Jangan Ketinggalan! Segera Daftar Kartu Prakerja Gelombang Terakhir!

#FinansialkuNews Corona covid-19 Karir Kartu Pra Kerja Kartu Prakerja Kartu Prakerja gelombang 10Leave a Comment on Jangan Ketinggalan! Segera Daftar Kartu Prakerja Gelombang Terakhir!

Jangan Ketinggalan! Segera Daftar Kartu Prakerja Gelombang Terakhir!

Program Kartu Prakerja gelombang 10 resmi dibuka dan jadi gelombang terakhir dari program anggaran tahun 2020.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

 

Kartu Prakerja Gelombang 10 Resmi Dibuka

Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 10 siang tadi resmi dibuka. Ini merupakan gelombang terakhir dari program Kartu Prakerja untuk tahun anggaran 2020.

Sebelumnya di gelombang 9, kuota peserta telah mencapai 5.480.918 orang atau setara 98% dari target yang telah ditetapkan.

Sedangkan pendaftaran yang dilakukan di Kartu Prakerja gelombang 10 dalam dua hari lalu hanya menampung peserta sebanyak 116.261 orang saja.

Kuota itu merupakan sisa target kuota yang dicanangkan untuk tahun ini. Itu berarti kuota program Kartu Prakerja untuk tahun anggaran 2020 sudah terpenuhi.

“Dengan demikian lengkaplah total kuota penerima Kartu Prakerja tahun anggaran 2020,” ujar Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Rabu (29/09).

Yes! Insentif Kartu Prakerja Segera Cair, Catat Persyaratannya! 01

[Baca Juga: Masker Kain Sudah Ada SNI, Begini Ciri-ciri Produknya]

 

Untuk rincian kuotannya pada gelombang 1 hingga gelombang 3 masing-masing 200.000 penerima. Sementara gelombang 4 sampai dengan gelombang 9, masing-masing 800.000 penerima.

Jumlah tersebut belum termasuk perhitungan ulang dari peserta Kartu Prakerja yang telah dicabut kepesertaannya, seperti dikutip dari Liputan6.

 

Program Ditutup

Ketua tim Pelaksana Komite Cipta Kerja Rudy Salahuddin memastikan belum ada rencana menambah anggaran untuk program Kartu Prakerja. Artinya pendaftaran Kartu Prakerja tidak akan dibuka kembali tahun ini.

“Belum ada info lebih lanjut apakah diberikan tambahan anggaran. Tetapi kalaupun diberikan kami siap,” jelas Rudy kepada CNBC Indonesia.

Animo masyarakat untuk bergabung dalam program Kartu Prakerja cukup tinggi. CNBC Indonesia mewartakan, hingga 25 September 2020 sudah ada 30,44 juta warga Indonesia yang mendaftar melalui situs prakerja.go.id.

Kartu Parkerja merupakan program pelatihan persiapan diri dan keterampilan untuk menghadapi dunia kerja dan semi bantuan sosial. Mereka yang lolos seleksi akan mendapatkan manfaat Rp 3,55 juta.

Bentuknya, voucher pelatihan Rp 1 juta. Setelah lulus dan dapat sertifikat peserta akan dapat bantuan dana tunai Rp 2,4 juta yang disalurkan sebanyak 4 kali dan upah mengisi survei sebanyak tiga kali sebesar Rp 150 ribu.

Menurut Airlangga jumlah pendaftar Prakerja yang besar dan mencakup semua kabupaten/kota itu tidak hanya mengindikasikan minat atau kebutuhan masyarakat yang tinggi terhadap program yang tinggi, tapi juga akses masyarakat terhadap program yang mudah.

“Pendaftaran yang mudah ini sangat penting untuk memberikan akses yang luas bagi masyarakat terhadap aneka pelatihan dalam rangka mendukung cita-cita SDM Unggul, Indonesia Maju,” tambahnya.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

15 Ebook Perencanaan Keuangan 20an

 

Setiap peserta hanya bisa mendapat manfaat Kartu Prakerja sekali seumur hidup, sehingga jangan lupa untuk pergunakan dengan bijak, ya.

Ikuti latihannya dan atur dengan baik dana subsidinya dengan melakukan perencanaan keuangan yang baik.

Jadi tunggu apa lagi, bagi yang ragu dan belum mendaftar segera daftarkan program Kartu Prakerja, jangan sampai kelewatan!

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel di atas? Kamu bisa berbagi pandanganmu tentang artikel ini lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:              

  • Danang Sugiant. 29 September 2020. Gelombang 10 Jadi Penutup Program KartuPrakerja di 2020. Finance.detik.com – https://bit.ly/30lrXIG
  • Cantika Adinda Putri. 29 September 2020. Maaf, KartuPrakerja Tak Buka Pendaftaran Lagi Tahun Ini. Cnbcindonesia – https://bit.ly/2GqXhOQ
  • Pipit Ika Ramadhani. 25 September 2020. Gelombang 10 Bakal jadi Penutup Program KartuPrakerja?com – https://bit.ly/3jggn8V
  • Risco Ferdian. 28 September 2020. KartuPrakerja Gelombang 11 Dibuka Atau Tidak? Menko Airlangga: Kuota Sudah Penuh! Pikiran-rakyat.com – https://bit.ly/3n2DpT3

 

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top