Ingin Ikutan Investasi Logam Mulia, Dana Beli Emas Dari Mana?

ANTAM Beli Emas Dana Beli Emas Emas Emas ANTAM Investasi Investasi Emas Investasi Logam MuliaLeave a Comment on Ingin Ikutan Investasi Logam Mulia, Dana Beli Emas Dari Mana?

Ingin Ikutan Investasi Logam Mulia, Dana Beli Emas Dari Mana?

Anda tertarik untuk investasi emas, tapi masih bingung dana beli emas dapat dari mana? Yuk ketahui dananya dalam artikel ini.

Siapa sih yang tidak tertarik dengan investasi emas? Selain mudah dilakukan, investasi logam mulia termasuk salah satu investasi yang membutuhkan modal sedikit.

 

Rubrik Finansialku

 

Sumber Dana Investasi Logam Mulia

Investasi merupakan salah satu tujuan keuangan banyak orang. Selain karena dapat memberikan pemasukan pasif, investasi dapat mengembangkan uang Anda.

Salah satu instrumen investasi yang memiliki risiko rendah dan mudah dipahami adalah investasi logam mulia. Di Indonesia, logam mulia yang diakui adalah logam mulia ANTAM (Aneka Tambang).

Emas batangan ANTAM ini ada yang dijual dari satuan 1 gram hingga 100 gram. Logam mulia dari ANTAM biasanya disertifikasi dan memiliki logo logam mulia dengan beratnya.

Banyak alasan mengapa semakin banyak orang tertarik dengan investasi logam mulia. Yang pertama, untuk mendapatkan logam mulia, Anda hanya perlu mengunjungi toko emas terpercaya atau bahkan membelinya secara online.

Kedua, emas tidak termakan dengan inflasi. Selain itu, sangat jarang penurunan drastis terjadi pada harga emas. Namun, tidak mudah mengumpulkan dana untuk investasi apalagi jika penghasilan Anda hanya pas-pasan.

Di bawah ini merupakan beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengumpulkan dana untuk membeli logam mulia dan mulai berinvestasi emas.

 

#1 Hasilkan Uang Lebih Banyak

Di era teknologi ini, tidak sulit mencari pekerjaan tambahan. Anda dapat memanfaatkan sosial media untuk berbisnis, menjual jasa atau produk serta memasarkan produk.

Selain itu, dengan adanya teknologi, Anda dapat mencari pekerjaan lepas waktu yang dapat Anda sesuaikan dengan keahlian dan waktu luang Anda. Mencari uang tambahan menjadi jauh lebih mudah dibandingkan zaman dahulu.

Uang tambahan ini berguna sebagai modal untuk Anda berinvestasi. Anda dapat langsung menyisihkan uang tambahan ini agar tidak dipakai untuk memenuhi kebutuhan sekunder.

Ingin Ikutan Investasi Logam Mulia, Dana Beli Emas Dari Mana 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Dia Macam-macam Investasi Emas yang HARUS Kamu Ketahui!]

 

#2 Hindari Berutang

Dana beli emas berikutnya adalah hindari utang. Utang merupakan salah satu hambatan bagi setiap orang yang ingin menyimpan uang atau berinvestasi.

Bunga dari utang saja sudah dapat membuat keuangan Anda berantakan, belum lagi utang pokok yang harus Anda kembalikan.

Jika Anda sedang berutang, maka sebelum Anda berpikir untuk mengumpulkan dana untuk investasi emas, Anda sebaiknya membayar lunas utang terlebih dahulu.

Jika Anda tidak memiliki utang dan berpikir untuk berinvestasi dengan menggunakan modal utang, maka Anda harus menghitung dengan rinci bunga pinjaman dengan bunga keuntungan investasi.

Apabila bunga pinjaman lebih tinggi dibandingkan keuntungan investasi, maka sebaiknya Anda menabung atau mencari dana dengan cara lain.

Ingin Ikutan Investasi Logam Mulia, Dana Beli Emas Dari Mana 02 - Finansialku

[Baca Juga: Investasi Emas Sebagai Dana Darurat? Ini Caranya!]

 

#3 Mulai Sesuai Kemampuan

Seperti yang telah disebutkan di atas, ANTAM dijual dengan satuan mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Jika per gram logam mulia berharga Rp 900 ribu, maka Anda dapat memulai investasi emas dengan modal sekecil Rp 900 ribu.

Namun salah satu kerugiannya adalah emas dengan berat yang kecil biasanya dijual dengan harga yang lebih dibandingkan emas dengan berat lebih besar karena adanya biaya di baliknya.

Seperti contoh jika logam mulia 1 gram dijual dengan harga Rp 900 ribu, logam mulia 100 gram pasti dijual dengan harga di bawah Rp 90 juta.

Selain itu, banyak yang menganggap berinvestasi emas dapat dilakukan dalam bentuk perhiasan.

Memang bisa, namun hal ini tidak disarankan karena emas dalam bentuk perhiasan jika dijual kembali akan memotong biaya yang cukup besar dan jika harga emas tidak naik drastis, Anda tidak akan mendapatkan untung yang signifikan.

Ingin Ikutan Investasi Logam Mulia, Dana Beli Emas Dari Mana 03 - Finansialku

[Baca Juga: Cuan Emas: Berbagai Pilihan Investasi Emas di Saat Resesi]

 

#4 Menabung

Dana beli emas yang terakhir adalah yang terpenting. Menabung merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mengumpulkan dana untuk investasi emas.

Menabung tidak perlu besar, namun harus konsisten. Jika Anda berdedikasi untuk menabung, Anda dapat mengumpulkan dana untuk segala keperluan baik untuk pemenuhan kebutuhan atau investasi.

10% – 15% dari penghasilan Anda sebaiknya dialokasikan untuk tabungan. Lakukan hal ini sebelum Anda mengambil dana untuk kebutuhan.

Mengapa? Karena dengan menyisihkan dana tabungan sebelum Anda berbelanja, Anda akan menjadi lebih disiplin dan lebih sadar dengan cara Anda membelanjakan uang.

Menabung juga dapat dibantu dengan menjalankan hidup yang lebih sederhana. Misalnya dengan menggunakan transportasi umum, membawa bekal, mengurangi belanja impulsif dan mencatat seluruh keluar masuknya uang.

Cara ini akan membuat Anda lebih sadar dengan cara Anda membelanjakan dan menabung uang.

Tidak ada salahnya untuk menghadiahi diri Anda sendiri sedikit barang yang Anda inginkan karena berhasil menabung lebih banyak atau berbelanja lebih sedikit.

Untuk mengetahui tips menabung secara rutin, simak video berikut ini.

                  

Beli Emas di Tempat yang Terpercaya

Karena mudahnya emas ditemukan, banyak yang menjual emas ‘palsu’ baik kadar emas tidak sesuai dengan tertera atau beratnya tidak sesuai dengan yang dicantumkan.

Oleh karena itu, ingatlah untuk selalu membeli emas merk ANTAM dan pilih tempat yang terpercaya.

 

Setelah membaca artikel ini, semoga Anda mengetahui tips dan cara yang tepat untuk mengumpulkan dana untuk investasi emas. Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Joshua Kennon. 20 November 2019. A Complete Beginner’s Guide to Saving Money. Thebalance.com – https://bit.ly/3e3qfku

 

Sumber Gambar:

  • Dana Emas 1 – https://bit.ly/35elbWn
  • Dana Emas 2 – https://bit.ly/3cZi1bL
  • Dana Emas 3 – https://bit.ly/3eXVXQy

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top