Ini 4 Cara Membuat Masker Sendiri Dengan Bahan Seadanya!

Cara Membuat Masker Kain Cara Membuat Masker Sendiri Cara Menggunakan Masker Kain Cara Merawat Masker Kain Corona covid-19 DIY Masker Kain Harga Masker Kain Kesehatan Lifestyle Masker Masker Kain Masker Kain 3 LapisLeave a Comment on Ini 4 Cara Membuat Masker Sendiri Dengan Bahan Seadanya!

Ini 4 Cara Membuat Masker Sendiri Dengan Bahan Seadanya!

Ada 4 cara membuat masker sendiri dengan bahan seadanya. Jangan khawatir lagi harga masker kain yang mulai naik!

Simak selengkapnya di artikel Finansialku berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

 

Imbauan Menggunakan Masker Kain 3 Lapis Untuk Cegah Penyebaran COVID-19

Minggu (05/04) lalu, Achmad Yurianto selaku juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 memberikan imbauan baru pada masyarakat.

Imbauan ini terkait dengan pentingnya penggunaan masker untuk seluruh masyarakat untuk mencegah penyebaran COVID-19.

“Mulai hari ini, sesuai dengan rekomendasi WHO, kita jalankan masker untuk semua. Semua harus menggunakan masker.” Katanya melalui siaran langsung yang dikutip dari laman wartaekonomi.co.id, Minggu (06/04).

 

 

Pentingnya penggunaan masker ini dikatakan untuk melindungi diri kita ketika keluar rumah, dari penyebaran COVID-19 di Indonesia.

“Kita tidak tahu bahwa mereka (orang sekitar) adalah sumber penyebaran penyakit.” Katanya.

 

Namun, untuk catatan, dia menganjurkan masyarakat non-medis untuk menggunakan masker berbahan kain karena masker bedah masker N95 hanya untuk tenaga medis saja.

“Masker kain bisa dicuci. Kami menyarankan penggunaan masker kain tidak lebih dari 4 jam.” Tuturnya.

 

Masker kain yang dikatakan efektif dalam membantu mencegah penularan COVID-19 adalah masker kain 3 lapis.

Diwajibkan Pemerintah, Ini Lho Cara Merawat Masker Kain Kamu 02

[Baca Juga: Menggunakan Masker Itu Penting, Tapi Harus Nggak Sih?]

 

Hal ini dikatakan langsung Wiku Adisasmito sebagai Ketua Tim Pakar Percepatan Penanganan COVID-19 Indonesia, melalui tayangan youtube BNPB Indonesia, dikutip dari laman tribunnews.com, Senin (06/04).

“Sesuai hasil penelitian, masker kain dapat menangkal virus sebesar 70 persen.” Katanya.

 

Imbauan serupa juga disampaikan oleh Presiden Jokowi yang mengatakan kalau semua masyarakat yang harus keluar rumah, wajib menggunakan masker.

“Karena di awal WHO menyampaikan yang pakai masker dulu hanya yang sakit. Saya minta penyiapan masker ini sekarang betul-betul disiapkan dan diberikan kepada masyarakat. Karena kita ingin agar setiap warga yang harus keluar rumah wajib memakai masker.” Kata Jokowi, dikutip laman cnbcindonesia.com, Selasa (07/04).

 

Sementara itu, di kesempatan sebelumnya sempat dikatakan oleh Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, bahwa penggunaan masker tidak diharuskan untuk orang yang sehat.

“Kalau sakit pakai masker. Kalau sehat yang enggak usah. Mengurangi tubuh kita.” Tuturnya, Senin (02/03) lalu, mengutip laman yang sama.

 

4 Cara Membuat Masker Sendiri

Setelah imbauan ini beredar, tidak sedikit masyarakat yang berbondong-bondong membeli masker kain dalam jumlah banyak untuk menstok kebutuhan jangka panjang.

Tingginya permintaan masker kain tiga lapis ini membuat konsumen harus berebutan untuk berada di antrean paling depan, demi dapatkan masker.

Tidak heran pula apabila harga masker kain 3 lapis mengalami kenaikan lebih dari 50 persen untuk satu buahnya.

 

Untuk itu, Finansialku ingin memberikan alternatif lain untuk Sobat Finansialku yang belum sempat memiliki masker kain 3 lapis ini, untuk membuat sendiri dengan memanfaatkan kain yang ada di rumah.

Berikut Finansialku paparkan empat cara membuat masker kain sendiri yang kami kumpulkan dari berbagai sumber:

 

#1 Cara Membuat Masker Sendiri Dengan Slayer

Cara ini pertama kali disampaikan oleh seorang influencer luar negeri, Brittany Xavier.

