Haduh, Jerman Juga Tidak Selamat Dari Jeratan Resesi Ekonomi!

#FinansialkuNews Ekonomi Ekonomi Global Jerman jerman resesi Resesi Resesi Dunia Resesi EkonomiLeave a Comment on Haduh, Jerman Juga Tidak Selamat Dari Jeratan Resesi Ekonomi!

Haduh, Jerman Juga Tidak Selamat Dari Jeratan Resesi Ekonomi!

Jerman resmi resesi dengan kontraksi 10,1 persen; balada ekonomi global diguncang Covid-19, resesi dunia masih berlanjut!

Informasi selengkapnya dapat diketahui di berita Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

 

Jerman Resesi: Pertumbuhan Ekonomi Minus 10,1 Persen!

Menyusul Hong Kong yang beberapa hari lalu alami kontraksi, Jerman juga resmi terjebak resesi.

Hal ini dilaporkan oleh Kantor Statistik Federal Jerman yang mencatat output PDB ekonomi negara itu tumbuh minus 10,1 persen di kuartal II 2020 ini.

Jerman resesi tahun ini sebenarnya sudah diprediksi para ekonom, tapi kenyataannya jauh lebih buruk dari prediksi mereka, yang mana dikatakan Jerman kontraksi 9 persen saja.

Mengutip laman AFP dari cnnindonesia.com, Jerman resesi pada periode April sampai Juni setelah dilakukan lockdown untuk menghindari penyebaran Covid-19 kemarin.

“Baik ekspor dan impor barang dan jasa runtuh pada kuartal kedua tahun ini, seperti halnya pengeluaran rumah tangga dan investasi. Namun di balik itu, pengeluaran negara tercatat meningkat.” Ungkap pihak Kantor Statistik Federal Jerman, dikutip Reuters melalui inews.id, Jumat (31/07).

Haduh, Jerman Juga Tidak Selamat Dari Jeratan Resesi Ekonomi! 02

[Baca Juga: BI Prediksi Ekonomi Indonesia Kuartal III 2020 Bakal Masuk Resesi]

 

Kondisi Jerman yang resesi ini merupakan kondisi paling buruk dalam data pertubumbuhan ekonomi Jerman sejak tahun 1970.

Sekarang sudah resmi resesi, saya sebut ini adalah resesi seabad. Apa yang sejauh ini tidak mungkin terjadi meskipun crash pasar saham atau guncangan harga minyak yang bergejolak, namun bisa terjadi oleh makhluk mungil 160 nanometer bernama Covid-19.” Kata Andreas Scheuerle, ekonom DekaBank, dikutip laman yang sama.

Dalam kesempatan berbeda, Menteri Ekonomi Jerman, Peter Altmaier mengungkapkan kalau pandemi Covid-19 ini memang akan mendorong Jerman dan negara Eropa lainnya masuk resesi dunia.

Tapi dia mengatakan kalau ekonomi Jerman tidak 100 persen buruk apabila dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya.

Bahkan dia menambahkan, kalau Jerman cukup bertahan dengan kencangnya guncangan pandemi Covid-19, sebagaimana dilansir laman cnnindonesia.com, Kamis (30/07).

Dia berharap kalau Oktober nanti, ekonomi Jerman bisa tumbuh positif, ditopang dengan stimulus investasi dan upaya peningkatan daya beli masyarakat.

Bukan cuma itu, harapan ini muncul karena Jerman juga digelontorkan dana sebesar 750 miliar Euro oleh Uni Eropa untuk membantu penanganan Covid-19 di negara terbesar di Eropa tersebut.

Meski begitu, dia tetap mengakui kalau pertumbuhan ekonomi Jerman akan tetap negatif selama 2020, dan mulai membaik pada 2021 nanti, dengan prediksi pertumbuhan ekonomi sebesar 5,2 persen.

Sementara itu, dilansir dari laman money.kompas.com, Joerg Kraemer, Kepala ekonomi Commerzbank mengatakan kalau sebenarnya pemulihan sudah mulai terlihat sejak April lalu.

Ini berarti, akan ada kesempatan peningkatan yang kuat pada dunia produksi di Jerman, yang mana akan terlihat pada kuartal III 2020 nanti.

Tapi, dia menuturkan kalau ini tidak akan mengubah fakta kalau Jerman tetap butuh waktu yang cukup lama untuk kembali ke level sebelum krisis.

Covid-19 berhasil memporak-porandakan ketenangan dunia dengan ancamannya yang juga lumpuhkan jutaan jiwa di dunia.

Entah sampai kapan pandemi ini akan berlangsung. Finansialku berharap, Sobat Finansialku tetap baik-baik saja sampai kita menemui garis finish.

 

Bagaimana pendapat Sobat Finansialku mengenai berita Jerman resesi di atas? Mari kita diskusikan di kolom komentar!

Jangan lupa untuk bagikan informasi ini pada rekan atau keluarga, lewat pilihan platform yang tersedia. Terima kasih!

 

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup Ebook Karyawan

 

Sumber Referensi:

  • Sefti Oktarianisa. 29 April 2020. Seram, Jerman Siap-Siap Alami Resesi Terparah dalam Sejarah. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/39LIwB9
  • Danang Sugianto. 30 Juli 2020. Pengumuman! Jerman Resmi Resesi. Finance.detik.com – https://bit.ly/2PeESWM
  • Sefti Oktarianisa. 30 Juli 2020. Breaking News! Jerman Resmi Resesi. 30 Juli 2020. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/2DqbkCO
  • Sakina Rakhma Diah Setiawan. 31 Juli 2020. Pertumbuhan Ekonomi Minus Dua Kuartal Berturut, Jerman Masuk Resesi. Money.kompas.com – https://bit.ly/30eBiCq
  • Admin. 30 Juli 2020. Jerman Resmi Terperosok ke Dalam Jurang Resesi. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/3gjtx3M
  • Admin. 30 Juli 2020. Resesi, Ekonomi Jerman Diprediksi Terparah Sepanjang Sejarah. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/3jTEZoZ
  • Admin. 31 Juli 2020. Jerman Masuk Resesi, Ekonomi Kuartal II 2020 Minus 10,1 Persen. Inews.id – https://bit.ly/33gxl1Y

 

Sumber Gambar:

  • Jerman – https://bit.ly/317M7p5
  • Recession – https://bit.ly/3jULhoa

 

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top