Ini 7 Manfaat Fintech Untuk Masyarakat Indonesia

Ekonomi Fintech FinTech Indonesia Manfaat FintechLeave a Comment on Ini 7 Manfaat Fintech Untuk Masyarakat Indonesia

Ini 7 Manfaat Fintech Untuk Masyarakat Indonesia

Apakah Anda sudah mengetahui manfaat Fintech? Yuk ketahui apa saja manfaatnya dengan membaca artikel Finansialku berikut ini.

Selamat membaca.

 

Rubrik Finansialku

 

Manfaat Fintech bagi Masyarakat Indonesia

Menurut National Digital Research Centre atau NDRC, fintech merupakan istilah untuk menyebut inovasi dalam bidang jasa finansial atau keuangan, yang dipadukan dengan teknologi modern.

Fintech menawarkan banyak kemudahan dan manfaat bagi masyarakat atau penggunanya. Nah… beberapa manfaat tersebut ialah seperti berikut ini.

 

#1 Kemudahan pada Layanan Keuangan

Untuk masalah layanan keuangan, Anda pastinya merasakan perbedaan yang besar antara saat ini dengan sepuluh tahun yang lalu bukan?

Coba lihat, saat ini hampir semua jenis transaksi keuangan dapat kita lakukan dengan mudah, hanya dengan bermodal sebuah smartphone dan koneksi internet.

Mau transfer uang, bayar tagihan, membeli pulsa dan token, semuanya bisa kita lakukan dengan mudah.

Hal ini jauh berbeda dari sepuluh tahun yang lalu, untuk mengirim uang saja, kita masih harus ke mesin ATM atau teller di bank.

Belum lagi untuk masalah pembayaran tagihan lainnya, kita perlu ke tempat pembayarannya. Nah… ini merupakan manfaat pertama dari adanya fintech di Indonesia.

 

#2 Mendukung Tercapainya Inklusi Keuangan di Indonesia

Tahun lalu, Dewan Nasional Keuangan Inklusif menargetkan inklusi keuangan di angka 75%, sedang yang sudah tercapai masih cukup jauh dari target tersebut.

Inklusi keuangan sendiri merupakan akses terhadap lembaga keuangan masyarakat.

Belum tercapainya target ini menjadi bukti bahwa masih cukup banyak masyarakat di Indonesia yang masih belum mendapat akses terhadap lembaga keuangan. Masyarakat ini umumnya tinggal di daerah yang masih terpencil dengan layanan yang masih belum memadai.

Selain Memberi Kemudahan, Ini 7 Manfaat Fintech Untuk Masyarakat Indonesia 02

[Baca Juga: 10 Aplikasi Fintech yang Dipakai Orang Indonesia Sehari-hari]

 

Demi mencapai target tersebut, maka salah satu caranya ialah mengembangkan fintech dan sekaligus memperkenalkannya kepada masyarakat.

Dengan adanya fintech, maka masyarakat akan lebih mudah dalam mengakses layanan keuangan tanpa harus kemana-mana, selama dirinya memiliki layanan internet.

 

#3 Meningkatkan Taraf Hidup

Manfaat yang ke-3 tentu merupakan manfaat yang paling berguna untuk masyarakat Indonesia, yakni meningkatkan taraf hidup! Mengapa bisa demikian?

Jadi dengan adanya fintech, maka masyarakat dimungkinkan untuk berbelanja pada merchant dengan menggunakan metode pembayaran kartu kredit ataupun debit dengan biaya yang lebih rendah.

Dengan begitu, maka daya beli masyarakat juga akan semakin tinggi. Perlu diketahui, untuk Asia Tenggara fintech memiliki peran yang begitu penting dalam upaya pemberantasan kemiskinan pada 600 jiwa! Dengan begitu, fintech jelas memberi dampak yang sangat positif bagi peningkatan taraf hidup masyarakat.

 

#4 Memberi Dampak Positif Bagi Perkembangan Perusahaan Start Up

Dengan adanya fintech, maka perusahaan start up juga memperoleh kesempatan dan dorongan yang lebih besar untuk berkembang menjadi lebih baik.

Buktinya, kini sudah cukup banyak perusahaan start up yang menciptakan produk terbaru di bidang fintech. Sebut saja salah satu contohnya ialah Moneythor dengan produknya yang berfokus pada digital banking.

 

#5 Solusi untuk Masalah Pinjaman Berbunga Tinggi

Masih banyak masyarakat Indonesia yang apabila sedang membutuhkan dana untuk waktu yang singkat, melakukan peminjaman kepada lintah darat, yang kerap memberi bunga yang tinggi.

Maka dari itu, fintech bisa menjadi salah satu jawaban yang tepat dari masalah ini.

Pasalnya, fintech memiliki sistim peminjaman uang yang lebih transparan dan tidak tertutup kemungkinan untuk siapa saja, alias bisa digunakan oleh semua masyarakat.

Para peminjam juga tentu semakin berkesempatan untuk membentuk usaha baru sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat.

Selain itu, kemudahan untuk memperoleh dana dari investor juga cenderung akan semakin meningkat, mengingat banyaknya perusahaan fintech yang mempertemukan investor dengan pengusaha yang mengajukan pinjaman.

Perlu diketahui bahwa jumlah investasi pada bidang fintech terus mengalami peningkatan.

 

#6 Kesempatan UMKM untuk Mendapat Modal Usaha dengan Bunga yang Rendah

Untuk memulai sebuah usaha, tentu salah satu hal penting yang akan terfikirkan yaitu ‘modal’.

Bagi yang telah memiliki modal, hal ini mungkin tidak akan menjadi masalah yang terlalu berat, terlebih lagi apabila mereka memiliki pendukung dibelakangnya.

Lalu bagaimana dengan mereka yang tidak memiliki modal? Ingin melakukan pinjaman namun terhalang oleh bunga yang besar.

Selain Memberi Kemudahan, Ini 7 Manfaat Fintech Untuk Masyarakat Indonesia 03

[Baca Juga: POJK Fintech: Pahami 9 Peraturan OJK Tentang Fintech di Indonesia]

 

Banyak yang kemudian karena tidak berani untuk mengambil risiko maka membatalkan niatnya untuk membentuk sebuah usaha yang baru. Hal ini lah yang cukup sering dirasakan oleh para pelaku UMKM di Indonesia.

Nah… ada beberapa produk fintech Indonesia yang menawarkan pinjaman dengan bunga yang relative lebih rendah. Sebut saja salah satunya ialah peer-to-peer lending. Dengan demikian maka persoalan untuk para pelaku UMKM bisa terselesaikan.

 

Layanan Fintech Apa Saja yang Sudah Anda Gunakan?

Semakin lama, semakin banyak pula layanan fintech yang menawarkan kemudahan kepada masyarakat.

 

Bila sudah Anda sudah mengetahui produk fintech, Anda perlu juga tahu aplikasi Finansialku. Unduh di sini yaaa

 

Anda seorang pelajar? Yuk cari tahu tentang startup fintech yang satu ini!

 

Kalau Anda sendiri, produk apa saja yang sudah Anda gunakan? Silahkan bagikan pengalaman Anda di kolom komentar.

 

Sumber Referensi:

  • Winaring Suryo Satuti. 28 Agustus 2019. Pengertian Fintech, Manfaat, Jenis, dan Regulasi di Indonesia. Jojonomic.com – https://bit.ly/2xmBRhm

 

Sumber Gambar:

  • Fintech 01 – https://bit.ly/2XrklUu
  • Fintech 02 – https://bit.ly/3c61GRT
  • Fintech 03 – https://bit.ly/2JQUBsq

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top