Masa Pensiun Gak Jadi Menakutkan Dengan Persiapan Ini

Hidup Setelah Pensiun Karir Kegiatan Mengisi Masa Pensiun Masa Pensiun Masa Persiapan Pensiun Pensiun Rencana Masa PensiunLeave a Comment on Masa Pensiun Gak Jadi Menakutkan Dengan Persiapan Ini

Masa Pensiun Gak Jadi Menakutkan Dengan Persiapan Ini

Sudahkah Anda merencanakan masa pensiun Anda nanti? Yuk, lakukan rencana masa pensiun Anda dari sekarang agar tidak menyesal kemudian hari.

 

Rubrik Finansialku

 

Masa Pensiun

Setelah menjalani aktivitas sebagai karyawan yang produktif selama bertahun-tahun maka akan tiba saatnya nanti Anda untuk memasuki masa pensiun.

Namun, sayangnya masih ada karyawan-karyawan yang belum mengetahui bagaimana cara mempersiapkan masa pensiun mereka dengan baik.

Oleh karena itu, tidak heran jika persentase orang pensiun yang kaya di usia pensiun sangat sedikit.

Hal tersebut didukung oleh hasil survei yang dilakukan oleh Life Insurance Marketing Research Association (Limra).

Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa 49% pensiunan yang menggantungkan hidupnya kepada orang lain, 29% meninggal saat pensiun, 12% mengalami kebangkrutan, 5% tetap bekerja, 4% mampu mandiri, serta hanya 1% yang kaya saat pensiun.

Tentunya biaya yang dibutuhkan untuk masa pensiunan tidaklah sedikit. Banyak hal yang perlu dipersiapkan dan dilakukan agar masa pensiun Anda dapat menyenangkan.

Oleh sebab itu maka persiapan pensiun tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat.

 

Persiapan untuk Masa Pensiun

Kali ini rubrik Finansialku akan berbagi beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi masa pensiun. Berikut beberapa persiapan yang perlu dilakukan.

 

#1 Memiliki Dana Darurat

Hal pertama yang perlu Anda persiapkan adalah dana darurat. Secara sederhana, Anda dapat menyiapkan dana darurat sekitar 3–6 bulan pada tabungan jangka pendek untuk menjaga biaya hidup.

Namun, Anda juga dapat memiliki dana darurat sebesar 9–12 bulan dari pengeluaran Anda. Bahkan, dana darurat tersebut juga bisa lebih besar jumlahnya tergantung dengan situasi dan kebutuhan Anda.

Masa Pensiun Gak Jadi Menakutkan Dengan Persiapan Ini 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Takut! Lakukan Perencanaan Masa Pensiun Dengan Ini]

 

#2 Memiliki Asuransi Kesehatan

Seperti yang kita ketahui bahwa biaya rumah sakit tidaklah murah. Oleh karena itu, asuransi kesehatan merupakan hal yang perlu Anda persiapkan sejak dini.

Asuransi kesehatan untuk masa pensiun Anda ini disarankan termasuk riders penyakit kritis, ya.

 

#3 Menghitung Kebutuhan Saat Pensiun

Tentunya Anda perlu mengetahui berapa kebutuhan yang Anda perlukan saat Anda pensiun nanti. Dengan begitu, maka Anda dapat mengetahui perkiraan uang pensiun yang perlu Anda kumpulkan.

Untuk mempermudah Anda menghitung kebutuhan dana pensiun, Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku pada bagian rencana keuangan, pilih yang dana hari tua.

Apabila Anda belum memiliki aplikasinya, Anda bisa download aplikasi Finansialku di sini.

 

#4 Berinvestasi Sejak Dini

Untuk mempersiapkan dana pensiun yang tidak sedikit maka berinvestasi sejak dini sangatlah penting dan berpengaruh.

Bayangkan jika Anda harus mengumpulkan uang Rp 10 miliar dalam waktu 2 tahun dengan Rp 10 miliar dalam waktu 30 tahun. Tentunya, jauh lebih ringan jika Anda mengumpulkannya dalam waktu 30 tahun, kan?

Apabila Anda sudah memasuki masa pensiun maka pendapatan aktif Anda akan berkurang. Oleh karena itu, untuk menutup selisih pendapatan sebelum dan sesudah pensiun maka Anda perlu melakukan investasi.

 

Masa Pensiun Gak Jadi Menakutkan Dengan Persiapan Ini 02 - Finansialku

[Baca Juga: Manfaat Pensiun Menurut Undang-Undang Ketenagakerjaan]

 

Nantinya, investasi tersebut dapat Anda jadikan pendapatan pasif yang bisa menutup kekurangan dari gaji sebagai pensiunan.

