Ke Kota Pelajar Belum Pernah Coba Kuliner Jogja Ini? Kebangetan! Part 2

Hobi Jogja Kuliner Kuliner Jogja Kuliner khas Jogja LifestyleLeave a Comment on Ke Kota Pelajar Belum Pernah Coba Kuliner Jogja Ini? Kebangetan! Part 2

Ke Kota Pelajar Belum Pernah Coba Kuliner Jogja Ini? Kebangetan! Part 2

Main ke Jogja belum lengkap kalau belum mencoba kuliner Jogja. Mau tahu apa saja daftar kuliner Jogja yang wajib kamu kunjungi?

Kota Jogja tak hanya dikenal karena nilai sejarah dan kebudayaannya. Jogja juga dikenal sebagai kota dengan segudang makanan khas yang rasanya nikmat dan pastinya murah meriah.

 

Rubrik Finansialku

 

Daftar Kuliner Legendaris Khas Jogja

Setelah mengetahui daftar kuliner legendaris Jogja yang harus kamu cicipi di artikel sebelumnya, berikut akan diulas daftar kuliner legendaris lainnya yang juga wajib kamu coba. Petualangan wisata kamu di Jogja dijamin semakin komplit deh.

Kalau kamu belum baca artikel part 1, yuk baca dulu artikelnya di bawah ini.

Ke Kota Pelajar Belum Pernah Coba Kuliner Jogja Ini? Kebangetan!

 

#1 Menu Entok yang Siap Menyengat Lidah: Entok Slenget Kang Tahir

Kalau makan bebek sudah biasa, bagaimana jika mencoba sajian entok saja? Entok yang termasuk dalam jenis itik ini bisa disulap menjadi sajian yang lezat. Berkunjunglah ke Entok Slenget Kang Tahir untuk mencobanya.

Entok slenget memang agak sedikit terdengar asing untuk kamu yang baru pertama kali ke Jogja. Tapi percayalah, rasanya tak akan membuatmu kecewa.

 

#2 Makan Pedas Sampai Berkeringat Bikin Makin Semangat: Oseng Mercon Bu Narti

Apa kamu penikmat masakan pedas? Jika ya, datanglah ke Oseng Mercon Bu Narti. Namanya saja “mercon”, jadi siap-siap merasakan ledakan pedasnya di mulutmu. 

Dalam satu piring, kamu akan mendapat osengan yang terdiri dari kikil, daging, gajih, kulit dan tulang muda serta cabe rawit yang melimpah. Ngiler ya membayangkannya?

Ke Kota Pelajar Belum Pernah Coba Kuliner Jogja Ini Kebangetan! Part 2 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Tempat Kuliner Malang Enak dan Lezat yang WAJIB Kamu Kunjungi]

 

#3 Nasi Campur Pedas Pojok Jalan Ala Jogja: Nasi Teri Pojok Gejayan

Untuk kamu yang suka lapar di malam hari, Nasi Teri Pojok Gejayan akan hadir untuk membuat perutmu berhenti keroncongan. Datanglah ke Jalan Gejayan mulai dari jam 9 malam untuk menemukan warung makan yang satu ini.

Kamu bisa memilih sayur ikan teri yang pedas atau menikmati kriuknya ikan teri goreng ditemani kering tempe dan nasi pulen. Jangan heran kalau selera makanmu semakin bertambah. Cukup dengan Rp 13.000 saja perut kenyang, hati senang.

 

#4 Legendanya Bakmi Jawa Favorit Semua Generasi: Bakmi Mbah Mo

Untuk kamu yang tengah berburu bakmi terbaik di Jogja, Bakmi Mbah Mo harus ada dalam list kuliner kamu. Mbah Mo menyajikan bakmi godhog atau bakmi rebus dan bakmi goreng istimewa dengan topping telur bebek dan suwiran ayam kampung  yang dimasak di atas tungku arang.

Supaya malammu semakin lengkap, pesan juga kopi jahe hangat atau kopi nasgitel khas Jogja, ya.

Ke Kota Pelajar Belum Pernah Coba Kuliner Jogja Ini Kebangetan! Part 2 03 - Finansialku

[Baca Juga: Daftar Kuliner Surabaya yang Wajib Anda Cicipi! (Bagian 2)]

 

#5 Sego Pecel Andalan yang Bikin Kangen: SGPC Bu Wiryo 1959

Sego pecel merupakan salah satu makanan khas Jogja yang patut kamu coba. Tempat makan yang menjual makanan ini salah satunya adalah SGPC Bu Wiryo 1959. Rasanya yang terbukti nikmat sejak tahun 1959 membuat pengunjung selalu rindu untuk datang kembali.

Kamu bisa menikmati seporsi sego pecel dengan telur ceplok, aneka gorengan, serta sate usus atau sate telur puyuh. Siraman bumbu pecelnya yang lezat benar-benar membuat rindu.

 

#6 Kuliner Desa Sederhana yang Menjadi Idola: Sambel Welut Pak Sabar

Apakah kamu pernah menyantap belut? Pak Sabar dapat meracik belut menjadi hidangan nikmat untuk kamu yang sedang kelaparan. Sambel Welut ala Pak Sabar diracik khusus dengan bumbu kencur dan sambal bawang pedas.

