! Part 2

Tampil langsing saat lebaran bukan lagi impian kalau kamu disiplin menjalankan tips diet saat puasa! Ikuti tipsnya, dijamin berhasil.

Ramadhan telah tiba! Untuk kamu yang tengah menjalankan ibadah puasa dan bercita-cita punya tubuh langsing dan sehat, inilah saat yang tepat. Simak cara menurunkan berat badan saat puasa tanpa olahraga yang dijamin ampuh di sini.

 

Rubrik Finansialku

 

Tips Diet Saat Berpuasa yang Ampuh dan Aman

Untuk kamu yang belum membaca artikel sebelumnya, kamu bisa membaca artikelnya di sini.

Mau Kurus Pas Lebaran? Ikuti Tips Diet Saat Puasa Tanpa Olahraga! 

 

Di artikel tersebut, kamu dianjurkan untuk lebih banyak minum air mineral, makan makanan yang kaya akan serat dan protein, menghindari makanan dan minuman manis, hingga menyisipkan menu dengan kandungan prebiotik dan probiotik.

Lalu, apa lagi sih tips diet saat puasa lainnya yang dapat kamu lakukan? Berikut ulasannya.

 

#5 Konsumsi Makanan Berlemak Baik, Hindari Makanan Berlemak Jahat

Tahukah kamu bahwa selama berpuasa, ada hormon leptin dalam tubuh yang terganggu karena merasa lapar? Ketika puasa, hormon leptin atau hormon lapar ini harus kembali distabilkan.

Caranya adalah dengan menambahkan kandungan lemak baik dalam asupan makananmu saat berbuka dan sahur. Ingat, lemak baik bukanlah lemah jenuh seperti yang terdapat pada makanan yang serba digoreng.

Lemak baik atau lemak tak jenuh berasal dari minyak ikan, kacang-kacangan, olive oil, alpukat, dan lain-lain.

Makanan-makanan ini baik untuk dikonsumsi karena mengandung omega 3 dan tidak akan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Sedangkan makanan berlemak yang serba digoreng mengandung banyak lemak jahat atau lemak jenuh yang berbahaya untuk kesehatan dan program dietmu.

Mau Kurus Pas Lebaran Ikuti Tips Diet Saat Puasa Tanpa Olahraga! Part 2 01 - Finansialku

[Baca Juga: Menelusuri Peluang Usaha Bisnis Makanan Sehat yang Bisa Menguntungkan]

 

#6 Konsumsi Cuka Apel atau Lemon

Perut yang kosong selama satu hari penuh berpotensi meningkatkan produksi asam lambung yang berbahaya untuk kesehatan.

Nah, untuk membantu kerja lambung, kamu harus berupaya untuk menetralkan asam yang naik supaya kamu tidak sakit maag selama puasa.

Caranya adalah dengan mengonsumsi cuka apel atau lemon sebelum makan. Ketika asam lambung kembali normal, pencernaan makanan selama diet pun akan berfungsi dengan baik.

Kamu cukup meminum satu sendok cuka apel atau satu sendok perasan air lemon yang dicampurkan dengan sedikit air.

Selain menetralisir asam lambung dan mencegah maag, cuka apel dan lemon juga berfungsi untuk mencegah iritasi kerongkongan dan pengikisan email gigi. Wah, banyak ya manfaatnya!

Mau Kurus Pas Lebaran Ikuti Tips Diet Saat Puasa Tanpa Olahraga! Part 2 02 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Salah! Begini Cara Menjalani Diet Keto dengan Benar]

 

#7 Cukup Tidur dan Bergerak

Jangan salah, kurang tidur bisa membuat tubuh kamu gemuk! Pasalnya, kurang tidur akan mengacaukan sistem metabolisme dalam tubuh, apalagi saat puasa.

Kalau sudah demikian, tubuh tidak dapat membakar cadangan lemak dengan efektif sehingga diet kamu berpotensi gagal.

Selain itu, ketika kamu kurang tidur maka hormon ghrelin akan semakin aktif. Hormon inilah yang menyebabkan nafsu makan kamu semakin menjadi-jadi. Jadi, biasakan untuk tidur cukup setiap harinya, ya.

Selain tidur, kamu tetap disarankan untuk bergerak aktif. Menahan lapar seharian penuh bukan berarti bermalas-malasan dan diam di tempat tidur seharian bukan?

