Jangan Kebalik! Ini Definisi dan Perbedaan Zakat, Infaq, Sedekah

Definisi Infaq Definisi Sedekah Definisi Zakat Ekonomi Infaq Istilah Keuangan Perbedaan Zakat Infaq Sedekah Sedekah ZakatLeave a Comment on Jangan Kebalik! Ini Definisi dan Perbedaan Zakat, Infaq, Sedekah

Jangan Kebalik! Ini Definisi dan Perbedaan Zakat, Infaq, Sedekah

 

Baru-baru ini, Wakil Presiden K.H Ma’ruf Amin mengimbau mempercepat zakat. Memangnya, apa perbedaan zakat, infaq, sedekah yang dilakukan umat Islam?

Cari tahu ulasan lengkapnya dalam artikel Finansialku kali ini.

 

Rubrik Finansialku

 

Sudahkah Mengenal Zakat, Infaq, Sedekah?

Zakat, Infaq dan Sedekah merupakan amal ibadah yang sangat dianjurkan dalam ajaran agama Islam, dengan cara memberikan sebagian harta kita untuk orang-orang miskin dan yatim piatu.

Pengertian dari zakat adalah memberikan sebagian harta kita dengan ketentuan tertentu untuk diberikan kepada kelompok atau golongan tertentu.

Sedangkan, Infaq adalah semua bentuk pembelanjaan dari seorang muslim untuk dirinya sendiri, keluarganya, ataupun masyarakat.

Terakhir adalah sedekah, seperti yang kita ketahui merupakan bentuk infaq yang lebih dikhususkan lagi diberikan di jalan Allah untuk membantu banyak orang yang kurang mampu.

Untuk itu, jika kita ingin melakukan ketiga amal tersebut maka Anda harus mengerti dulu apa perbedaan dari ketiganya agar tidak salah menjalani.

 

Perbedaan Konkret Zakat, Infaq dan Sedekah

Dari ketiga jenis amal ibadah di atas, banyak yang belum terlalu paham masing-masing fungsinya dan juga perbedaannya.

Setelah membaca masing-masing pengertiannya yang dijelaskan sebelumnya, mungkin Anda bisa membedakan fungsi dari ketiga amal ini yaitu zakat, infaq, sedekah itu.

Tapi jika ingin lebih memastikan dan meyakinkan lagi apa perbedaan sebenarnya maka Anda bisa menyimak dari info di bawah ini.

 

#1 Perbedaan Waktu

Dari ketiga jenis amal ini, yang membedakan adalah merupakan perbedaan waktu. Zakat dilakukan hanya pada saat bulan Ramadan, sedangkan infaq dan sedekah bisa dilakukan kapanpun tanpa waktu yang ditentukan dan dibatasi.

Tapi dianjurkan ada yang bilang setiap hari Jumat atau setiap subuh adalah waktu yang tepat untuk melakukan infaq dan sedekah.

Jangan Kebalik! Ini Definisi dan Perbedaan Zakat, Infaq, Sedekah 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ucapan Idul Adha 10+ Ucapan Selamat Idul Adha yang Kekinian]

 

#2 Perbedaan Jumlah

Lagi-lagi, zakat berbeda dengan dua amal lainnya infaq dan sedekah. Yaitu, perbedaannya adalah untuk masalah jumlahnya. Antara zakat, infaq, sedekah memang meiliki perbedaan besaran jumlah yang akan diberikan.

Untuk zakat ditentukan sebagai 2.5 persen dari harta yang dimiliki oleh masing-masing orang atau jiwa dalam satu penghasilan yang didapat atau bisa juga dibayar dengan beras sebesar 2.5 kilogram di mana harga perliternya Rp 15 ribu, sedangkan infaq dan sedekah bisa sedikit lebih bebas dan tidak ada aturannya.

 

#3 Perbedaan Hukum

Perbedaan berikutnya bisa dilihat juga dari perbedaan hukumnya. Yaitu, zakat ditetapkan hukumnya wajib sedangkan infaq dan sedekah adalah sunah.

Oleh karena itu, dari hukumnya saja ketiga amal ibadah ini memang sudah sangat berbeda dan perlu dipahami dengan sebenar-benarnya.

Jangan Kebalik! Ini Definisi dan Perbedaan Zakat, Infaq, Sedekah 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mudah Agar Anda Bisa Ikut Berkurban di Idul Adha 2019]

 

#4 Perbedaan Jenis

Dari ketiganya memiliki perbedaan jenis barang yang diberikan. Pada zakat yang memiliki beberapa jenis, juga memiliki beberapa standardisasi barang yang diberikan, seperti uang, ataupun beras.

Sedangkan, untuk sedekah bisa berupa bermacam-macam bentuk. Bisa dalam bentuk uang, barang yang kita miliki, bahkan dengan sekadar memberikan bantuan tenaga sudah bisa dikatakan sebuah sedekah.

Infaq juga bisa dikategorikan beberapa macam yang bisa diinfaq-an, mulai dari uang juga barang.

 

#5 Perbedaan Tujuan

Ada juga perbedaan dari segi tujuan pemberian. Kalau zakat sudah ada ketentuannya pada siapa kita akan memberikan zakat, karena ada badan sendiri yang mengurusnya.

Sedangkan infaq diutamakan diberikan kepada keluarga sendiri atau orang terdekat terlebih dulu, dan sedekah diberikan kepada siapapun yang ingin kita berikan.

Jangan Kebalik! Ini Definisi dan Perbedaan Zakat, Infaq, Sedekah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Lakukan Jurus Ampuh Ini Agar Anda Bisa Kurban Idul Adha Setiap Tahun]

 

Siap untuk Tunaikan Zakat, Infaq, Sedekah Tahun Ini?

Dapat disimpulkan bahwa, jika Anda ingin berbuat amal pada orang-orang miskin dengan memberikan sebagian harta adalah dengan bersedekah, dan jika Anda ingin melakukan sedekah yang wajib, artinya Anda menunaikan zakat.

Sedangkan, untuk melakukan sedekah yang bersifat sunah artinya Anda sedang melakukan infaq. Tapi ketiganya  pasti mendapatkan banyak pahala dari sang Pencipta.

Pastikan penghitungannya tepat dan libatkan ahlinya jika merasa kesulitan. Untuk informasi lainnya mengenai zakat, Anda bisa simak video berikut ini.

 

Setelah membaca artikel di atas, jangan sampai tertukar antara ketiganya, ya. Share informasi penting di atas agar semua orang bisa menerapkannya segera, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Yons Achmad. 29 Juni 2012. Inilah Perbedaan Z akat, Infak dan Sedekah Yang Wajib Anda Pahami. Zakat.or.id – https://bit.ly/2x9da8C
  • Admin. Zakat, Infaq, Sedekah Dan Wakaf. Tamzis.id – https://bit.ly/2VTVyFV

 

Sumber Gambar:

  • Perbedaan 1 – https://bit.ly/2S542Jf
  • Perbedaan 2 – https://bit.ly/2Y3AJL0
  • Perbedaan 3 – https://bit.ly/2Y8sWM9

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top