Hebat! Transaksi Zakat Mal Tahun Ini Naik Tiga Kali Lipat

#FinansialkuNews Berita Hari Raya Ramadan ramadhan transaksi zakat mal Zakat MalLeave a Comment on Hebat! Transaksi Zakat Mal Tahun Ini Naik Tiga Kali Lipat

Hebat! Transaksi Zakat Mal Tahun Ini Naik Tiga Kali Lipat

Transaksi zakat mal di e-commerce Tokopedia naik tiga kali lipat selama bulan ramadhan tahun ini.

Ketahui informasi selengkapnya di berita Finansialku berikut ini.

 

Transaksi Zakat Mal Ramadhan Tahun Ini Naik Tiga Kali Lipat

Saat bulan ramadhan, ada dua zakat yang wajib dibayarkan oleh umat Muslim, yaitu zakat fitrah dan zakat mal.

Zakat fitrah sendiri sederhananya merupakan zakat yang wajib dikeluarkan oleh umat Muslim sebagai bentuk santunan kepada 8 penerima hak zakat fitrah, termasuk fakir dan miskin.

Sementara zakat mal adalah zakat yang dikenakan atas segala jenis harta yang dimiliki oleh umat Islam, di mana pemilik harta harus menyisihkan 2,5 persen dari total aset yang dimilikinya.

Zakat ini disyaratkan wajib untuk umat Muslim yang memiliki harta bersih di luar pengeluaran sehari-hari, setara dengan 87 gram emas.

Hal ini diwajibkan untuk mensucikan seluruh harta milik umat tersebut, agar tetap diberikan keberkahan oleh Allah SWT.

[Baca Juga: Jangan Bingung! Hitung Zakat dengan Aplikasi Kalkulator Zakat Ini!]

 

Ramadhan tahun ini, transaksi zakat mal dilaporkan oleh Tokopedia mengalami peningkatan hingga 3 kali lipat dibandingkan dengan periode sebelumnya, sebagaimana disampaikan oleh External Communication Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

“Selama Ramadhan 2021, nilai transaksi zakat mal meningkat hampir 3 kali lipat, sedangkan jumlah transaksi Donasi meningkat lebih dari tiga kali lipat jika dibandingkan dengan periode sebelum ramadhan.

Donasi dari pengguna Tokopedia ini secara berkala disalurkan kepada sesama yang membutuhkan oleh berbagai lembaga terpercaya yang terhubung dengan platform kami.” Tulisnya dalam keterangan pers, dikutip laman merdeka.com dan inet.detik.com, Senin (10/05).

Selain memfasilitasi umat Muslim untuk melakukan transaksi zakat mal, Tokopedia juga menghadirkan fitur lain di Tokopedia Salam yang bisa dimanfaatkan untuk kebaikan.

Fitur itu di antaranya adalah fitur Fidyah, Kotak Amal, Qurban, dan Wakaf Uang. Selain itu, pengguna juga bisa memaksimalkan ibadah lewat fitur Al-Qur’an Digital dan Jadwal Sholat yang bisa diakses dalam menu yang sama.

“Sejak pertama kali diluncurkan, pengguna aktif bulanan jadwal Sholat di Tokopedia meningkat hampir 12x lipat. Sedangkan pengguna aktif bulanan Al-Qur’an Digital melonjak lebih dari 35x lipat.” Ungkap Ekhel.

Dikatakan bahwa Tokopedia Salam merupakan salah satu solusi dari hulu ke hilir, mulai dari ketersediaan produk dan layanan, sampai pembayaran bagi masyarakat yang memiliki kebutuhan terhadap produk dan layanan yang baik.

Selain itu, guna memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mempererat silaturahmi dengan aman di tengah pandemi, Tokopedia juga menghadirkan Paket Selamat.

Paket ini menawarkan diskon hingga 50 persen untuk berbagai macam produk digital, seperti pulsa, paket data, voucher gim, dan streaming, hingga pembayaran tagihan listrik.

“Melalui sederet inisiatif ini diharapkan dapat menyediakan akses lebih luas bagi lebih banyak masyarakat Indonesia agar bisa turut membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat lainnya, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia secara digital.” Tutup Ekhel.

 

Bagaimana pendapat Sobat Finansialku mengenai kenaikan transaksi zakat mal di ramadhan tahun ini? Mari kita diskusikan di kolom komentar!

Sobat Finansialku juga bisa membagikan informasi ini kepada teman-teman atau saudara melalui pilihan platform media sosial yang tersedia di samping. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

 

 

Sumber Referensi:

  • Vina Anggita. 10 Mei 2021. Transaksi Zakat Mal Naik Tiga Kali Lipat Selama Ramadhan. Swa.co.id – https://bit.ly/3ez91xu
  • Fauzan Jamaludin. 10 Mei 2021. Nilai Transaksi Zakat Maal di Tokopedia Meningkat Tiga Kali Lipat. Merdeka.com – https://bit.ly/3eAXtdh
  • Rachmatunnisa. 10 Mei 2021. Transaksi Zakat Maal di Tokopedia Meningkat 3 Kali Lipat. Inet.detik.com – https://bit.ly/3y539DR
  • Aditya Pratama. 10 Mei 2021. Tokopedia Catat Transaksi Zakat Mal Naik Hampir 3 kali Lipat. Idxchannel.com – https://bit.ly/3tAEe7T

 

Sumber Gambar:

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top