Memang kamu tidak perlu berolahraga terlalu keras. Namun, kamu bisa tetap melakukan aktivitas normal dan menambahkan gerak setiap harinya misalnya dengan berjalan kaki.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan olahraga kecil seperti dalam video ini.

 

Bergerak lebih aktif saat puasa akan lebih efektif membakar lemak ketimbang ketika kamu tidak berpuasa.

Karena ketika puasa, kamu tidak mendapatkan asupan glukosa selama berjam-jam dan tubuh akan mencari sumber energi lainnya yaitu dari cadangan lemak.

Ketika kamu aktif bergerak saat puasa, kamu dapat membakar lemak lebih banyak lagi dalam tubuh. Ingat, yang ringan-ringan saja, ya.

Mau Kurus Pas Lebaran Ikuti Tips Diet Saat Puasa Tanpa Olahraga! Part 2 03 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Sih Olahraga yang Dapat Menurunkan Berat Badan?]

 

#8 Enzim Booster dan Cleansing Booster

Untuk membantu proses pencernaan makanan, kamu harus mengonsumsi makanan atau minuman dengan bahan dasar yang dapat berperan sebagai enzim dan dapat melakukan detoks dalam tubuh.

Untuk meningkatkan jumlah enzim dan membantu kerja enzim dalam mencerna makanan, ada dua buah yang dapat kamu makan yaitu pepaya dan nanas.

Pepaya mengandung enzim papain dan nanas mengandung enzim bromelain. Kedua enzim ini memiliki kemiripan sifat dengan enzim yang diproduksi oleh pankreas.

Fungsinya adalah untuk mengurai protein dan makanan lain agar lebih mudah diserap tubuh. Konsumsi kedua buah tersebut sebelum makan makanan utama, namun jangan terlalu banyak, ya.

Kamu dapat mengombinasikannya juga dengan tiga jenis buah lain yang memiliki warna berbeda. Misalnya campuran antara nanas, kiwi, dan strawberry supaya kamu mendapatkan kandungan gizi yang beragam dan baik untuk tubuh.

Sedangkan agar detoksifikasi dalam organ pencernaan dapat bekerja secara maksimal, konsumsilah makanan dengan yang dapat menjadi cleansing booster.

Yulia Baltschun, seorang diet influencer memperkenalkan cleansing boost smoothies sebagai menu cleansing booster.

Cara membuat cleansing boost smoothies yaitu dengan memblender seledri, semangka, kunyit, lidah buaya, dan buah lain yang berbeda warna seperti nanas, air, dan susu.

Konsumsi smoothies ini setiap hari maka niscaya diet kamu semakin berhasil!

Mau Kurus Pas Lebaran Ikuti Tips Diet Saat Puasa Tanpa Olahraga! Part 2 04 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Rekomendasi Fitness tracker Buat Kamu yang Suka Olahraga]

 

Diet Saat Puasa, Tubuh Langsing Saat Lebaran

Kata siapa puasa dapat membatasi kamu untuk hidup sehat? Asal kamu tahu apa yang harus kamu lakukan, maka puasa justru akan membuat tubuh kamu semakin fit!

Selain membersihkan diri dari dosa dan hawa nafsu, yuk bersihkan diri juga dari pola hidup yang tidak sehat dan mulai makan makanan yang bergizi. Sayangi tubuhmu mulai sekarang dan tampil memukau saat lebaran datang!

 

Tampil kece saat lebaran bukan lagi impian. Mulai hidup sehat dari sekarang dan buktikan hasilnya! Apa saja yang sudah kamu lakukan untuk diet selama puasa kali ini?

Tuliskan pengalamanmu di kolom komentar dan jangan lupa bagikan artikel ini pada teman-temanmu ya. Selamat menunaikan ibadah puasa!

 

Sumber Referensi:

  • Irene Anindyaputri. 14 Mei 2019. 7 Strategi Jitu untuk Menurunkan Berat Badan Saat Puasa. Hello Sehat – https://bit.ly/3cGwIQS
  • Firda Khairunnisa. 3 Mei 2019. Tips Diet Tanpa Lesu Saat Puasa ala Yulia Baltschun. Liputan6.com – https://bit.ly/2S08MQC

 

Sumber Gambar:

  • Tips Diet Saat Puasa 1 – https://bit.ly/2Y4QuBc
  • Tips Diet Saat Puasa 2 – https://bit.ly/3cGuQHH
  • Tips Diet Saat Puasa 3 – https://bit.ly/3buo7QU
  • Tips Diet Saat Puasa 4 – https://bit.ly/35jccD9

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top