Ke Kota Pelajar Belum Pernah Coba Kuliner Jogja Ini? Kebangetan!

Hobi Jogja Kuliner Kuliner di Jogja Kuliner Jogja Kuliner khas Jogja LifestyleLeave a Comment on Ke Kota Pelajar Belum Pernah Coba Kuliner Jogja Ini? Kebangetan!

Ke Kota Pelajar Belum Pernah Coba Kuliner Jogja Ini? Kebangetan!

Main ke Jogja belum lengkap kalau belum mencoba kuliner Jogja. Mau tahu apa saja daftar kuliner Jogja yang wajib kamu kunjungi?

Kota Jogja tak hanya dikenal karena nilai sejarah dan kebudayaannya. Jogja juga dikenal sebagai kota dengan segudang makanan khas yang rasanya nikmat dan pastinya murah meriah.

Mau tahu apa saja tempat makan wajib yang harus kamu kunjungi di Jogja? Yuk simak ulasannya berikut!

 

Rubrik Finansialku

 

Pesona Jogja, Kota Wisata dengan Segudang Destinasi

Jogja merupakan salah satu kota di Indonesia yang dianggap sebagai rumah bagi para wisatawan. Bagaimana tidak, pesonanya membuat para pelancong ingin datang kembali ke kota ini.

Kota yang selalu menampilkan sisi berbeda dengan mempertahankan kebudayaan Jawa di tengah modernitas dunia. Pantas saja banyak orang yang jatuh hati karenanya.

Dikenal dengan nilai sejarah dan budaya, kota Jogja menawarkan banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Destinasi yang wajib kamu kunjungi antara lain adalah Keraton Yogyakarta, beragam candi dengan kisah masing-masing di baliknya, makam raja-raja, kerajinan batik, dan sebagainya.

Namun tidak berhenti sampai di situ saja. Jogja juga ternyata memiliki sederet kuliner yang bakal membuat kamu kangen kembali ke sana. Rugi kalau datang ke Jogja tapi tidak sempat mencicipinya.

Ke Kota Pelajar Belum Pernah Coba Kuliner Jogja Ini Kebangetan! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Begini Cara Memulai Usaha Kuliner Kekinian Bagi Pemula]

 

 

Daftar Kuliner Legendaris Khas Jogja

Kalau kamu datang ke Jogja, jangan pernah melewatkan kulinernya. Selain cita rasanya yang lezat, harganya juga dijamin pas di kantong. Jadi jangan khawatir. Di sini, makan enak tak perlu mahal.

Daripada penasaran, berikut ulasan tempat-tempat makan apa saja yang harus masuk dalam list kuliner kamu saat berkunjung ke kota Jogja. Yuk dicatat!

 

#1 Sate Kambing Paling Juara Khas Bantul: Sate Klathak Pak Bari

Buat kamu penggemar sate kambing, sate klathak Pak Bari harus menjadi top list kuliner kamu ketika di Jogja. Tekstur satenya yang empuk, gurih, dan tak berbau akan membuat kamu jatuh cinta bahkan untuk kamu yang tak suka daging kambing sekalipun.

Uniknya lagi, sate ini bukan ditusuk menggunakan tusuk sate dari bambu seperti tusuk sate biasa. Pak Bari menggunakan besi jeruji sepeda sebagai tusuk sate tersebut.

Waduh, seperti apa ya jadinya? Temukan sate ini di Pasar Wonokromo, Jogja!

Ke Kota Pelajar Belum Pernah Coba Kuliner Jogja Ini Kebangetan! 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10+ Jenis Sate Warisan Kuliner Nusantara yang WAJIB Dicicipi]

 

#2 Menyantap Gudeg Live dari Dapurnya: Gudeg Pawon

Untuk menyantap gudeg yang satu ini, kamu harus sedikit rela berdesakan dengan pengunjung lain di dapur tempat makan tersebut. Nama pawon sendiri berarti “dapur”. Artinya, kamu akan makan gudeg benar-benar di dalam dapur.

