Jangan Sampai Salah! Ini Cara Membedakan Emas Putih dan Perak!

Cara Membedakan Emas Putih dan Perak Emas Emas Putih Emas Putih dan Perak Investasi Membedakan Emas Putih dan Perak PerakLeave a Comment on Jangan Sampai Salah! Ini Cara Membedakan Emas Putih dan Perak!

Jangan Sampai Salah! Ini Cara Membedakan Emas Putih dan Perak!

Hati-hati saat berinvestasi, ini cara membedakan emas putih dan perak! Meskipun sekilas tampaknya serupa, namun nilai keduanya berbeda.

Jadi jangan sampai salah, yuk simak perbedaan emas putih dan perak berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

 

Emas Putih vs Perak

Logam mulia menjadi salah satu alternatif investasi yang sangat digemari, karena umumnya bersifat likuid (mudah dicairkan atau diuangkan), tidak mudah tergerus inflasi, dan harganya cenderung stabil bahkan naik.

Namun sebagian besar orang masih meyakini bahwa satu-satunya logam mulia yang dapat dijadikan pilihan investasi hanyalah emas. Padahal banyak logam mulia lainnya, misalnya saja perak.

Namun karena sifat kelangkaannya yang berbeda, tentu nilai emas dan perak berbeda. Jika emas lebih digunakan dalam perhiasan, perak lebih dimanfaatkan dalam industri.

Karena nilainya berbeda, jelas kita bisa memilih salah satu di antara kedua instrumen investasi tersebut. Namun, seperti Anda ketahui, masih ada saja yang kesulitan membedakan emas dan perak.

 

Emas kuning tentu sangat mudah dibedakan, mengingat warnanya yang berbeda dengan perak. Lantas bagaimana halnya dengan emas putih yang memiliki warna serupa dengan perak?

Tentunya Anda tidak mau investasi merugi karena salah membedakan emas putih dan perak, bukan?

[Baca Juga: Dibalik Alasan Mengapa Hacker Ransomware WannaCry Meminta Bitcoin, Mana yang Lebih Mahal: Bitcoin atau Emas?]

 

Hindari kesalahan investasi dengan cari tahu cara membedakan emas putih dan perak, yuk! Di sini, Finansialku siap menjabarkan cara mudah bagi Anda para investor untuk membedakan keduanya:

 

#1 Harga

Jika dilihat dari segi harga, maka sudah jelas bahwa harga emas putih akan lebih tinggi dibandingkan perak. Jadi, jika Anda melihat penawaran emas putih dengan harga yang rendah atau lebih murah secara signifikan maka ini patut dicurigai.

Jangan mudah percaya dan membeli emas putih dengan harga yang murah, karena bisa saja itu merupakan logam mulia lain yang nilainya lebih rendah. Sebagai contohnya perak.

Kami tidak bisa memberikan harga pasti karena harga logam mulia terus berubah setiap waktu. Namun sebagai panduan, harga emas putih lebih rendah dari emas kuning namun jauh lebih tinggi dari harga perak.

[Baca Juga: Cara Investasi Emas Batangan dengan Berkebun Emas, Apakah Menguntungkan atau Tidak?]

 

#2 Ketahanan

Perbedaan kedua yang akan mudah dideteksi adalah dari segi ketahanan.

Perlu Anda ketahui, meski emas putih umumnya sudah dicampur dengan logam lain (umumnya emas putih merupakan campuran emas dan nikel) namun kualitas dan tingkat ketahanannya tetap lebih tinggi daripada perak.

Pada dasarnya emas putih dan perak sama-sama dapat dijadikan sebagai bahan pembuat perhiasan yang baik dan akan memiliki tingkat ketahanan yang cukup lama jika Anda merawatnya secara benar.

Namun perlu Anda ingat bahwa emas lebih tahan lama dan tidak mudah berubah warna.

Oleh karena itu, ketahanan yang lebih baik dari emas putih membuat tingkat investasinya jauh lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan perak.

 

#3 Daya Pantul

Perbedaan kentara selanjutnya yakni dari kilau logam itu sendiri. Emas putih punya bobot kilau yang lebih tinggi dibandingkan dengan perak.

