Kira-kira, Berapa Biaya Pernikahan Adat Batak Ya? Siapin Duitnya Yuk!

#FinansialkuLifestyle Biaya Pernikahan Adat Batak Harga Lifestyle perkawinan adat batak toba tapanuli Pernikahan Adat Batak pernikahan adat batak islam pernikahan adat batak karo pernikahan adat batak mandailing pernikahan adat batak sederhana pernikahan adat batak toba islam tahapan pernikahan adat batakLeave a Comment on Kira-kira, Berapa Biaya Pernikahan Adat Batak Ya? Siapin Duitnya Yuk!

Kira-kira, Berapa Biaya Pernikahan Adat Batak Ya? Siapin Duitnya Yuk!

Berniat ingin mewujudkan pernikahan adat Batak? Siap-siap nabung deh, modalnya bikin kaget!

Pasti sudah tahu dong betapa meriahnya pernikahan adat Batak? Tak hanya meriah, pesta adat ini memakan biaya yang tentunya tidak sedikit.

Jadi, jika kamu berencana untuk melakukannya pastikan kamu sudah mulai menabung nih dari sekarang. Memangnya seberapa mahal sih?

Penasaran dengan harga dan rinciannya? Finansialku akan membahas informasi selengkapnya di sini.

 

Rubrik Finansialku

 

Perkawinan Menurut Adat Batak

Orang Batak terkenal dengan berbagai macam acara adatnya, mulai dari dalam masa kandungan, kelahiran, penyapihan, perkawinan, penyakit, malapetaka, kematian dan lain-lain.

Semua upacara adat yang dilakukan tersebut sebetulnya bertujuan agar seseorang terhindar dari bahaya atau celaka yang akan menimpanya dengan harapan memperoleh berkat dan keselamatan.

Kira-kira, Berapa Biaya Pernikahan Adat Batak Ya_ Siapin Duitnya Yuk! 2

[Baca Juga : Rincian Realistis Pembagian Budget Pernikahan Biar Kantong Enggak Jebol!]

 

Nah, salah satu acara adat yang diselenggarakan paling meriah adalah acara perkawinan. Perkawinan dalam adat Batak adalah suatu upacara yang dianggap sakral karena dipahami sebagai sebuah bentuk pengorbanan.

Di mana parboru mengorbankan anak perempuannya untuk menjadi istri pengantin pria, sedangkan paranak mengorbankan seekor hewan untuk menjadi santapan atau makanan adat dalam pernikahan adat tersebut.

Tak hanya saling berkorban untuk mempersatukan sepasang kekasih sebagai pasangan suami istri, pernikahan adat juga menjadi sangat penting karena merupakan jembatan yang mempertemukan Dalihan Na Tolu dari orang tua pengantin laki-laki dengan Dalihan Na Tolu dari orang tua pengantin perempuan.

Tujuannya adalah untuk menyatukan kedua keluarga besar secara adat. Selain itu, dalam tradisinya yang menganut sistem patriarki, pernikahan adat Batak juga dilakukan untuk meneruskan marga dari pihak laki-laki.

Tak heran jika prosesnya cukup panjang dan memakan biaya yang tidak sedikit!

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli RUMAH PERTAMA?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

13 Ebook Rumah Pertama

 

List Persiapan Pernikahan Adat Batak Beserta Estimasi Harga

Untuk menyelenggarakan pernikahan adat Batak, kamu dituntut untuk mapan secara finansial.

Bagaimana tidak, begitu banyak hal yang harus dipersiapkan sehingga biaya yang dikeluarkan pun akan menjadi banyak. Gak percaya? Simak deh persiapan pernikahan adat Batak berikut.

 

#1 Sinamot

Sinamot merupakan uang mahar yang harus dibayarkan dengan sejumlah uang tunai dari pihak pria kepada pihak wanita.

Kesepakatan dan serah terima sinamot ini dinamakan Marhata Sinamot yang diadakan sebelum proses tunangan atau yang disebut dengan Martumpol.