Gudeg Pawon ini cukup legend karena sudah berdiri sejak tahun 1958. Kalau ingin kebagian, kamu harus datang lebih cepat. Gudeg ini baru buka di malam hari dan hanya buka 3 jam saja setiap harinya. Laris manis!

 

#3 Menyusuri Kampung Demi Lele Asap: Mangut Lele Mbah Marto

Lokasi Mangut Lele Mbah Marto berada di dalam sebuah perkampungan di Dusun Sewon. Sehingga untuk menuju ke sana, siap-siap untuk blusukan ke dalam kampung.

Tapi tak perlu khawatir, karena setibanya di sana perjalananmu akan terbayar lunas. Sajian lele asap dengan kuah santan pedas karya Mbah Marto ini sangat nikmat dan sudah terkenal sejak 1960. Kenikmatannya tak boleh terlewatkan!

Ke Kota Pelajar Belum Pernah Coba Kuliner Jogja Ini Kebangetan! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Daftar Kuliner Surabaya yang Wajib Anda Cicipi! (Bagian 1)]

 

#4 Minuman Hangat Andalan Pak Soeharto: Wedang Ronde Mbah Paiyem

Kabarnya, mantan presiden Indonesia yaitu Pak Soeharto selalu menyempatkan untuk mampir ke Wedang Ronde Mbah Paiyem setiap berkunjung ke Jogja.

Mbah Paiyem sendiri sudah berjualan sejak tahun 60-an dan masih gigih berjualan hingga saat ini. Kombinasi ronde dan kuah jahe rasanya pas untuk menghangatkan malammu di Jogja. Pantas saja Mbah Paiyem banyak penggemar, ya.

 

#5 Mie Ayam Terkondang se-Jogja: Mie Ayam Bu Tumini

Penggila mie ayam wajib datang ke tempat makan yang satu ini. Dengan harga Rp 10.000-an saja, kamu sudah bisa menikmati semangkuk mie ayam dengan cita rasa yang tak perlu diragukan lagi.

Mie ayam Bu Tumini menyajikan mie ayam dengan kuah gurih berwarna coklat kental yang tidak seperti kuah mie ayam biasanya. Ditemani dengan ceker ayam, dijamin kamu ketagihan.

Ke Kota Pelajar Belum Pernah Coba Kuliner Jogja Ini Kebangetan! 04 - Finansialku

[Baca Juga: 7+ Tempat Wisata Kuliner Mie Jakarta Yang WAJIB Kamu Cicipi]

 

#6 Menyantap Sajian Burung Dara Sambil Lesehan: Lesehan Sebelah Barat Terang Bulan (SBTB)

Sudah pernah mencoba sajian burung dara goreng? Rasanya yang gurih sungguh nikmat disantap bersama nasi hangat. Untuk kamu yang kelaparan, datanglah ke lesehan SBTB.

Dijamin kamu bakal kenyang maksimal. Lesehan ini merupakan salah satu lesehan paling kondang dan ramai pengunjung. Jadi, wajib coba!

 

#7 Bernostalgia Sambil Menyeruput Kopi Arang: Angkringan Kopi Jos Lek Man

Rasanya ada yang kurang kalau ke Jogja belum pergi ke angkringan. Kamu wajib berkunjung ke Angkringan Kopi Jos Lek Man yang paling hits seantero Jogja ini. Kopi khas yang dicelup arang panas atau biasa disebut “kopi jos” menjadi andalannya.

Selain keunikan kopi arangnya, coba juga sego kucingnya yang super nikmat, aneka sate, dan gorengan untuk menemani ngopi malam.

Ajak teman-temanmu menghabiskan malam di Jogja dengan berlesehan di tikar sambil diiringi musisi jalanan. Dijamin berkesan!

Ke Kota Pelajar Belum Pernah Coba Kuliner Jogja Ini Kebangetan! 05 - Finansialku

[Baca Juga: Berikut 10 Kuliner Es Krim yang Hits dan Enak di Bandung]

 

#8 Jajanan Most Wanted di Malioboro: Lumpia Samijaya

Kalau sudah lelah berbelanja di Malioboro, ada baiknya isi perut dulu. Carilah Lumpia Samijaya sebagai opsi pengganjal perut.

