Jumlah Dana Darurat 2 Anak, Pasangan Menikah dan Single, Lengkap!

Dana Darurat Dana Darurat 2 Anak Dana Darurat Pasangan Menikah Jumlah Dana Darurat Jumlah Dana Darurat 2 Anak Tujuan KeuanganLeave a Comment on Jumlah Dana Darurat 2 Anak, Pasangan Menikah dan Single, Lengkap!

Jumlah Dana Darurat 2 Anak, Pasangan Menikah dan Single, Lengkap!

Berapa sih jumlah ideal dana darurat 2 anak dalam sebuah keluarga, pasangan menikah, dan single?

Nyatanya, semua orang butuh dana darurat. Namun masih banyak yang menyepelekannya karena belum mengetahui apa itu dana darurat dan berapa jumlahnya.

Nah, yuk cari tahu tentang jumlah dana darurat dan berapa jumlah dana darurat yang ideal bagi Anda.

 

Rubrik Finansialku

 

Merumuskan Dana Darurat

Mungkin sudah sering Anda mendengar perencana keuangan menjelaskan pentingnya dana darurat. Namun sebenarnya apa sih dana darurat itu?

Sesuai namanya, dana darurat merupakan sejumlah dana yang perlu disiapkan untuk menghadapi keadaan yang darurat, misalnya saat terjadi Putus Hubungan Kerja (PHK), sakit, kecelakaan, dan lain-lain.

Menurut moneycrashers.com, dana darurat dapat dikategorikan menjadi 2, yaitu sebagai berikut:

 

#1 Short-Term Emergency Fund

Short-term emergency fund atau dana darurat jangka pendek adalah dana yang tersedia untuk keadaan darurat yang dibutuhkan segera.

Mengingat kebutuhannya yang segera, maka tentunya dana darurat ini harus mudah diakses. Sebagai contoh Anda dapat menyimpannya dalam sebuah tabungan yang bisa diambil menggunakan kartu debit kapan saja di mana saja.

Tujuan dari dana darurat jangka pendek adalah untuk keadaan darurat yang lebih kecil, misalnya saat mobil mogok dan membutuhkan reparasi, atau kebocoran di langit-langit rumah.

Dana darurat tipe ini juga terkadang digunakan sebagai cadangan saat Anda menunggu dana darurat jangka panjang bisa dicairkan dalam kondisi keadaan darurat yang ekstrem.

Jumlah Dana Darurat 2 Anak, Pasangan Menikah dan Single, Lengkap! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ini 5 Langkah Menyusun Kembali Dana Darurat yang Terpakai di Hari Lebaran]

 

#2 Long-Term Emergency Fund 

Long-term emergency fund atau dana darurat jangka panjang memungkinkanmu untuk menabung demi keadaaan darurat dalam skala besar atau ekstrem, seperti Putus Hubungan Kerja (PHK) atau bencana alam seperti gempa bumi dan banjir.

Kemudahan akses tetap merupakan hal penting disini, namun Anda bisa memilih instrumen investasi yang lebih menguntungkan (yang umumnya membutuhkan waktu lebih lama untuk dicairkan).

Dengan syarat Anda sudah memiliki dana darurat jangka pendek untuk mengatasi masa pencairan tersebut.

Jadi, singkatnya Anda harus merumuskan dana darurat secara SMART. Pertama ketahui dahulu tujuannya, kemudian rumuskan dengan jelas dan terukur.

Contoh rumusan tujuan keuangan Dana Darurat yang SMART:

“Saya akan menabung uang sebesar Rp 1.000.000 per bulan sampai 20 bulan untuk dana darurat di tabungan X bank Y dengan imbal hasil 1% per tahun.”

Jumlah Dana Darurat 2 Anak, Pasangan Menikah dan Single, Lengkap! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kebebasan Finansial Bukan Berarti Kaya dan Bebas Utang Lho! Tapi…]

 

Jumlah Dana Darurat Ideal

Nah, setelah mengenal apa itu dana darurat, Finansialku ingin mengajak Anda mengetahui seberapa besar nilai dana darurat yang harus Anda miliki. Sebenarnya berapa banyak dana darurat ideal yang harus disiapkan?