Untuk nominalnya, jelas tidak sedikit. Besaran uang yang dibayarkan harus mengikuti standar perhitungan adat dengan pertimbangan beberapa aspek yang dinilai cukup unik. Jumlah sinamot dipengaruhi oleh:

  1. Tingkat pendidikan mempelai wanita
  2. Pekerjaan mempelai wanita saat ini
  3. Jarak tempat tinggal antara wanita dan pria
  4. Status dalam silsilah keluarga
  5. Status sosial keluarga
  6. Reputasi atau citra mempelai wanita di masyarakat
  7. Status rupa atau kecantikan

 

Semakin baik nilai seorang wanita dari setiap aspek yang telah disebutkan di atas, maka semakin tinggi pula harga sinamot-nya.

Jadi mempelai pria harus ekstra kerja keras, nih! Berikut gambaran informasi kisaran harga sinamot dari latar pendidikan saja yang sudah dijamin bikin kaget.

  1. Tamatan SD : Rp 8.000.000
  2. Tamatan SMP : Rp 20.000.000
  3. Tamatan SMA : Rp 45.000.000
  4. Tamatan D3 : Rp 65.000.000
  5. Tamatan S1 : Rp 80.000.000
  6. Tamatan S2 : Rp 100.000.000
  7. Tamatan S3 : Rp 180.000.000

 

#2 Ulos

Kebutuhan pernikahan adat Batak yang harus kamu persiapkan berikutnya adalah ulos. Ulos merupakan kain khas Indonesia yang dikembangkan oleh masyarakat Batak.

Kain ini sering digunakan untuk acara-acara penting, mulai dari pesta pernikahan, tunangan, sampai dengan pemakaman.

Dalam pesta pernikahan adat orang Batak, kain ulos merupakan salah satu properti penting karena digunakan sebagai penanda status sosial.

Dengan demikian, mempelai pria sebisa mungkin akan memberikan ulos terbaik buat keluarga.

Perlu dicatat bahwa semakin cantik sebuah ulos maka semakin detail dan rumit pengerjaanya sehingga harganya pun semakin mahal. Mulai dari ratusan ribu sampai puluhan juta rupiah!

 

#3 Pesta Pernikahan

Masuk ke acara intinya yakni pesta pernikahan. Sudah siap dengan serentetan keperluan dalam menyelenggarakan pesta pernikahan adat Batak?

Berikut rincian apa saja yang harus kamu siapkan dengan gambaran biayanya.

 

1. Cincin Pernikahan

Hal pertama yang paling penting dalam pesta pernikahan tentunya adalah cincin pernikahan. Kamu dapat memilih cincin emas kuning atau emas putih sesuai keinginan. Untuk harga cincin bergantung kepada bahan dan model dari cincin itu sendiri.

Estimasi harga sepasang cincin mencapai 20 jutaan. Pastikan saja bahwa kamu datang ke toko cincin dan mencari ukuran yang benar-benar pas di jarimu dan jari pasangan.

Selain itu, tanyakan pula apakah cincin dapat di-custom di kemudian hari tanpa biaya tambahan. Hal ini menjadi penting untuk jaga-jaga jika ukuran jarimu bertambah saat mendekati hari pernikahan.

 

2. Kebaya dan Jas Pengantin

Namanya juga pernikahan adat, artinya kamu akan menyelenggarakan pernikahan secara tradisional. Dengan demikian, baju pesta seperti kebaya merupakan hal yang wajib kamu miliki.

Mendapatkan kebaya yang benar-benar sesuai keinginan ternyata susah-susah gampang, lho. Kamu harus mencari bahan kebaya yang baik dengan mode yang kamu inginkan sebelum akhirnya menjahit kebaya tersebut.

Penjahit yang kamu pilih juga gak boleh sembarangan!

Biasanya, ada penjahit khusus kebaya yang sudah mahir untuk membuat kebaya cantik.

Pastikan kamu sudah buat janji dari jauh hari ya, karena biasanya si tukang jahit belum tentu available berhubung orderan jahitan yang masuk sudah melampaui batas. Belum lagi, proses pembuatannya yang memakan waktu cukup lama.