Lumpia ini sudah berdiri sejak 40 tahun lalu dan cukup terkenal di kawasan Malioboro. Uniknya dari lumpia ini, isiannya menggunakan campuran daging ayam, bengkuang, dan telur puyuh. Sudah enak, bergizi lagi.

 

#9 Mencicipi Gudeg Eyang Tercinta: Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan

Mbah Lindu yang sudah berusia 100 tahun masih saja berkarya dengan racikan gudegnya yang menggoyang lidah. Sesuai namanya, Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan ini dapat kamu temukan di Jalan Sosrowijayan, Jogja.

Gudeg ini sangat terkenal lho di Jogja. Walaupun buka dari jam 5 pagi sampai jam 11 siang saja, tapi antreannya selalu panjang gak habis-habis. Sabar ya.

Ke Kota Pelajar Belum Pernah Coba Kuliner Jogja Ini Kebangetan! 06 - Finansialku

[Baca Juga: Yummy! 10+ Destinasi Wisata Kuliner Bali yang Perlu Anda Coba Saat Ke Sana]

 

#10 Minum Es di Tengah Panasnya Jogja Bikin Hati Auto Adem: Es Buah PK

Di tengah cuaca Jogja yang panas terik, es adalah obatnya. Cobalah Es Buah PK! Es buah yang terdiri dari isian nangka, cingcau hitam, sawo, kelapa muda, alpukat, susu coklat, dan parutan es akan membuat hati kamu kembali adem.

Jangan salah, walaupun warung es buah ini hanya berada di pinggir jalan, tapi termasuk legendaris karena sudah ada sejak 44 tahun lalu. Minum es di pinggir jalan akan jadi pengalaman seru tersendiri untukmu.

 

Icip-Icip Kuliner Jogja Buat Hati Ingin Kembali Lagi

Jogja punya segudang kuliner legendaris yang harus kamu cicipi. Sayang jika kamu melewatkannya. Sempatkan untuk kembali ke Jogja dan berwisata kuliner ya.

Ajak pula keluarga dan orang tersayang agar wisata kuliner kamu semakin menyenangkan. Yuk, simak tipsnya dalam video berikut.

 

Makan enak ditemani suasana kota yang tenang dan kehangatan masyarakat akan membuat hatimu ingin terus kembali ke kota yang satu ini.

Tak hanya itu, harganya yang super terjangkau juga tak akan membuat kantongmu cekak. Jadi tak perlu khawatir deh. Selamat berwisata kuliner!

Masih penasaran tempat-tempat makan legendaris lainnya di Kota Jogja? Cek artikel berikutnya di sini:

Ke Kota Pelajar Belum Pernah Coba Kuliner Jogja Ini? Kebangetan! Part 2

 

Sekian ulasan kuliner legendaris di kota Jogja. Apa kamu pernah mencoba salah satu dari kuliner di atas? Atau kamu mempunyai saran kuliner lainnya? 

Tulis di kolom komentar ya. Bagikan artikel ini juga untuk teman-temanmu supaya punya daftar tempat wajib yang harus dikunjungi sebelum ke Jogja. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Cathrine Theodora Soekotjo. 2 Januari 2018. 24 Kuliner khas Jogja yang legendaris dan murah meriah. tripcanvas.co – https://bit.ly/2WPKnjI

Sumber Gambar :

  • Kuliner Jogja 1 – https://bit.ly/2vSNcWa
  • Kuliner Jogja 2 – https://bit.ly/2Jhf8WQ
  • Kuliner Jogja 3 – https://bit.ly/2QPt1Qh
  • Kuliner Jogja 4 – https://bit.ly/2wKh3jU
  • Kuliner Jogja 5 – https://bit.ly/39mGqWn
  • Kuliner Jogja 6 – https://bit.ly/2vQa0Wu

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top