Dia memberikan cara membuat masker sendiri itu dalam sebuah video singkat Tik Tok yang diunggah ulang dalam akun instagramnya.

Bahan-bahan yang bisa digunakan adalah satu lembar kain slayer dan dua buah ikat rambut yang nantinya digunakan sebagai pengait telinga.

Adapun langkah-langkah dalam membuat masker sendiri, adalah:

  • Lipat kain slayer dengan menumpuk sisi atas dan bawahnya, sehingga bentuknya menyerupai persegi panjang.
Ini 4 Cara Membuat Masker Sendiri Dengan Bahan Seadanya! 02 - Finansialku

Langkah 1

 

  • Kalau sudah dilipat, balikkan posisi slayer sehingga batas lipatan berada di bawah. Setelah itu, masukkan ikat rambut di kedua sisi slayer, sehingga menyerupai bentuk permen.
Ini 4 Cara Membuat Masker Sendiri Dengan Bahan Seadanya! 03 - Finansialku

Langkah 2

 

  • Kalau sudah, Sobat Finansialku bisa membalik lagi kainnya, sehingga batas lipatan kain yang dilipat posisinya berada di atas seperti semula. Buatlah lubang dari lipatan tersebut, lalu masukkan sisa kain yang yang tidak terikat, ke dalam lubang.
  • Untuk memberikan perlindungan yang semakin maksimal, Sobat Finansialku bisa menambah lapisannya dengan sebuah tisu atau kain lain yang tersedia di rumah.
Ini 4 Cara Membuat Masker Sendiri Dengan Bahan Seadanya! 04 - Finansialku

Langkah 4

 

  • Terakhir, cek ulang kekuatan masker dengan menarik kedua ikat rambut yang kini berubah fungsi jadi karet pengait telinga. Lalu jadilah DIY masker 3 lapis yang akan menemani Sobat Finansialku yang harus keluar rumah!
Ini 4 Cara Membuat Masker Sendiri Dengan Bahan Seadanya! 05 - Finansialku

Hasil masker kain buatan sendiri

 

#2 Cara Membuat Masker Sendiri Menggunakan Kain Katun dan Lem Tembak

Cara kedua, menggunakan bahan-bahan yang tidak jauh beda dengan cara pertama.

Cara ini pertama kali disebarkan oleh seorang Youtuber mancanegara, Belinda’s DIY melalui video singkat yang diunggahnya di kanal youtube pribadinya.

Bedanya, cara kedua membutuhkan lem kain atau lem tembak dan setrika untuk membantu merekatkan kain yang akan dijadikan masker.

Diwajibkan Pemerintah, Ini Lho Cara Merawat Masker Kain Kamu 01

[Baca Juga: Waduh! Masker Wajah Bisa Tangkal Virus Corona?]

 

Lalu bagaimana cara membuatnya? Simak langkah-langkahnya di bawah ini, ya!

  1. Lipat kain yang akan digunakan sebagai masker seperti Sobat Finansialku melipat kain slayer di cara pertama.
  2. Setrika lipatan kain yang sudah dilipat dan membentuk persegi panjang. Hal ini dilakukan agar patokan lipatan tidak cepat menghilang.
  3. Persis seperti cara membuat masker kain menggunakan slayer, masukkan karet di kedua sisi kain, hingga bentuknya menyerupai permen.
  4. Sesuaikan panjangnya dengan kebutuhan Sobat Finansialku, lalu rekatkan sisa kain yang tersisa di masing-masing ujung kain menggunakan lem tembak.
  5. Sudah? Selamat! Sobat Finansialku kini bisa menggunakan masker itu untuk melindungi kita dari paparan COVID-19 selama berada di luar rumah. Ingat, pergi ke luar rumah, hanya dilakukan untuk Sobat Finansialku yang tidak punya pilihan lain, ya!

 

#3 Memakai Syal dan Kain Filter

Cara ketiga juga dipaparkan oleh seorang youtuber mancanegara asal Korea Selatan, Yori House.

Dalam videonya itu, dia membagikan langkah-langkah sekaligus bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat masker DIY ala dirinya itu.

Bahan-bahan yang dibutuhkan di antaranya adalah kain syal, kain filter, dan karet gelang atau ikat rambut.

