Finansialku x Bincang Sehati Daai TV: Mengenal Keuangan Syariah

#Finansialku #FinansialkuPress Daai TV Event Finansialku Keuangan Syariah SyariahLeave a Comment on Finansialku x Bincang Sehati Daai TV: Mengenal Keuangan Syariah

Finansialku x Bincang Sehati Daai TV: Mengenal Keuangan Syariah

Rabu (31/3) Perencana Keuangan Finansialku, Rista Zwestika, CFP® menjadi  narasumber dalam talkshow Bincang Sehati yang digelar oleh DAAI TV.

 

Finansialku Mengedukasi Keuangan Syariah Melalui Daai TV

JAKARTA – Baru-baru ini tiga bank syariah BUMN, BNI Syariah, BRI Syariah, dan Bank Syariah Mandiri melakukan merger. Tak pelak topik keuangan syariah muncul ke permukaan menjadi perbincangan hangat di masyarakat.

DAAI TV dengan program talkshow-nya, Bincang Sehati, bermaksud untuk memberikan edukasi mengenai keuangan syariah, menggaet Finansialku untuk menjelaskan topik seputar keuangan syariah.

 

Acara diawali dengan beberapa fun fact hubungan menabung dengan kesehatan mental. Dengan menabung dapat menjaga mental seseorang. Menabung dapat meningkatkan disiplin, percaya diri, ketenangan, dan optimisme.

Selanjutnya, pembahasan mengenai keuangan dan kesehatan mental dijelaskan lebih dalam dari sisi psikologi oleh Christina, M.Psi., founder perjalanan seutuhnya.

Segmen berikutnya diisi oleh perencana keuangan Finansialku, Rista Zwestika, CFP®. Rista memberikan materi seputar pentingnya keuangan syariah, karakteristik seseorang yang pandai mengatur keuangan, dan konsep keuangan syariah secara keseluruhan.

Menurut Rista, merencanakan keuangan sama pentingnya dengan kita bekerja mencari uang.

“Ditambah lagi, pandemi yang terjadi saat ini mengajarkan kita bahwa risiko itu bisa hadir kapan saja” – Rista Zwestika, CFP®.

 

Lantas, seperti apa karakteristik yang harus dimiliki untuk mengatur keuangan?

Pertama, mampu mengontrol diri dari tuntutan gaya hidup. Kedua, dapat membedakan mana kewajiban, kebutuhan dan keinginan. Ketiga, membuat budgeting. Keempat,  memiliki dana darurat. Kelima, memiliki tujuan keuangan. Terakhir, selalu bersyukur atas rahmat yang diberikan Tuhan.

Setelah perbincangan mengenai perencanaan keuangan secara umum, baru masuk ke pembahasan tentang keuangan syariah.

Salah satu produk keuangan syariah, yaitu tabungan syariah. Tabungan syariah adalah tabungan yang terdiri dari akad-akad yang sesuai syariah Islam, seperti wadiyah, mudharabah, dll. Dengan tabungan syariah, masyarakat tidak perlu takut lagi akan riba atau hal-hal yang dilarang agama Islam.

 

Mau tahu lebih banyak tentang keuangan syariah? Yuk, ikuti terus berbagai platform edukasi Finansialku!

Jika Anda tertarik berkolaborasi dengan Finansialku untuk meliterasi komunitas Anda maupun masyarakat, Anda bisa menghubungi tim kami, Silfa melalui nomor 0815 5449 1782 atau email ke silfa@finansialku.com.

Mari wujudkan masa depan dengan perencanaan keuangan bersama Finansialku!

 

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top