Bisa sampai 2-3 bulan! Mulai dari pengukuran tubuh, jahit, fitting, revisi, fitting kembali, hingga akhirnya jadi sesuai yang kamu inginkan! Cukup melelahkan, bukan?

Kira-kira, Berapa Biaya Pernikahan Adat Batak Ya_ Siapin Duitnya Yuk! 3

[Baca Juga: Fantastis!!! Tengok Total Biaya 5 Pernikahan Adat Termahal di Indonesia]

 

Untuk harga sendiri bergantung kepada tingkat kesulitan mode kebaya yang kamu inginkan. Semakin sulit maka akan semakin mahal pula.

Dibutuhkan kocek hingga jutaan rupiah untuk satu potong kebaya, belum dengan setelan roknya lho. Belum lagi, sebelum menyelenggarakan pesta pernikahan biasanya kamu akan melakukan prosesi tunangan yang disebut martumpol.

Dengan demikian maka kamu setidaknya harus memiliki dua kebaya yang berbeda. Pastikan juga bahwa kain kebaya yang kamu pilih kualitasnya bagus.

Kamu tahu dong, semakin bagus bahan dari sebuah kain maka akan semakin mahal pula harganya. Mungkin kamu harus mengeluarkan kocek hingga 1 jutaan hanya untuk kain.

Kalau untuk pria sedikit lebih sederhana. Kamu dapat membeli jas yang sudah jadi di toko-toko baju. Tapi pasti kamu menginginkan jas yang berkualitas sangat baik dong untuk momen sekali seumur hidup ini, bukan?

Nah, harga untuk satu jas sendiri di kisaran 1,3 jutaan. Bagaimana?

 

3. Sadum/Tumtuman/Songket

Kalau tadi kita sudah membahas tentang baju atasan pesta, maka sekarang saatnya mencari setelan rok untuk kebaya. Kamu dapat memilih sedum, tumtuman, atau songket sebagai setelan rokmu.

Ketiganya merupakan kain tradisional Batak yang dapat dijahit menjadi rok untuk keperluan pesta adat. Harga untuk kain tersebut beraneka ragam, mulai dari 600 ribuan hingga 3 jutaan.

Harga tersebut baru harga kain ya, belum termasuk harga jahit. Kamu juga membutuhkan kain ini untuk pesta martumpol, nih. Jadi minimal punya 2.

 

4. Sepatu Pernikahan

Perintilan berikutnya yang harus kamu pikirkan adalah sepatu pernikahan. Karena durasi pesta pernikahan adat Batak akan sangat lama, maka sepatu yang nyaman akan menjadi sangat penting.

Semakin nyaman dan baik kualitas sebuah sepatu, maka tentunya akan semakin mahal harganya. Terlebih, jika kamu memilih untuk menempa sepatu, alias custom sendiri untuk menyesuaikan dengan warna baju dan sebagainya.

Selain mahal, kamu juga butuh waktu hingga 2 bulan sampai akhirnya sepatumu jadi. Estimasi harga sepatu dimulai dari 600 ribuan. Jadi, siap-siap merogoh kocek lagi ya.

 

5. Salon Pengantin

Selain pakaian, wajah dan rambut merupakan pusat perhatian nomer satu di hari pernikahan seorang wanita. Apalagi pernikahannya merupakan pernikahan adat Batak di mana rambut dan makeup rasanya benar-benar harus eye catching!

Untuk itu, kamu perlu memilih salon pengantin terbaik dan melakukan booking dari jauh hari. Untuk rate harga MUA sendiri ada di kisaran 3 jutaan.

Kamu bisa memilih paket salon yang sudah termasuk dengan riasan orang tua, jadi kamu gak perlu repot cari tukang salon lagi untuk mendadani ibu atau ibu mertuamu.

 

6. Foto Pre-wedding

Sesi foto pre-wedding akan dibutuhkan untuk mengabadikan momen sebelum pesta pernikahan berlangsung.

