Ini Peluang Kerja Jurusan Agribisnis dan Estimasi Gajinya!

Gaji Lulusan Agribisnis HRD Jurusan Agribisnis Karir Keunggulan Jurusan Agribisnis Peluang Jurusan Agribisnis Prospek Kerja AgribisnisLeave a Comment on Ini Peluang Kerja Jurusan Agribisnis dan Estimasi Gajinya!

Ini Peluang Kerja Jurusan Agribisnis dan Estimasi Gajinya!

Sekalipun jarang dilirik, tetapi peluang jurusan Agribisnis memiliki prospek kerja yang cerah, lho! Yuk, simak apa saja peluangnya.

 

Rubrik Finansialku

 

Agrobisnis atau Agribisnis?

Sebenarnya apa beda mendasar dari Agrobisnis dan Agribisnis? Jika kamu sering dibingungkan perbedaan antara keduanya, pada intinya keduanya sama-sama mempelajari bisnis berbasis hasil pertanian.

Di beberapa perguruan tinggi program studi ini bernama Agrobisnis, beberapa yang lain juga bernama Agribisnis. Namun istilah yang dicantumkan dalam KBBI adalah Agrobisnis.

Agribisnis/Agrobisnis mempelajari ilmu tentang seluk beluk usaha yang mamanfaatkan komoditas pertanian, dari mulai usaha produksi, proses produksi sampai distribusi hasil pertanian sehingga memperoleh keuntungan. Peluang jurusan Agribisnis akan berkaitan dengan pangan.  

Pangan menjadi salah satu hal yang paling bisa diwujudkan oleh Agribisnis, sehingga peluang profesi lulusan program studi Agribisnis bukan hanya bekerja di sektor pertanian, tapi bisa juga bekerja seperti di bidang logistik, consumer goods, hingga supply chain supermarket.

Apa saja peluang kerja Agribisnis lainnya?

 

Peluang Kerja di Agribisnis

Sebelum kita membahas peluang kerja apa saja dalam lingkup Agribisnis, kamu perlu tahu apa saja keunggulan dari jurusan ini.

Sebab dengan begitu, kamu bisa mendapat gambaran lingkup kerjamu nantinya. Beberapa keuntungannya antara lain:

  1. Industri di Indonesia memerlukan banyak lulusan jurusan Agribisnis di bidang produksi. Mereka mencari bahan dengan kualitas baik dan peran lulusan Agribisnis yang telah mempelajari pertanian dari hulu ke hilir.
  2. Sedikit pesaing dengan banyaknya peluang. Di pasar tenaga kerja masih sedikit yang merupakan lulusan Agribisnis padahal banyak lowongan yang membutuhkannya.

Ini Peluang Kerja Jurusan Agribisnis dan Estimasi Gajinya! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kuliah Keperawatan? Ini Peluang Kerja Jurusan Keperawatan!]

 

  1. Ilmu menjadi wirausahawan. Kultur di Indonesia mulai mendorong generasi muda agar tidak melulu menjadi pekerja, melainkan menjadi seorang entrepreneur yang membuka lapangan kerja.  Agribisnis seperti namanya membekali pengetahuan untuk memulai usaha jurusan Agribisnis dibekali kemampuan bekerja di bidang pertanian dari hulu ke hilir dan melihat peluang kerja di dalam jalur tersebut

 

Lalu, jika ingin mencari pengalaman kerja dan peluang-peluang usaha lainnya, kamu bisa terjun di lapangan pekerjaan denga gaji yang memadai. Apa saja pekerjaannya? Berikut ini penjelasannya.

 

#1 Management Trainee

Jika kamu ingin masuk dalam lingkungan perkantoran, kamu bisa mencoba posisi Management Trainee di beberapa perusahaan yang bergerak di bidang agribisnis seperti Sinar Mas, Nestle, Coca-Cola, Great Giant Pinneapple, Bakrie Sumatra Plantation, Indofood, Tiga Pilar Sejahtera, dan masih banyak lainnya.

Gaji seorang Management Trainee bisa mencapai Rp 8 jutaan per bulannya, tergantung dari perusahaan yang dipilih.

 

#2 Instansi Pemerintahan

Adalah dambaan banyak orang untuk bisa berkerja dalam instansi pemerintahan.

Dalam hal ini peluang jurusan Agribisnis di tingkat pusat dapat mengisi pekerjaan seperti di Kementerian Pertanian atau Kementerian Koperasi dan UKM.

Bekerja di tingkat Kementerian Pertanian mensyaratkan calon pegawainya berasal dari jurusan yang linier yaitu Fakultas Pertanian.

Terlebih Agribisnis jika yang diperlukan adalah analis sosial ekonomi pertanian. Bekerja di instansi pemerintahan akan mendapatkan gaji dan tunjangan yang relatif baik hingga kamu tua nanti.

Pendapatan per bulan yang bisa diperoleh mencapai Rp 5 – 10 jutaan.

