Kisah Sukses Prabowo Subianto, Politisi Terkenal Indonesia

Entertainment Kisah Sukses Politisi Prabowo Subianto Kisah Sukses Prabowo Subianto Politisi Indonesia Prabowo Subianto Politisi Prabowo Sunianto Prabowo Subianto TokohLeave a Comment on Kisah Sukses Prabowo Subianto, Politisi Terkenal Indonesia

Kisah Sukses Prabowo Subianto, Politisi Terkenal Indonesia

Ada begitu banyak kisah sukses Prabowo Subianto. Politisi Indonesia ini mempunyai kesuksesan yang bisa menginspirasi kita.

Lalu seperti apa kisah suksesnya, simak artikel Finansialku berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

 

Prabowo Subianto

Bernama lengkap Prabowo Subianto Djojohadikusumo, ia lahir di Jakarta, 17 Oktober 1951. Ia lahir dari seorang ayah yang merupakan pakar ekonomi Indonesia pada zaman Soekarno yaitu Prof Soemitro Djojohadikusumo dan ibu Dora Marie Sigar yang berasal dari manado.

Dari silsilah keluarganya Prabowo Subianto merupakan cucu dari pendiri Bank Indonesia dan BPUPKI kemerdekaan Indonesia yaitu Raden Mas Margono Djojohadikusumo.

Dilihat dari Keluarganya Prabowo memiliki dua orang kakak perempuan yaitu Bintianingsih dan Mayrani Ekowati, serta satu orang adik laki-laki yang kini menjadi seorang pengusaha handal yang bernama Hashim Djojohadikusumo.

Prabowo mulai bersekolah di sekolah sumbangsih, Jakarta pada saat itu usianya masih 5 tahun. Tetapi Pada tahun 1957 ketika pemberontakan PRRI pecah, Ayah Prabowo, Prof Soemitro Djojohadikusumo membawa semua keluarganya termasuk prabowo mengungsi ke Padang, Sumatera Barat.

Prabowo 2

[Baca Juga: Kisah Sukses Aktor Hollywood Vin Diesel, Aktor Mahal]

 

Karena Pemerintahan Soekarno kala itu mencurigai Prof Soemitro Djojohadikusumo terlibat dalam gerakan pemberontakan tersebut. Akhirnya Prof Soemitro Djojohadikusumo memboyong semua keluarganya pindah ke Singapura pada tahun 1958.

Kemudian Prabowo disekolahkan di British Elementary School, Singapura. Namun gejolak politik negara Singapura kala itu yang lebih memilih menjaga hubungan baik dengan presiden Soekarno membuat Prabowo beserta orang tuanya pindah ke Hongkong pada tahun 1962.

Di Hongkong, Prabowo di sekolahkan di Glenealy Junior School bersama dengan saudaranya. Pada saat yang sama juga ayahnya membuka bisnis yaitu konsultan ekonomi di Hongkong. Tetapi Prabowo hanya tinggal selama 2 tahun di Hongkong dan berpindah ke Kuala Lumpur, Malaysia.

Menempuh pendidikan di Victoria Institute selama tinggal di Malaysia. Prabowo dan keluarga hanya tinggal sebentar pada saat di Malaysia dan akhirnya pindah ke Zurich, Swiss. Di negara tersebut Prabowo bersekolah di American Intenational School dan mulai mempelajari bahasa Jerman dan Prancis.

Prabowo 3

[Baca Juga: Kisah Sukses Soekarno, Proklamator dan Presiden Pertama Indonesia]

 

Namun belum lama di sana, Pemerintah Swiss menolak suaka politik dari Prof Soemitro Djojohadikusumo dan keluarganya. Akhirnya Prof Soemitro Djojohadikusumo membawa semua keluarganya termasuk Prabowo ke Inggris karena pemerintah Inggris memberikan izin untuk tinggal permanen.

Prabowo melanjutkan pendidikannya kembali di American International School hingga tahun 1968 dan setelah itu Prabowo kembali ke Indonesia. Tahun 1967, Prabowo muda memulai karirnya saat ia mendaftarkan diri di Akademi Militer Magelang, hingga akhirnya ia lulus di tahun 1974.

Pada tahun 1976, ia di tigaskan sebagai Komandan Pleton Para Komando Grup I Komando Pasukan Sandhi Yudha (Kopassandha) dan ditugaskan sebagai bagian dari operasi Tim Nanggala di Timor Timur.