Foto-foto ini nantinya akan kamu jadikan sebagai foto kenang-kenangan yang bisa kamu unduh di media sosial bahkan sebagai foto yang kamu letakkan di undangan pernikahan.

Kamu dapat memilih foto studio (indoor) atau foto outdoor sesuai dengan tempat dan tema yang kamu inginkan. Kini, banyak konsep-konsep foto pre-wedding yang unik yang bisa kamu ikuti juga.

Kamu dapat menghubungi jasa fotografi pre-wedding untuk melakukannya. Paket foto pre-wedding dimulai dari kisaran harga 5 jutaan tergantung kepada jasa fotografi yang menawarkan.

Tanyakan betul mengenai wardrobe hingga biaya perizinan tempat untuk melakukan foto. Jadi, kamu tahu persis biaya bersih yang harus kamu keluarkan.

 

7. Kartu Undangan

Biasanya, pernikahan adat membutuhkan lebih banyak undangan daripada pernikahan biasa.

Hal ini dikarenakan relasi keluarga Batak yang cukup erat sehingga undangan yang sedikit tidak akan cukup untuk mengundang semua relasi.

Jadi, kamu harus siap-siap dengan undangan yang banyak mulai dari undangan paranak (pihak laki-laki), undangan parboru (pihak perempuan) hingga undangan general.

Kamu harus memikirkan desain, konten, bahan dan ukuran untuk didiskusikan dengan pihak percetakan. Undangan adat juga biasanya menggunakan bahasa Batak jadi pastikan tata bahasanya sudah benar.

Kalau untuk harga akan bervariasi mulai dari 4 ribuan per piece, bergantung dari bahan dan desain yang kamu pilih. Untuk total harganya tinggal kamu kalikan dengan jumlah undangan yang akan kamu sebarkan.

Catatan pentingnya adalah agar kamu sudah mulai membuat undangan 2-3 bulan sebelum acara pernikahan sehingga tidak terburu-buru saat menyebarkannya.

 

8. Gedung, Dekorasi, dan Mobil Pengantin

Jangan lupa sewa gedung! Pernikahan adat Batak biasanya akan mengundang tamu yang cukup banyak. Maka pastikan jika gedung yang kamu sewa memiliki kapasitas yang cukup untuk memuat tamu undangan.

Biasanya, ada gedung yang khusus disewa untuk acara pernikahan adat Batak sehingga akan lebih mempermudah dalam hal dekorasi dan sebaginya.

Namun, kamu juga dapat menggunakan gedung resepsi biasa dengan memikirkan dekorasi adat yang sesuai.

Jika kamu melakukan akad nikah atau pemberkatan terlebih dahulu di tempat ibadah, maka jangan lupa menyewa mobil pengantin juga.

Nah, untuk biaya gedung sendiri tentunya tidak murah. Harga gedung kini beragam hingga mencapai puluhan bahkan ratusan juta. Semakin besar gedungnya, maka semakin mahal juga biaya yang dikeluarkan.

 

9. Catering/Musik/Tenda

Pesta pernikahan adat Batak pastinya akan menitikberatkan acara pada makan bersama hingga bernyanyi dan menari bersama semalaman. Dengan demikian, kamu harus memilih vendor catering dan musik yang terbaik.

Selain itu, kamu juga perlu memikirkan opsi jaga-jaga jika tamu yang datang membeludak yaitu dengan menyiapkan tenda atau ruangan outdoor untuk menampung tamu undangan. Untuk harga, siapkan budget di kisaran 30 jutaan.

 

10. Fotografer Pernikahan

Nah, kalau sebelumnya ada foto pre-wedding atau foto sebelum acara pernikahan, maka kali ini merupakan foto wedding saat acara berlangsung.

Kamu memerlukan beberapa fotografer untuk mengabadikan momen pernikahanmu. Konsultasikan kepada pihak jasa fotografi untuk memilih paket foto pernikahan.