Rasanya nasi hangat tak cukup satu porsi, ya kalau sudah begini. Jangan bilang tak suka dulu kalau belum mencoba. Persepsi kamu tentang belut akan berubah total.

Ke Kota Pelajar Belum Pernah Coba Kuliner Jogja Ini Kebangetan! Part 2 04 - Finansialku

[Baca Juga: 20+ Kuliner Bogor Tradisional Hingga Kekinian yang Wajib Kamu Coba!]

 

#7 Breakfast for Champion ala Anak Jogja: Soto Ayam Kampung Pak Dalbe

Awalilah pagimu dengan sarapan lezat bergizi di Soto Ayam Kampung Pak Dalbe. Sekali coba, soto ini akan menjadi soto favoritmu untuk sarapan di Jogja.

Pak Dalbe menyajikan seporsi soto bersama ayam suwir, lenthok (perkedel dari singkong), serta taburan seledri dan bawang goreng. Kuahnya yang bening ditambah perasan jeruk nipis akan terasa sangat segar dan gurih.

Setelah sarapan, tubuh kuat dan siap untuk kembali berkeliling Jogja!

 

#8 Jajanan Hits Pembawa Kenangan Manis: Jenang Lempuyangan Bu Gesti

Jajanan manis akan menjadi teman yang pas untuk membuat perasaanmu kembali ceria setelah berjalan-jalan mengitari Jogja di bawah teriknya matahari.

Datanglah ke Jenang Lempuyangan Bu Gesti dan rasakan sensasi manisnya jajanan nikmat yang satu ini. Kamu dapat memilih beberapa jenis jenang di sini.

Ada jenang sum-sum, jenang candil, serta jenang mutiara. Ngemil jajanan manis di pasar Lempuyangan Jogja akan membawa kenangan manis tersendiri untukmu setelah meninggalkan kota ini. Jadi tak ingin pulang, deh.

Ke Kota Pelajar Belum Pernah Coba Kuliner Jogja Ini Kebangetan! Part 2 05 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Kuliner Bandung Ini yang Tidak Boleh Terlewatkan!]

 

#9 Menikmati Kehangatan Wedang Super Laris: Wedang Tahu Bu Sukardi

Wedang tahu merupakan jajanan kembang tahu dengan kuah jahe yang mampu menghangatkan tubuhmu. Wedang Tahu Bu Sukardi yang paling diincar di Jogja.

Saking larisnya, Bu Sukardi mampu menjual habis dagangan wedang tahunya hanya dalam 1,5 jam saja setiap hari. Wah, banyak fans-nya ya. Cobalah jajanan yang satu ini supaya kamu tetap sehat saat traveling.

 

#10 Semangkuk Brongkos untuk Makan Siang Optimal: Nasi Brongkos Warung Handayani

Singgah di Jogja, singgah pula ke Warung Nasi Brongkos Handayani. Makanan favorit Sultan Hamengkubuwono X ini hanya bisa kamu temukan di Jogja. Jadi sayang sekali kalau sampai terlewatkan.

Kelezatan brongkos ini terdiri dari sayur dan lauk kacang yang dipadu dengan kuah santan coklat. Manjakan lidahmu dengan brongkos telur dan brongkos koyor, pasti ketagihan.

Ke Kota Pelajar Belum Pernah Coba Kuliner Jogja Ini Kebangetan! Part 2 06 - Finansialku

[Baca Juga: 7+ Tempat Wisata Kuliner Jakarta Yang WAJIB Kamu Cicipi Buburnya]

 

Icip-Icip Kuliner Jogja Buat Hati Ingin Kembali Lagi

Jogja punya segudang kuliner legendaris yang harus kamu cicipi. Sayang jika kamu melewatkannya. Sempatkan untuk kembali ke Jogja dan berwisata kuliner, ya! Yuk, menabung lagi untuk liburan ke Jogja. Simak tipsnya dalam video ini.

 

Makan enak ditemani suasana kota yang tenang dan kehangatan masyarakat akan membuat hatimu ingin terus kembali ke kota yang satu ini.

Tak hanya itu, harganya yang super terjangkau juga tak akan membuat kantongmu cekak. Jadi tak perlu khawatir deh. Selamat icip-icip!

 

Sekian ulasan kuliner legendaris di kota Jogja. Apa kamu pernah mencoba salah satu dari kuliner di atas? Atau kamu mempunyai saran kuliner lainnya?

Tulis di kolom komentar, ya. Bagikan artikel ini juga untuk teman-temanmu supaya punya daftar tempat wajib yang harus dikunjungi sebelum ke Jogja. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Cathrine Theodora Soekotjo. 2 Januari 2018. 24 Kuliner khas Jogja yang legendaris dan murah meriah. tripcanvas.co – https://bit.ly/2WPKnjI

Sumber Gambar:

  • Kuliner Jogja 1 – https://bit.ly/2vSNcWa
  • Kuliner Jogja 2 – https://bit.ly/33XtdlW
  • Kuliner Jogja 3 – https://bit.ly/3bqGd5U
  • Kuliner Jogja 4 – https://bit.ly/2vVuA87
  • Kuliner Jogja 5 – https://bit.ly/2QUiy6e
  • Kuliner Jogja 6 – https://bit.ly/39tpf5n

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top