Ide dan Peluang Usaha Roti Kukus Rumahan Dengan Modal Minim

Bisnis Bisnis Online Roti Kukus RumahanLeave a Comment on Ide dan Peluang Usaha Roti Kukus Rumahan Dengan Modal Minim

Ide dan Peluang Usaha Roti Kukus Rumahan Dengan Modal Minim

Siapa pun kamu yuk ikuti artikel Finansialku berikut ini buat dapat ide usaha roti kukus rumahan. Simak jangan sampai ketinggalan.

Selamat membaca dan selamat mencoba…

 

Rubrik Finansialku

 

Roti Kukus

Tentunya kamu pernah mencicipi makanan yang satu ini! Roti kukus memang menjadi salah satu jenis kue atau roti yang sangat akrab di lidah masyarakat.

Roti kukus makanan yang sangat mudah untuk dijumpai di Indonesia. Roti kukus yang merupakan roti sobek dengan isi bervariasi lalu dikukus seperti bakpao ini awalnya populer di kota Bandung.

Namun seiring berjalannya waktu popularitasnya merambah area lain di Indonesia.

Salah satu roti kukus yang populer adalah rokupang, yang memiliki cabang tidak hanya di pulau Jawa tapi juga kota di Kalimantan hingga Bali.

Ide dan Peluang Usaha Roti Kukus Rumahan Dengan Modal Minim 01 Finansialku

[Baca Juga: Peluang Usaha Roti Bakar! Mulai dengan Modal Minim Untung Besar!]

 

Rasanya yang lezat, dan dalam proses pembuatan roti ini juga terbilang cukup mudah. Hal ini tentunya tak pernah terlepas dari penggunaan bahannya yang sangat mudah untuk di dapatkan.

Roti yang satu ini umumnya sering dijumpai dalam berbagai acara seperti untuk pernikahan, lebaran, pesta ulang tahun, arisan, rapat maupun perayaan adat.

Roti kukus menjadi salah satu hidangan yang tak boleh untuk terlewatkan sehingga keberadaan kue ini sangat mudah dijumpai.

Tingginya peminat, menjadikan sebuah peluang usaha yang menguntungkan bila menjalankan usaha roti kukus rumahan.

 

Populer, Roti Kukus Rumahan

Kebutuhan roti kukus terus mengalami peningkatan dengan banyaknya pesanan dari konsumen. Roti kukus memang banyak dibutuhkan dalam berbagai cara sehingga banyak konsumen yang membelinya dalam jumlah yang besar.

Banyak dari mereka yang memborong roti kukus dengan jumlah besar untuk kebutuhan pemanis dalam berbagai acara. Sehingga usaha roti kukus sangat menjanjikan untuk ditekuni sebagai usaha.

Kue basah seperti halnya roti kukus memang selalu laris manis di pasaran sehingga tak mengherankan jika banyak orang yang sudah lama menekuni usaha tersebut.

Terbukti jika roti kukus rumahan tetap saja eksis dari dahulu hingga sekarang. Kepopuleran roti kukus memang membuat roti yang satu ini digandrungi banyak orang.

Ide dan Peluang Usaha Roti Kukus Rumahan Dengan Modal Minim 02 Finansialku

[Baca Juga: 10 Peluang Usaha 2021 yang Paling Menjanjikan Dengan Modal Minim]

 

Peluang usaha roti kukus rumahan memang masih sangat terbuka lebar bagi siap saja yang ingin melakoninya.

Meski pesaing dari usaha roti kukus semakin ketat namun tak membuat usaha ini menjadi surut.  Sekarang ini memang produk roti kukus tampil makin inovatif dan kreatif.

Kamu dapat membuat produk roti kukus kamu tampil menarik dengan sentuhan inovasi kamu. Roti kukus yang enak pun juga mampu dalam bersaing dengan yang lain juga tawaran harga lebih terjangkau.