Booking fotografermu dari jauh hari supaya aman. Harga jasa foto pernikahan sendiri ada di kisaran 7 jutaan, bergantung pada paket foto yang kamu pilih.

 

11. Hotel

Jika kamu ingin mengadakan resepsi pernikahan bukan di kota asal kamu tinggal, maka kamu butuh hotel untuk menginap.

Tak hanya hotel untuk kamu, tetapi juga hotel untuk keluarga inti yang akan ikut dalam acara pernikahanmu. Hal ini menjadi sangat penting karena pastinya kamu mau tempat tinggal yang nyaman dong bersama suami dan keluarga?

Belum lagi fakta bahwa pesta adat pasti akan sangat melelahkan sehingga kamu butuh tempat tinggal yang sangat nyaman.

Booking hotel yang nyaman, fasilitasnya lengkap, bersih, dan tentunya tak begitu jauh dari tempat resepsi. Kini, banyak kok hotel yang harganya cukup terjangkau mulai dari 800 ribuan per malam.

 

Siapin Duitnya dari Sekarang dan Wujudkan Pernikahan Adat Impianmu!

Pernikahan adat Batak nyatanya tak hanya mahal tetapi juga membutuhkan persiapan yang sangat panjang. Nah, apakah kamu sudah siap dengan setiap hal yang diperlukan di atas?

Jika belum, mulailah mempersiapkannya dari sekarang. Pernikahan adat impianmu bisa kok diwujudkan asal kamu pintar dalam mengelola keuangan yang ada.

Kamu bisa menggunakan aplikasi Finansialku sebagai asisten perencanaan keuanganmu. Kami siap membantu!

Kamu tinggal menggunakan fitur ‘Rencana Keuangan’ di aplikasi Finansialku untuk membantumu menghitung besaran tabungan yang harus kamu sisihkan per bulannya.

Rencana Keuangan Aplikasi Finansialku

Rencana Keuangan Aplikasi Finansialku

Dana Pernikahan Rencana Keuangan

Dana Pernikahan Rencana Keuangan

Dengan demikian, kamu bisa masukan biayanya ke anggaran keuangan bulananmu!

Mudah kan? Yuk gunakan aplikasi Finansialku sekarang.

Bukan hanya membantumu merencanakan keuangan, aplikasi Finansialku membantu kamu dalam pencatatan keuangan harian hingga konsultasi masalah keuangan dengan para ahlinya.

Aplikasi keren ini wajib untuk kamu yang sudah mulai memiliki penghasilan sendiri. Jangan sampai hasil keringatmu terbuang sia-sia karena pengguaan yang tidak tepat.

Download aplikasi Finansialku di Google Play Store maupun Apple Apps Store! Dapatkan juga potongan Rp 50 ribu dengan memasukkan kode voucher CUAN50 saat kamu lakukan upgrade aplikasi Finansialku premium.

Yok rapikan keuangan dengan Finansialku dan wujudkan masa depan sesuai keinginanmu!

 

Ternyata, pernikahan adat Batak cukup rumit dan mahal ya. Apakah kamu punya pengalaman terkait persiapan pernikahan adat seperti ini? Yuk, ceritakan pengalamanmu di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

 

 

Sumber Referensi :

  • Admin. 23 November 2017. Kenapa Pernikahan Orang Batak Itu Mahal? Ini 3 Alasannya. Lifepal.co – https://bit.ly/3mEGmJp
  • Admin. 12 List Persiapan Pernikahan Batak Paling Penting: 8 Bulan Sebelum Hari H. BoruKaro.com – https://bit.ly/2EkyXOf
  • Ricky Pramono Hasibuan. 26 Juni 2015. Perkawinan Menurut Adat Batak. Kompasiana – https://bit.ly/2FPvdEJ

 

Sumber gambar :

  • Pernikahan Adat Batak 1 – https://bit.ly/2FUOZP8
  • Pernikahan Adat Batak 2 – https://bit.ly/32QB2eh
  • Pernikahan Adat Batak 3 – https://bit.ly/3iVELgg

 

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top