Mantan Panglima TNI Jend. Purn. Djoko Santoso Meninggal Dunia

#FinansialkuNews Djoko Santoso Djoko Santoso Meninggal Dunia Entertainment Kabar Duka Panglima TNI panglima TNI Djoko Santoso TokohLeave a Comment on Mantan Panglima TNI Jend. Purn. Djoko Santoso Meninggal Dunia

Mantan Panglima TNI Jend. Purn. Djoko Santoso Meninggal Dunia

Mantan Panglima TNI Jenderal Purn. Djoko Santoso menghembuskan nafas terakhirnya pagi tadi. Mari kenang perjalanan karier semasa hidupnya di sini.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

 

Selamat Jalan, Djoko Santoso!

Pada hari Minggu (10/05) ini, kabar duka datang dari dunia politik. Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn.) Djoko Santoso meninggal dunia pada usia 67 tahun.

Berdasarkan berita dari beberapa media nasional, Djoko menghembuskan nafas terakhirnya ditengah perawatan setelah operasi karena mengalami pendarahan di otak.

Mantan Panglima TNI Jenderal Purn. Djoko Santoso Meninggal Dunia 02

[Baca Juga: Mengupas Gaya Kepemimpinan Ridwan Kamil, Pemimpin Berprestasi]

 

Pria kelahiran Surakarta, Jawa Tengah, itu dikenal sebagai sosok yang tegas dan perhatian terhadap para prajurit. Mendiang meninggalkan seorang istri dan dua orang anak.

Untuk mengenangnya, berikut adalah perjalanan Djoko Santoso selama berkarir, melansir dari beberapa media.

 

#1 Latar Belakang Pendidikan

Djoko menempuh pendidikan sekolah tinggi menengah di SMAN 1 Surakarta. Lantas, pria ini mendaftar ke Akademi Militer dan lulus di tahun 1975.

Selepas itu, ia aktif menjadi seorang TNI dan berdinas di Kostrad. Ada banyak posisi yang ia pegang sebelum menjadi panglima TNI.

 

#2 Perjalanan Di Dunia Militer

Djoko Santoso memiliki rekam jejak panjang di dunia militer. Semasa hidupnya, ia pernah menduduki beberapa jabatan di militer yakni sebagai Wakil Asisten Sosial Politik untuk Kaster sekaligus Kasospol ABRI pada 1998.

Ia juga pernah menjabat sebagai Pangdam XVI/Pattimura, serta Pangdam jaya. Pada 2003 ia menjadi wakil Kepala Staf TNI Angkatan darat.

Lalu, Djoko menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) pada 2005.

 

#3 Menjabat Sebagai Panglima TNI

Djoko Santoso adalah Panglima TNI pada masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Dia menjabat Panglima TNI sejak 28 Desember 2007 hingga 28 September 2010.

 

#4 Penghargaan Bintang Jasa

Sepanjanga karirnya di dunia militer, Djoko Santoso diketahui juga pernah mendapatkan pula beberapa bintang jasa di antaranya; Bintang Dharma, Bintang Kartika Eka Paksi Utama, Bintang Bhayangkara Utama, Bintang Pingat Jasa Gemilang, Bintang Swa Bhuwana Paksa Utama, Bintang Jalasena Utama, dan Medali Sahametrei Tingkat Theoupdin.

Selain itu juga, ia sempat ditugaskan ke beberapa negara, seperti ke Malaysia (1990), Australia (1990), Singapura (1991), China (1994), Amerika Serikat (2006), Vietnam (2006), India (2007), Pakistan (2007), Kamboja (2007).

 

#5 Merambah ke Dunia Politik

Selepas pensiun dari dunia militer, Djoko diketahui merambah ke dunia politik bergabung dengan Partai Gerindra di tahun 2015. Bahkan, ia masuk ke dalam struktur dewan pembina partai.

Pada pemilu 2019 kemarin, ia juga dipercaya menjadi Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

 

Selamat Jalan Djoko Santoso!

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel diatas? Kamu bisa berbagi pandanganmu tentang artikel ini lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 10 Mei 2020. Eks Panglima TNI Jenderal Purn Djoko Santoso Meninggal Dunia Detik.com – https://bit.ly/3fzRgNe
  • Syaiful Hakim. 10 Mei 2020 Mengenang perjalanan Djoko Santoso hingga karir politiknya. Antara News – https://bit.ly/2WJSg8y
  • Puti Yasmin. 10 Mei 2020. Profil Djoko Santoso, Eks Panglima TNI yang Meninggal Dunia Detik.com – https://bit.ly/3ftazrg
  • Admin. 10 Mei 2020. Rekam Jejak Djoko Santoso, Mantan Panglima TNI hingga Ketua Timses Prabowo-Sandi. Kompas.tv – https://bit.ly/2AfYFB5

 

Sumber Gambar:

  • Gambar 01 – https://bit.ly/2Lsk0K1
  • Gambar 02 – https://bit.ly/2WHjJIb

 

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top