Sepulang dari Timor Timur kariernya pun makin melejit hingga pada tahun 1983 Prabowo di percaya untuk menjadi Wakil Komandan Detasemen 81 Penanggulangan Teroris (Gultor) Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

 

Menjadi Pengusaha Kertas

Setelah berhenti dari karier milternya, Prabowo kemudian mencoba peruntungan dengan menjadi seorang pengusaha mengikuti jejak sang adik yaitu Hashim Djojohadikusumo.

Kariernya sebagai pengusaha di mulai ketika ia membeli Perusahaan Kertas yaitu Kiani Kertas, perusahaan pengelola pabrik kertas yang berlokasi di Mangkajang, Kalimantan Timur.

Prabowo 4

[Baca Juga: Kisah Sukses Donald Trump, Pengusaha Sukses Hingga USA No.1]

 

Prabowo Subianto membeli Kiani Kertas menggunakan pinjaman senilai 1,8 triliun rupiah dari Bank Mandiri. Selain mengelola Kiani Kertas, yang kini menjadi Kertas Nusantara, kelompok perusahaan Nusantara Group yang dimiliki oleh Prabowo juga menguasai 27 perusahaan di dalam dan luar negeri.

Usaha-usaha yang dimiliki oleh Prabowo bergerak dari mulai bidang perkebunan, tambang, kelapa sawit, hingga batu bara. Pada saat Pilpres 2009 Prabowo mempunyai total aset sebesar Rp 1,579 triliun dan US$ 7,57 juta.

Tidak sampai disitu saja, 84 ekor kuda istimewa termasuk sebagai kekayaan Prabowo karena harganya mencapai 3 miliar per ekor serta sejumlah mobil mewah seperti BMW 750Li dan Mercedes Benz E300.

Pada Pilpres 2014 Prabowo Subianto yang dilaporkan sebesar 1.6 triliun rupiah. Dan pada tahun 2018 ini, berdasarkan data Laporan Harta Kekayaan Negara (LHKPN) yang dikutip dari lhkpn.kpk.go.id, kekayaan Prabowo mencapai sekitar 1.9 triliun rupiah.

 

Terjun ke Politik

Terjun ke dunia politik membuat Prabowo berani menjadi Calon Presiden pada Pilpres. Setelah beberapa fase ia lewati.

Pada tahun 2004 ia sempat mencalonkan diri sebagai calon presiden dari Partai Golkar pada Konvesi Capres Golkar 2004, lalu di tahun 2009 Prabowo Subianto mencoba kembali peruntungannya menjadi calon wakil presiden mendampingin Megawati.

Prabowo 5

[Baca Juga:Kisah Sukses Eka Tjipta Widjaja, Pendiri Sinarmas Group]

 

Gagal di tahun 2004 dan 2009, Prabowo tak pantang menyerah dan mecalonkan diri lagi sebagai calon presiden dengan partai pengusung yaitu Partai Gerindra dan memilih calon wakil presiden yang akan mendampinginya yaitu Hatta Rajasa.

Namun sayang usahanya masih gagal dan ia melanjutkan lagi tekadnya untuk menjadi calon presiden pada Pilpres 2019 dengan calon wakil presiden yang mendampinginya yaitu Sandiaga Uno.

Tetapi hasil perolehan suara beliau kalah dari pasangan Joko Widodo dan Ma’aruf Amin, hingga akhirnya saat ini ia menjabat sebagai Menteri Pertahanan di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Ma’aruf Amin.

Itu dia kesuksesan Prabowo Subianto selama ini, beliau adalah tokoh yang sikap pantang menyerahnya patut kita contoh. Jangan kegagalan sekali menghalangi banyak kesuksesan kita kedepannya. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa untuk share ke teman-teman kamu ya… terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Wink. 23 Oktober 2019. Biografi Prabowo Subianto, Profil dan Biodata Lengkap. Biografiku.com – https://bit.ly/3aiuOUL

Sumber Gambar: 

  • Prabowo Subianto 1 – https://bit.ly/2RHChq7
  • Prabowo Subianto 2 – https://bit.ly/3cw1jR8
  • Prabowo Subianto 3 – https://bit.ly/34PlsyW
  • Prabowo Subianto 4 – https://bit.ly/2VCr5fA
  • prabowo subianto 5 – https://bit.ly/3estYIq

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top