Founder dan CEO Finansialku Melvin Mumpuni menjelaskan, besar dana darurat yang harus dipersiapkan berkisar 6 sampai 12 bulan nilai pengeluaran Anda.

Jadi, jumlah dana darurat dihitung berdasarkan rata-rata biaya hidup atau pengeluaran seseorang. Namun tidak lupa untuk mempertimbangkan bagaimana kondisi atau status orang tersebut.

Sebagai contoh, seseorang yang single dan seseorang yang sudah memiliki pasangan dengan 2 anak tentunya memiliki pengeluaran yang berbeda pula.

Pada umumnya, jumlah dana darurat ideal yang disarankan adalah sebagai berikut ini:

  • 6x biaya hidup rata-rata untuk single atau belum memiliki pasangan dan keluarga
  • 9x biaya hidup rata-rata untuk pasangan
  • 12x biaya hidup rata-rata untuk keluarga dengan 1/2 anak/tanggungan atau lebih.

Namun jumlah ini bisa ditambah dengan adanya kondisi-kondisi tertentu, misalnya berdasarkan usia. Namun, diingatkan untuk tidak menyimpan dana darurat jauh lebih banyak dari yang dibutuhkan. Mengapa?

Jumlah Dana Darurat 2 Anak, Pasangan Menikah dan Single, Lengkap! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Terungkap Rahasia Menyiapkan Dana Darurat dengan Gaji 2 Juta!]

 

Tentunya karena dana darurat cenderung hanya disimpan pada sebuah instrumen investasi yang aman dan likuid, sehingga umumnya tidak menguntungkan.

Kelebihan uang tersebut lebih baik Anda manfaatkan untuk hal lain, misalnya investasi yang akan membawa keuntungan bagi Anda.

Tetapi bagi Anda yang masih kebingungan dengan berapa biaya hidup rata-rata selama ini, mulailah dengan mencatat pengeluaran dan pemasukan.

Anda bisa melakukannya dengan mudah menggunakan aplikasi Finansialku. Anda bahkan bisa membuat anggaran dan mengecek kondisi keuangan Anda di sini.

Bagi Anda yang merupakan pengguna baru, download aplikasi Finansialku sekarang juga dan manfaatkan fiturnya dengan meng-klik tautan berikut ini:

 

Persiapkan Dana Darurat Anda!

Anda tentunya kini sudah mengetahui bagaimana merumuskan dana darurat dan siap mempersiapkan dana darurat Anda sendiri.

Menurut Melvin Mumpuni, dana darurat minimal sudah harus dikumpulkan oleh seseorang dalam kurun waktu satu tahun setelah dirinya bekerja.

Sebab, ketiadaan dana darurat bisa menjadi memunculkan masalah baru ketika seseorang tengah terhimpit berbagai kemungkinan terburuk terkait masalah keuangan.

Namun bagi Anda yang belum memilikinya, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Yuk segera persiapkan dana darurat Anda. Simak video berikut untuk mengetahui cara mengumpulkan dana darurat.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai jumlah dana darurat keluarga 2 anak lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Jr Planner. 10 Oktober 2012. DANA DARURAT: DEFINISI DAN ASPEK PENTING. Catatankeluargamuda.com – https://bit.ly/3b8jif6
  • Shirley Christie. 16 November 2012. 3 Fakta Mengenai Pentingnya Dana Darurat.  Liveolive.com – https://bit.ly/35BENDR
  • Admin. 12 Maret 2019. Siapkan Dana Darurat, Berapa Ideal Porsinya dari Pengeluarnya? Money.kompas.com – https://bit.ly/2WykyCV

 

Sumber Gambar:

  • Dana Darurat 1 – https://bit.ly/2zaoORb
  • Dana Darurat 2 – https://bit.ly/3ca3D0h
  • Dana Darurat 3 – https://bit.ly/2SCz1wA

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top