Bila kamu berminat dengan usaha roti kukus rumahan tentu pilihan kamu merupakan pilihan tepat untuk ikut terjun langsung ke dalam usaha tersebut.

 

Peluang Usaha Roti Kukus Rumahan

Pengetahuan mengenai rancangan usaha roti kukus sangat penting diperlukan supaya nantinya jika kamu terjun dalam usaha ini akan lebih mudah dalam menjalankannya.

Sebelum mengulas lebih dalam mengenai usaha roti kukus ini, tentunya kamu juga harus tahu bagaimana cara membuat roti kukus sendiri.

Kamu sudah pernah mencoba membuat roti kukus? Masih bingung mengenai langkah membuat roti kukus rumahan?

Daripada kamu bingung, langsung saja silakan melihat resep untuk membuat roti kukus berikut ini:

  • Resep Roti Kukus
  • Bahan Roti Kukus
  • 200 gram gula pasir
  • 275 gram tepung terigu (protein sedang)
  • 2 butir telur
  • 225 ml minuman soda tawar
  • 2 sendok teh emulsifier SP boleh untuk menggunakan yang lain
  • 2 tetes pewarna makanan pink
  • 2 tetes pewarna makanan ungu boleh untuk menggunakan warna lain
  • ½ sendok teh baking powder
  • ½ sendok teh esens vanili

 

Cara Membuat Roti Kukus Rumahan

Campurkan bahan-bahan yang akan digunakan seperti gula pasir, telur serta juga emulsier, selanjutnya dapat dikocok hingga kental kurang lebih sekitar 10 menit dengan menggunakan mixer berkecepatan tinggi.

Selanjutnya ayak bahan tepung terigu dan juga baking powder dengan bergantian, kemudian dapat dicampurkan dengan menggunakan bahan minuman bersoda yang baru saja di buka tutupnya.

Kemudian dikocok secara perlahan. Jangan lupa untuk memasukkan vanili serta diaduk kembali hingga rata.

Ambillah untuk 50 gram adonan dan dapat diberikan pewarna pink, serta sisihkan juga untuk 50 gram yang akan diberikan warna ungu serta sisakan untuk sebagian adonan sebagai pewarna putih.

Masukkan untuk adonan dengan warna putih atau tidak diberikan pewarna ke dalam cetakan roti kukus, supaya panas dapat merata sebaiknya untuk membuat roti kukus menggunakan jenis cetakan dari aluminium.

Ide dan Peluang Usaha Roti Kukus Rumahan Dengan Modal Minim 03 Finansialku

[Baca Juga: Lagi Diminati, Peluang Usaha Pempek dan Perhitungan Laba-nya!]

 

Namun untuk sebelum adonan dicetak, lapisilah cetakan tersebut dengan menggunakan kertas kue.

Tambahkan warna adonan pink dan ungu pada ujung adonan yang ada pada di cetakan, pastikan agar adonan paling atas dapat sejajar sehingga akan mendapat hasil tampilan roti kukus yang bagus nantinya.

Kukuslah adonan tersebut yang telah di taruh ke dalam cetakan hingga 10 menit. Namun sebelumnya dapat didihkan air untuk terlebih dahulu.

Tips, supaya uap air tidak menetes ke bagian roti, maka sebaiknya saat menutup pengukus dilapisi menggunakan kain.

Perlu untuk diingat, jangan sekali-kali untuk membuka kukusan jika waktu belum mencapai 10 menit, karena bisa menyebabkan roti kukus menjadi bantat.

Dalam mengeceknya, dapat menggunakan lidi lewat cara menusuk roti hingga ke bagian dalam, apabila adonan telah meleleh berarti belum matang.

banner -pengelolaan keuangan pribadi dan bisnis

 

Mulai Usaha dan Lihat Prospek

Itulah resep membuat olahan roti kukus rumahan yang sangat mudah, bila kamu telah paham dan mengetahui caranya. Langkah selanjutnya adalah mengetahui prospek bisnis roti kukus rumahan tersebut.

