Kemenkeu Optimis Ekonomi Kuartal II 2021 Bisa Capai 8%

#FinansialkuNews Ekonomi Ekonomi Indonesia Kemenkeu Pertumbuhan EkonomiLeave a Comment on Kemenkeu Optimis Ekonomi Kuartal II 2021 Bisa Capai 8%

Kemenkeu Optimis Ekonomi Kuartal II 2021 Bisa Capai 8%

Kemenkeu optimis bahwa ekonomi RI kuartal II tahun 2021 akan mampu mencapai target pertumbuhan sebesar 8 persen.

Apakah target ini realistis? Simak Informasi selengkapnya pada berita Finansialku di bawah ini.

 

Kemenkeu Optimis Ekonomi Kuartal II Capai 8%

Kepala Pusat Kebijakan Makro Badan Kebijakan Fiskal Kementrian Keuangan, Hidayat Amir, optimis perekonomian Indonesia akan tumbuh signifikan di kuartal II 2021 sebesar 7 persen hingga 8 persen atas dasar karena adanya akselerasi pemulihan.

“Kuartal II kami yakin kalau ritme dan tren perbaikan Covid-19 terus berlanjut maka pemulihan bisa diakselerasi ke pertumbuhan 7 persen sampai 8 persen,” kata Hidayat dalam webinar Indonesia Macroeconomic Update 2021 di Jakarta, Kamis (8/4/2021).

Amir yakin proyeksi pertumbuhan tersebut masih berada di level realistis walaupun pada kuartal yang sama di tahun 2020 lalu Indonesia mengalami penurunan pertumbuhan ekonomi hingga minus 5,3 persen.

[Baca Juga: Sri Mulyani Raih Penghargaan Menkeu Terbaik se-Asia Pasific]

Dengan adanya proyeksi ini, maka ia melihat bahwa target pertumbuhan ekonomi yang ditargetkan pemerintah sebesar 4,3 persen hingga 5,3 persen adalah angka yang sangat realistis untuk dicapai.

“Saya kira 4,3%-5,3% itu cukup fair, tidak terlalu optimis, ada di tengah,” jelasnya.

Tidak hanya itu, beberapa indikator pertumbuhan ekonomi pun juga mengalami peningkatan. Misal saja penjualan semen dan kendaraan bermotor. Hidayat berharap penjualan semen dan kendaraan ini mampu menjadi leading indikator.

“Mudah-mudahan beberapa indikator yang muncul seperti penjualan semen dan kendaraan bermotor bisa menjadi leading indikator,” ujarnya.

[Baca Juga: Ekonomi Outlook 2021 Optimisme Di Tengah Pandemi]

Di sisi lain, Amir memprediksi ekonomi Indonesia para kuartal I 2021 ini masih akan berada pada level kontraksi sekitar minus 1,1 persen hingga minus 0,1 persen.

“Kuartal I kemungkinan akan mendekati level bawah tapi kita lihat beberapa indikator terus membaik. Kita pantau terus menerus perubahan ini,” ujar Hidayat.

Kini pihaknya memastikan akan terus memantau berbagai perkembangan yang terjadi pada indikator perekonomian di Indonesia sekaligus mengakselerasi upaya penanganan Covid-19 demi pulihnya ekonomi RI ke depannya.

 

 

Bagaimana pendapat Sobat Finansialku mengenai proyeksi kemenkeu mengenai ekonomi RI kuartal II 2021 ini? Mari kita diskusikan di kolom komentar!

Sobat Finansialku juga bisa mendiskusikannya bersama dengan teman-teman atau saudara dengan membagikan informasi dari Finansialku ini lewat pilihan platform yang tersedia di bawah. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Lidya Julita. 08 April 2021. Kemenkeu Super Pede Ekonomi RI Kuartal II-2021 Tumbuh 8%. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3s0lsGe
  • Whisnu Bagus Prasetyo. 08 April 2021. Kemkeu: Ekonomi KuartaI II Bisa Tumbuh Hingga 8%. Beritasatu.com – https://bit.ly/3wwRTj3
  • Astrid Faidlatul Habibah. 08 April 2021. Kemenkeu proyeksikan ekonomi RI kuartaI II tumbuh hingga 8 persen. Antaranews.com – https://bit.ly/31VgnV1

 

Sumber Gambar:

 

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top