Manfaat Menabung, Ternyata Berpengaruh pada Kesehatan Mental

Keuangan kompascom Manfaat Menabung Menabung NabungLeave a Comment on Manfaat Menabung, Ternyata Berpengaruh pada Kesehatan Mental

Manfaat Menabung, Ternyata Berpengaruh pada Kesehatan Mental

Selain bermanfaat bagi stabilitas keuangan, menabung juga ternyata punya pengaruhnya sendiri bagi kesehatan mental, lho..

Ketahui selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Artikel ini dipersembahkan oleh

Kompas.com

 

Menabung Menjadi Cara Untuk Menjaga Kesehatan Mental

Bagi sebagian orang, menabung adalah hal yang rasanya sulit dilakukan. Terkadang tak semudah teori, menabung membutuhkan kesadaran ekstra dan kemauan yang ditanam sejak dini.

Manfaat menabung tak hanya menyehatkan secara finansial, namun juga menyehatkan dari sisi mental. Manfaatnya juga tak terbatas usia, beragam keuntungan menabung berlaku bagi orang dewasa maupun anak-anak.

Selain itu, sarana menabung juga semakin beragam seperti sekarang.

[Baca Juga: Kerja Banting Tulang, Hasil Nihil! 4 Hal ini yang Bikin Gagal Menabung]

 

Dulu aktivitas menabung bisa dikatakan cenderung menumpuk uang di rumah seperti di bawah bantal atau celengan, alternatif lainnya dengan membuka rekening bank.

Saat ini menabung sudah meluas sembari berinvestasi seperti menabung emas, menabung saham, hingga menyimpannya di reksadana atau membeli surat utang dari uang yang disisihkan.

Berikut beberapa manfaat menabung untuk kesehatan mental:

 

#1 Menjauhkan Dari Utang

Sesuai dengan filosofi pakemnya sejak dulu, menabung yakni mengumpulkan uang sedikit demi sedikit untuk kebutuhan masa depan, baik kebutuhan yang sudah terencana maupun kebutuhan mendesak.

Dengan menabung, seorang bisa terhindarkan dari hutang ketika tiba-tiba harus mengeluarkan pengeluaran untuk hal darurat seperti sakit dan sebagainya.

Tabungan yang mencukupi bisa menambal pengeluaran yang tak bisa ditutup dari pendapatan rutin bulanan.

Beberapa orang terpaksa berhutang ke orang lain, bahkan mengajukan utang ke bank, saat terdesak untuk membayar suatu kebutuhan yang sifatnya mendesak. Tabungan di saat kondisi sulit, adalah penyelamat dari utang.

 

#2 Memberikan Ketenangan

Sejumlah penelitian yang dilakukan psikolog mengungkapkan kalau menabung juga bisa memberikan ketenangan batin. Dengan adanya cadangan uang, pikiran seseorang akan lebih terkontrol saat menghadapi situasi yang tak diduga.

Apa manfaat menabung?

Orang yang memiliki tabungan cukup dan menyisihkan uangnya secara rutin secara mental lebih tenang dibanding mereka yang memiliki tabungan sedikit, apalagi dibandingkan dengan orang yang sama sekali tak memiliki tabungan.

 

#3 Lebih Disiplin

Menyisihkan sebagian uang dari penghasilannya cukup sulit bagi sebagian orang. Dengan menerapkan disiplin menabung, bisa dibilang adalah memaksakan orang menyisihkan uangnya untuk disimpan.

Apalagi jika tabungan dipotong di awal bulan bagi seorang yang punya penghasilan rutin sebagai karyawan. Efeknya, orang yang konsisten menabung akan berpikir dua kali untuk pengeluaran yang tidak perlu.

Di sisi lain, secara tak sadar, seseorang yang rajin menabung memiliki perencanaan keuangan yang lebih rapi ketimbang mereka yang menyisihkan penghasilannya untuk ditabung.

Selain itu, menabung juga memaksa untuk bisa melatih kesabaran. Dengan alokasi tabungan yang dipotong rutin, memaksa seseorang harus bisa sabar atau menahan diri dari membeli barang yang bukan prioritas.

 

#4 Lebih Optimis

Orang yang memiliki tabungan cenderung memiliki hidup yang lebih optimis. Meski tabungannya kecil, jika dilakukan secara konsisten, hal tersebut bisa membangun semangat optimisme.

Menabung merupakan aktivitas mengumpulkan uang bertahap. Sehingga meski nilainya kecil, ketika mengetahui saldo tabungannya semakin besar, akan mendorong orang lebih optimis dan mendorongnya lebih bekerja keras.

Dengan membiasakan diri untuk menabung, artinya kamu juga dapat membuat karakter atau pribadi menjadi orang yang lebih bertanggung jawab. Patuh pada tujuan utama, meski banyak sekali keinginan untuk mengeluarkan uangnya.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

15 Ebook Perencanaan Keuangan 20an

 

Sobat Finansialku punya kiat sendiri dalam hal menabung? Jika ada kalian bisa berbagi pengalamannya di kolom komentar di bawah ini

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Finansialku dengan Kompas.com. Isi artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya Kompas.com.

 

Sumber Referensi:

 

Sumber Gambar:

  • Nabung – http://bit.ly/39KNxKi, http://bit.ly/2LKtDr5

 

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top