Ini Dia Fakta dan Serba Serbi Puasa 2020 yang Harus Kamu Tahu

FW FW052020 FW2020 Hari Raya Puasa Puasa 2020 Ramadan Ramadan 2020Leave a Comment on Ini Dia Fakta dan Serba Serbi Puasa 2020 yang Harus Kamu Tahu

Ini Dia Fakta dan Serba Serbi Puasa 2020 yang Harus Kamu Tahu

Menjelang Idul Fitri 1441 Hijriah, umat Islam tentu menjalankan puasa 2020. Sambil nunggu berbuka, ketahui yuk serba serbi puasa tahun ini.

 

Rubrik Finansialku

 

Fakta dan Serba Serbi Puasa 2020

Hari raya umat Muslim ini merupakan salah satu hari besar paling dinanti di Indonesia, dan tentunya diawali dengan bulan puasa. Yuk cari tahu fakta dan serba serbinya berikut ini.

 

#1 Awal Puasa Jatuh Pada Jumat, 24 April 2020

Seperti kamu ketahui, tanggal awal puasa dan hari Idul Fitri berbeda-beda setiap tahunnya. Pada Idul Fitri 1441 Hijriah ini maka tanggal awal puasa dan tanggal hari raya Idul Fitri sudah ditetapkan.

Adapun Pimpinan Pusat Muhammadiyah dalam Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 01/MLM/I.0/E/2020 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal dan Zulhijah 1441 Hijriah menetapkan awal puasa atau 1 Ramadhan 1441 H jatuh pada Jumat, 24 April 2020.

Sementara Idul Fitri jatuh pada Minggu, 24 Mei 2020.

Sementara itu, Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al Azhar, melalui Dewan Syariah Al Azhar juga menyelenggarakan kegiatan Majelis Mudzakarah yang dilaksanakan pada Rabu, 18 Maret 2020 dan menetapkan 1 Ramadhan 1441 Hijriah jatuh pada 24 April 2020 Masehi.

“Oleh karenanya Pengurus YPI Al Azhar beserta para ahli dan tokoh-tokoh Islam Tanah Air menetapkan 1 Ramadhan 1441 Hijriah jatuh pada 24 April 2020 Masehi,” kata Ketua Umum YPI Al Azhar, Sobirin HS dalam keterangan resminya.

 

#2 Al Quran Diturunkan Pada Bulan Ramadhan

Fakta kedua yang perlu kamu ketahui pada bulan puasa 2020 ini adalah bahwa kitab suci umat Islam, Al Quran diturunkan pada bulan Ramadhan. Tepatnya, pada tanggal 17 Ramadhan.

Momentum istimewa tersebut selalu diperingati dengan menggelar tadarus atau baca Al Quran bersama-sama di masjid atau di rumah masing-masing, sampai menjelang sahur.

 

#3 Doa Yang Dikabulkan Pada Bulan Puasa

Tahukah kamu? Banyak sumber menyebutkan bahwa doa yang diucapkan oleh seorang muslim yang berpuasa pada bulan Ramadan akan dengan cepat dikabulkan.

Seperti yang diketahui, dari hadits Rasulullah SAW yang dirawi oleh Baihaqi, disebutkan Rasulullah seperti diriwayatkan Abu Hurairah menyatakan bahwa ada tiga golongan orang yang dikabulkan doanya atau doa mustajab, antara lain musafir atau orang yang bepergian; orang yang teraniaya; dan orang yang berpuasa.

Sedangkan hadits lain menyebutkan bahwa ada tiga golongan orang yang doanya tidak ditolak, yakni orang yang berpuasa, pemimpin yang adil dan doa orang yang dizholimi.

 

#4 Dosa Akan Diampuni

Selain doa yang dikabulkan, pada bulan Ramadhan, Allah SWT memberikan pengampunan dosa pada umatnya.

Pasalnya, jika kamu melakukan syariat Islam pada bulan Ramadan, maka akan dihapuskanlah semua dosa-dosamu sebagai seorang umat.

 

#5 Adanya Malam Lailatur Qadar

Pasalnya, pada bulan Ramadan akan ada satu malam spesial yang lebih istimewa daripada seribu bulan, yang disebut malam Lailatur Qadar.