Jadi, jika diperhatikan dengan seksama emas putih akan lebih cemerlang dibandingkan dengan perak terutama saat terkena cahaya.

Ini dikarenakan daya pantul emas putih lebih kuat dibandingkan dengan perak yang cenderung lebih redup. Perbedaan keduanya dapat diketahui lebih jelas jika disandingkan bersama.

[Baca Juga: Hindari 6 Hal Ini Saat Membeli Emas untuk Investasi, Agar Anda Tidak Rugi]

 

#4 Tanda Perhiasan

Jika dalam bentuk perhiasan, Anda bisa membedakan keduanya dari tanda yang tertera pada perhiasan. Umumnya perhiasan berbahan logam mulai diberi tanda yang menentukan kadarnya.

Sebagai contoh, pada perhiasan perak umumnya terdapat tanda berikut:

  • “999” menandakan logam terbuat dari perak murni.
  • “925” yang diikuti dengan huruf “S”, kemungkinan Anda memiliki perak sterling dengan kandungan 92,5% perak murni yang dicampur dengan logam lain, biasanya tembaga.

Sementara itu, pada perhiasan emas putih umumnya terdapat tanda berikut:

  • “750” menandakan emas putih dengan kandungan 75% emas murni atau biasa disebut emas 18 karat.
  • “700” artinya emas putih dengan kandungan 70% emas murni.

Perlu diketahui, jarang ada perhiasan dengan kadar emas mencapai 99,9% atau 92,5% karena sifatnya yang lunak dan akan mudah rusak. Oleh karena itu, tanda ini juga bisa dijadikan salah satu pembeda antara emas putih dan perak.

[Baca Juga: Hindari 6 Hal Ini Saat Membeli Emas untuk Investasi, Agar Anda Tidak Rugi]

 

Emas Putih vs Perak: Pilih sesuai Preferensi Anda

Jika melihat dari definisinya, investasi merupakan pengeluaran yang berhubungan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva untuk membeli barang-barang modal dan peralatan-peralatan produksi dengan harapan memperoleh keuntungan di masa yang akan datang atau masa depan.

Tidak disebutkan instrumen apa yang sebaiknya digunakan, karena memang itu sepenuhnya merupakan keputusan Anda.

Yang terpenting adalah Anda bisa memahami instrumen investasi Anda dengan mendalam dan jangan sampai tertipu.

Untuk Anda yang masih ragu memulai investasi emas, ketahui keuntungannya dalam video berikut ini.

 

Itu tadi cara membedakan emas putih dan perak. Jangan sampai salah membedakan emas putih dan perak misalnya. Dengan artikel ini, semoga kini Anda mampu membedakan keduanya dengan mantap.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, bagikan juga kepada teman-teman Anda yang masih kesulitan membedakan emas putih dan perak.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 9 Oktober 2017. Pengertian Investasi Lengkap (Jenis-jenis, Bentuk, Tujuan dan Manfaat). Sumberpengertian.co – https://bit.ly/3ajjmIJ
  • Siti Hadijah. 27 September 2017. Mengenal Perbandingan Investasi Emas dan Perak. Cermati.com – https://bit.ly/34PRjzc
  • Mamah Mudah. Perbadaan Emas Putih Dan Perak Yang Mudah Dicermati. 1001macamperbadaan.blogspot.com  – https://bit.ly/2wVFpaI
  • Staf Wikihow. Cara Mengidentifikasi Perhiasan Platinum dan Perak. Wikihow – https://bit.ly/2KhSLRB
  • Jerry Ehrenwald. Cara Mengenali Emas Asli atau Palsu. Wikihow – https://bit.ly/2XPF2tp

 

Sumber Gambar:

  • Emas Putih dan Perak 1 – https://bit.ly/3aoWYgQ
  • Emas Putih dan Perak 2 – https://bit.ly/2Kk4H5y
  • Emas Putih dan Perak 3 – https://bit.ly/3csqjZa
  • Emas Putih dan Perak 4 – https://bit.ly/2VLYeWl

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top