Terdapat berbagai pilihan instrumen investasi yang dapat Anda pilih. Salah satunya adalah reksadana. Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

 

#5 Menyiapkan Usaha Sampingan

Untuk menghadapi masa pensiun, bukan berarti Anda tidak bisa melakukan kegiatan yang produktif, ya. Anda dapat menyiapkan usaha sampingan untuk Anda menghadapi masa pensiun.

Anda dapat mulai merintis usaha sampingan ini dimulai sejak Anda masih aktif di kantor. Tentunya dengan memiliki usaha sampingan ini maka dapat menambah penghasilan Anda ketika sudah pensiun.

 

#6 Menekuni Hobi Anda

Setiap orang biasanya memiliki hobi atau hal yang disukai. Ketika Anda mau menghadapi masa pensiun, Anda dapat mencoba untuk menekuni hobi Anda menjadi lebih serius.

Hobi Anda ini sangat penting karena akan menjadi aktivitas positif yang Anda lakukan untuk menepis kebosanan ketika Anda tidak bekerja lagi.

Bahkan, jika Anda mampu menjadi ahli dalam tersebut maka bisa saja hobi Anda menjadi sumber pendapatan Anda saat masa pensiun.

Jadi, Anda akan bahagia karena Anda bisa melakukan hobi sekaligus mendapatkan tambahan penghasilan, deh. Tentunya hal ini sangat menyenangkan, kan?

 

#7 Memastikan Tidak Ada Cicilan di Masa Pensiun

Tentunya hal ini perlu Anda perhatikan. Anda sangat disarankan untuk tidak memiliki cicilan apapun ketika Anda sudah memasuki pensiun.

Jangan sampai penghasilan Anda sudah berkurang ditambah harus membayar cicilan ini itu. Pastikan Anda sudah lunas sebelum memasuki masa pensiun dengan pensiun yang lebih tenang dan nyaman.

 

#8 Jaga Kesehatan

Semakin usia kita bertambah maka semakin rentan juga terhadap masalah kesehatan. Tidak dapat dipungkiri karena semakin bertambah umur seseorang maka kondisi fisik juga pasti menurun.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan sangatlah penting.

Masa Pensiun Gak Jadi Menakutkan Dengan Persiapan Ini 03 - Finansialku

[Baca Juga: Persiapkan Tabungan Dana Pensiun Anda Untuk Tetap Sejahtera Di Hari Tua]

 

Jaga kesehatan bukan dimulai dari sejak Anda pensiun saja ya tapi, jaga kesehatan harus Anda mulai dari sekarang atau sedini mungkin.

Anda dapat memulai dengan makan-makanan yang sehat dan bergizi serta rajin berolahraga.

Dengan begitu, Anda dapat terbiasa dengan pola hidup yang sehat sehingga dapat menikmati masa pensiun Anda dengan sehat dan bugar.

 

#9 Rajin Membeli Buku

Selain tubuh yang harus dijaga kesehatannya, otak pun juga harus dijaga dengan baik. Seperti yang kita ketahui bahwa lansia rentan terhadap pikun dan bahkan penyakit Alzheimer.

Untuk mencegah hal tersebut, Anda dapat rajin membeli buku ketika Anda masih aktif bekerja. Karena buku tidak ada tanggal kedaluarsa jadi tetap bisa dibaca walaupun sudah disimpan selama bertahun-tahun.

Dengan membaca buku maka dapat menambah pengetahuan Anda, membuat otak tetap aktif, serta menghindarkan Anda dari kepikunan.

 

Bisa Pensiun Dengan Tenang dan Nyaman

Setelah mengetahui berbagai persiapan untuk menghadapi masa pensiun, maka Anda dapat melakukannya sedini mungkin.

Semakin awal Anda memulai untuk mempersiapkan masa pensiun Anda maka semakin ringan beban yang harus Anda keluarkan setiap bulannya untuk menghadapi masa pensiun.

Dengan persiapan masa pensiun yang matang maka dapat membantu Anda untuk menjalani masa pensiun yang tenang dan nyaman.

 

Jadi, berapa lama lagi Anda akan pensiun? Sudahkah Anda memiliki persiapan yang cukup untuk masa pensiun Anda? Silakan berikan komentar dan pendapat Anda di kolom yang sudah tersedia.

Anda juga dapat membagikan artikel ini kepada rekan-rekan Anda agar semakin banyak orang yang aware terhadap dana pensiun dan mempersiapkan dana pensiun sejak dini. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Agus Dwi. Persiapan pensiun: 10 Jurus Jitu Menghadapi Masa Pensiun. Duniakaryawan.com – https://bit.ly/2BD9Hkv

 

Sumber Gambar:

  • Pensiun 1 – https://bit.ly/30mqDpL
  • Pensiun 2 – https://bit.ly/3f4yz2Y
  • Pensiun 3 – https://bit.ly/30rovNE
  • Pensiun 4 – https://bit.ly/2MMtzDS

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top