Dengan mengetahui analisa bisnis roti kukus maka kamu akan makin mudah memperhitungkan anggaran biaya dan juga hasil keuntungan yang akan didapatkan jika ingin menjalankan usaha tersebut.

Memiliki tempat khusus untuk menjual roti kukus akan menambah nilai plus. Jika lokasi rumah kamu cukup strategis, kamu bisa menjajakan roti kukus di depan rumah.

Kalau tidak, kamu bisa menyewa tempat yang lebih ramai dikunjungi orang, misalnya di depan kompleks rumah atau di dekat stasiun tertentu.

Dengan adanya tempat berjualan khusus di luar rumah, kamu pun harus menambah modal awal berupa biaya uang sewa tempat maupun gerobak.

Bila kamu memutuskan berjualan secara online untuk menekan biaya sewa tempat, maka kamu harus memaksimalkan koneksi untuk memasarkan produk kamu.

Misalnya, pasarkan kepada tetangga, teman, keluarga besar, hingga kolega. Kalau perlu, berikan potongan harga di awal periode usaha agar mereka tertarik untuk membeli.

12,64 Persen Saham Sari Roti Diakusisi Investor Global Lewat KKR 01 - Finansialku

[Baca Juga: Peluang Usaha Kerajinan Tangan Untuk Disabilitas Saat Ramadan]

 

Jangan lupa juga untuk menawarkan roti kukus buatan kamu di berbagai acara, berikan free sample agar penyelenggara maupun tamu bisa mencoba.

Dan yang tidak kalah penting adalah jangan sampai kamu mencampur keuangan pribadi kamu dan keuangan modal dalam usaha roti kukus rumahan ini.

Karena bila itu terjadi kamu akan kewalahan sendiri. Jadi kamu harus mengatur keuangan kamu dengan benar. Sudah punya aplikasi Finansialku belum?

Kalau belum coba instal dulu aplikasi Finansialku yang tersedia di Google Play Store maupun Apple Store. Kenapa harus instal Aplikasi Finansialku?

Karena pada aplikasi ini kamu akan di terbantu dalam menganggarkan keuangan pribadi kamu dan kamu bisa mencatat keuangan pribadi kamu secara praktis, dan tentunya masih banyak kelebihan aplikasi Finansialku ini.

Jadi jangan lama-lama, buruan download sekarang aplikasinya, atau untuk lebih praktis kamu bisa klik link di bawah ini untuk mulai mengunduh Aplikasi Finansialku ini ya.

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Semoga info ini dapat bermanfaat buat kamu! Jangan lupa berbagi artikel ini, mungkin yang hobi masak-memasak bukan kamu tapi sahabat kamu, jadi silakan berbagi artikel ini kepada banyak orang. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Ading. 13 Maret 2016. Tips Sukses Membuat Usaha Roti Kukus di Perumahan. Usahapemula.com – http://bit.ly/36pA5Ll
  • Maksindo. Peluang Usaha Roti Kukus dan Analisa Usahanya. Tokomesin.com – http://bit.ly/3pz0n5j
  • Vini Damayanti. Intip Peluang Roti Kukus Sebagai Usaha Rumahan yang Menjanjikan. Lokalsupportlokal.id – http://bit.ly/39ttbq9

 

Sumber Gambar:

  • Ide dan Peluang Usaha Roti Kukus Rumahan Dengan Modal Minim 01 Finansialku -http://bit.ly/37A2Rcs
  • Ide dan Peluang Usaha Roti Kukus Rumahan Dengan Modal Minim 02 Finansialku – http://bit.ly/3bqO9G5
  • Ide dan Peluang Usaha Roti Kukus Rumahan Dengan Modal Minim 03 Finansialku – http://bit.ly/2ZDHbb5
  • Ide dan Peluang Usaha Roti Kukus Rumahan Dengan Modal Minim 04 Finansialku – http://bit.ly/3kd2b1T

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top