Ini Peluang Kerja Jurusan Agribisnis dan Estimasi Gajinya! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bingung Kerja Apa? Nih Peluang Kerja dan Prospek Programmer Android]

 

#3 Dosen dan Guru

Kamu yang memiliki passion untuk mengajar bisa membagikan ilmu yang kamu pelajari sebagai tenaga pendidik. Seperti Guru di SMK pertanian ataupun dosen.  

Perlu dicatat, persyaratan untuk menjadi dosen di universitas, kamu perlu kuliah hingga jenjang S2 atau S3 sesuai yang diatur oleh pemerintah. Ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Gaji seorang dosen berkisar dari Rp 7 – 15 jutaan, dengan kesempatan peluang untuk mengajukan beasiswa kuliah di luar negeri atau kemudian berkarir di sana.

 

#4 Peneliti Lapangan

Profesi ini memang terdengar asing di masyarakat Indonesia karena memang banyak yang tidak tahu. Meski agribisnis fokus terhadap sosial ekonomi pertanian, tetapi bisa juga menjadi seorang peneliti.

Terdapat badan khusus bagi peneliti milik Pemerintah Indonesia yaitu Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Tidak hanya itu, masih ada lembaga penelitian lainnya baik milik pemerintah maupun kerjasama dengan asing yang memerlukan peneliti-peneliti berkompeten.

Peneliti bekerja by project. Semakin besar cakupan yang diteliti, akan semakin besar hibah yang diperoleh oleh peneliti tersebut.

 

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

4 Ebook Panduan Sukses Mengatur Gaji Ala Karyawan

 

#5 Pegawai BUMN

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) adalah salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang fokus pada bagian pertanian atau lebih tepatnya perkebunan. PTPN tersebar di seluruh wilayah Indonesia khususnya Pulau Jawa dan Sumatra.

Sebagai perusahaan milik negara bekerja di PTPN ini menawarkan gaji yang tinggi, ditambah dengan bagi hasil tahunan yang nanti akan diterima.

Menjadi kebanggaan tersendiri jika kamu bisa menjadi suatu bagian dari PT Perkebunan Nusantara ini di mana terdapat spesifikasi khusus bagi lulusan Fakultas Pertanian terlebih agribisnis.

 

#6 Distributor Komoditas

Peluang jurusan Agribisnis lainnya yang bisa tekuni adalah menjadi seorang distributor komoditas di desa ke kota. Salah satu penghambat yang sering ditemui para petani dalam memasarkan hasil panennya adalah distributor yang nakal.

Dengan kehadiran kamu sebagai distributor profesional yang peduli terhadap kehidupan petani, bisa membantu kehidupan mereka memasarkan berbagai komoditas ke kota.

 

#7 Technical Sales

Lulusan Agribisnis yang bekerja di perusahaan swasta sebagai Technical Sales di perusahan peternakan di area Jawa gajinya bisa mencapai lebih dari Rp 10 juta.

Tentu saja tergantung posisi dan tanggung jawab yang diminta, Masih ada beberapa keistimewaan lainnya yang diperoleh seperti pelatihan ke luar negeri, fasilitas kerja, tunjangan, asuransi, dan lain sebagainya.

Ini Peluang Kerja Jurusan Agribisnis dan Estimasi Gajinya! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Senang Dengan Wisata Kuliner Tengok 4 Peluang Kerja Ini!]

 

#8 Pengusaha

Seperti yang sudah disampaikan dari awal, peluang jurusan Agribisnis sangat memungkinkan untuk menjadi seorang wirausahawan.

Beberapa contoh yang telah berhasil menjadi pengusaha sukses di bidang ini sebut saja Bob Sadino, aplikasi Tanihub dan lain sebagainya yang sukses mengawali di sektor raw material.

Selain itu, masih ada peluang lain seperti petani tanaman hias, budidaya tanaman obat, pengusaha bibit tanaman dan masih banyak di bidang lainnya.

 

Apakah kamu masih bingung mencari peluang jurusan Agribisnis? Dengan artikel ini semoga terbantu, ya. Jangan lupa untuk bagikan ini pada sobat jurusan Agribisnis lainnya. Salam sukses!

 

 

Sumber Referensi:

  • Christantio Utama. 16 April 2020. 10 Prospek Kerja Agribisnis yang Menjanjikan dan Gaji Lumayan Besar. Lifepal.co.id – https://bit.ly/3fjb3R2
  • Admin. 15 Mei 2020. 25+ Prospek Kerja Agribisnis dan Perkiraan Gaji yang Perlu Diketahui. Jurnalmanajemen.com – https://bit.ly/35Rk8NT
  • Okky Budi. 18 November 2020. 8 Peluang Agribisnis yang Menjanjikan dan Datangkan Banyak Keuntungan. Lifepal.co.id – https://bit.ly/3lTkWYb
  • Admin. Agribisnis (Sosial Ekonomi Pertanian). Rencanamu.id – https://bit.ly/36TVuvq

 

Sumber Gambar:

  • Agribisnis 1 – https://bit.ly/3lTkWYb
  • Agribisnis 2 – https://bit.ly/3lSNfWR
  • Agribisnis 3 – https://bit.ly/337731b

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top