Menurut sumber, pada malam ini doa dikabulkan, takdir pada tahun itu ditentukan, juga pintu langit dibukakan, sehingga bisa menghindarkan umat dari siksa neraka dan mendekatkan umat pada surga.

Malam ini dikabarkan akan jatuh pada 10 hari malam terakhir, dengan ciri khas langit cerah hingga pagi juga ada banyak kemuliaan yang dilimpahkan Allah.

Begini Hukum Kepemimpinan Wanita Dalam Islam. Mau Tah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Begini Cara Itikaf Di Rumah Menyambut Lailatul Qadar]

 

#6 Pintu Neraka Yang Ditutup Dan Pintu Surga Terbuka

Pada bulan suci Ramadan, dikabarkan pintu neraka ditutup serapat-rapatnya, dan pintu surga dibuka selebar-lebarnya.

Setan-setan juga dibelenggu selama satu bulan penuh, dengan tujuan agar manusia dapat lebih mendekatkan diri ke Allah selama satu bulan penuh.

 

#7 Bulan Puasa 2020 Jatuh Saat Wabah Corona

Serba serbi selanjutnya mengenai bulan puasa tahun 2020 kali ini yaitu jatuhnya pada saat adanya wabah virus corona (Covid-19).

Oleh karena itu, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengeluarkan surat edaran yang berkaitan dengan penyambutan Bulan Suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah.

Cara Hitung dan Tata Cara Pembagian Warisan Menurut Islam 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Puasa Sehat Saat Ramadan 2020 di Tengah Virus Corona]

 

Adapun surat edaran tersebut mencakup 3 poin, yaitu sebagai berikut:

  • Permintaan kepada seluruh Pengurus Wilayah, Pengurus Cabang, Pengurus Majlis Wakil Cabang, Pengurus Ranting dan Pengurus Anak Ranting, serta Lembaga dan Badan Otonom di bawah naungan Nahdlatul Ulama berikut seluruh warga Nahdlatul Ulama (NU)dan umat Islam pada umumnya agar senantiasa melaksanakan peribadatan wajib dan meningkatkan amaliyah. Termasuk menjalankan sholat tarawih selama Ramadhan dan sholat Idul Fitri selama pandemi COVID-19 di rumah masing-masing atau sesuai protokol pencegahan penyebaran virus Corona yang ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah masing-masing
  • Kepada seluruh umat Islam pada umumnya dan warga NU pada khususnya agar terus memperkuat tali silaturahim dan hubungan sosial antar sesama dalam momentum Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah dengan  tetap mengacu pada ketentuan dan kebijakan pembatasan sosial (social distancing) dan menjaga jarak fisik (physical distancing) yang ditetapkan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah masing-masing
  • Kepada seluruh warga NU agar senantiasa mentaati keputusan, kebijakan dan imbauan pemerintah pusat dan daerah dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19, termasuk mengenai mudik lebaran 2020.

 

Share  Yuk!

Bagaimana, menarik bukan fakta-fakta dan serba serbi puasa tahun 2020 ini? Jika kamu menikmati TTS-nya, jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu juga. Dengan demikian mereka bisa mengisi waktunya #dirumahaja.

Share TTS-nya dengan klik tombol share artikel di atas yuk! Terima kasih.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang fakta dan serba serbi puasa 2020 lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Novie Fauziyah. 6 April 2020. 4 Imbauan PBNU Terkait Ramadhan dan Lebaran 2020 di Masa Pandemi Corona. Okezone.com – https://bit.ly/3dJhMSj
  • 2019. Serba Serbi 12 Tradisi Ramadhan Unik Yang Hanya Ada Di Indonesia (2019). Bp-guide.id – https://bit.ly/2T1NSkg
  • Novie Fauziyah. 20 Maret 2020. Al Azhar Tetapkan 1 Ramadhan 24 April 2020, Puasa Bulan Depan. Okezone.com – https://bit.ly/3dEDwyE
  • Nur Rohmi Aida. 8 Maret 2020. Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa 24 April dan Idul Fitri 24 Mei 2020. Kompas.com – https://bit.ly/2T4ZBP5

 

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top