Adapun, langkah-langkah pembuatannya, terdiri dari:

  1. Potong kain filter sesuai keinginan dan ukuran kain syal yang dimiliki. Mengingat, kain filter akan digunakan sebagai pemfilter yang dimasukkan ke dalam kain syal.
  2. Bentangkan kain syal yang akan dibuat sebagai masker. Setelah itu, letakkan kain filter yang sudah dipotong itu ke dalamnya.
  3. Lipat kain syal yang sudah diisi kain filter menjadi tiga lipatan.
  4. Sama seperti langkah-langkah sebelumnya, setelah itu, Sobat Finansialku perlu masukkan karet atau ikat rambut di kedua sisi kain, hingga bentuknya menyerupai permen.
  5. Setelah itu, rapikan sisa ujung kain syal yang tersisa dari ikatan itu. Kemudian, syal siap digunakan, deh!

 

#4 Menggunakan Kain Katun dan Staples

Cara terakhir, cenderung lebih simpel dibandingkan dengan cara-cara sebelumnya.

Cara ini pertama kali dicetuskan oleh seorang youtuber mancanegara dalam video yang diunggah di kanal youtubenya, DIY Nikol & Alexandra.

Adapun bahan yang dibutuhkan adalah sebuah kain katun, karet gelang, dan staples yang tentunya dapat kita temukan dengan mudah di beberapa sudut rumah, ya?

Ini 4 Cara Membuat Masker Sendiri Dengan Bahan Seadanya! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Bedakan Masker Palsu yang Sedang Beredar di Pasaran]

 

Cara membuatnya, hanya membutuhkan tiga langkah, di antaranya adalah:

  1. Ukur kain katun sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.
  2. Lebihan kain bisa dilipat atau digunting, sesuai dengan keinginan Sobat Finansialku.
  3. Lipat kain yang akan digunakan sebagai masker seperti Sobat Finansialku melipat kain di cara-cara sebelumnya.
  4. Sematkan karet ke setiap ujung dari kain yang sudah dilipat. Buat simpul mati, lalu kencangkan setiap sisinya dengan menggunakan staples.
  5. Viola! Masker sudah bisa digunakan untuk melindungi Sobat Finansialku dari paparan COVID-19 ketika berada di luar rumah!

 

Cara Merawat Masker Kain

Kalau di atas kita sudah membahas beberapa cara dalam membuat masker kain, maka kini saatnya kita bahas bagaimana cara merawat masker kain.

Tapi sebelumnya, Sobat Finansialku sudah tahu bagaimana cara menggunakan masker kain, ‘kan?

Tenang, cara menggunakan masker kain sama, kok, dengan ketika Sobat Finansialku menggunakan masker biasa.

 

Nah, cara merawat masker kain ini punya tiga cara yang bisa dilakukan secara rutin, nih!

Salah satunya adalah mencuci masker secara rutin dengan menggunakan air panas. Hal ini ditujukan agar kuman-kuman yang menempel bisa mati.

Air panas yang digunakan untuk mencuci masker kain ini, efektif membunuh kuman hanya dalam derajat Celcius dan Fahrenheit tertentu.

Untuk mengetahui lebih lanjut, lengkap, dan mendalam, Sobat Finansialku bisa membaca artikel kami mengenai cara merawat masker kain ya!

 

Selain masker, kamu juga bisa mencegah virus corona melalui beberapa hal berikut ini, yang bisa kamu cek melalui video Finansialku:

 

Selain empat cara di atas, apakah Sobat Finansialku punya cara lain dalam membuat masker kain sendiri? Kalau ada, jangan sungkan untuk bagikan melalui kolom komentar, ya!

Apabila Sobat Finansialku merasa kalau informasi ini harus diketahui banyak orang, maka Sobat Finansialku bisa membantu kami untuk menyebarkannya melalui platform yang tersedia di bawah ini,  ya! Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Chandra Gian Asmara. 7 April 2020. Penting! Jokowi: Wajib Pakai Masker Kalau Keluar Rumah. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/2wZzy4k
  • Admin. 6 April 2020. Kemarin Dilarang Menkes, Sekarang Orang Sehat Wajib Pakai Masker. Wartaekonomi.co.id – https://bit.ly/2UNs8db
  • Dwiyana Pangesthi. 1 April 2020. Cara Mudah Saat Masker di Pasaran Langka. Brilio.net – https://bit.ly/3bWrwI3
  • Admin. 6 April 2020. Masker Kain 3 Lapis Seperti Apa yang Efektif Menangkal Virus 70 Persen?. Tribunnews.com – https://bit.ly/2xTv4ME

 

Sumber Gambar:

  • Cara Membuat Masker Sendiri – https://bit.ly/2V7XWIR
  • Cara Membuat Masker Sendiri ala Brittany Xavier

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top