Finansialku Podcast Eps 55 – Multi Bagger Investasi Saham Dengan Keuntungan Berkali Lipat

finansialku podcast Investasi Investasi Saham Multibagger SahamLeave a Comment on Finansialku Podcast Eps 55 – Multi Bagger Investasi Saham Dengan Keuntungan Berkali Lipat

Finansialku Podcast Eps 55 – Multi Bagger Investasi Saham Dengan Keuntungan Berkali Lipat

Apakah bisa mendapatkan keuntungan berkali lipat dan konsisten di pasar saham? Bagaimana sih caranya? Sobat Finansialku pasti penasaran ya?

Kali ini, Melvin ditemani oleh Indonesian Value Investor yaitu Pak Rivan Kurniawan ngobrolin cara investasi saham dengan keuntungan berkali-kali lipat!

 

Rubrik Finansialku

 

SAHAM

Mendengar kata saham, tentunya kita selalu ingin keuntungan yang berkali-kali lipat. Namun yang menjadi pertanyaan terbesar adalah:

  1. Apakah investasi saham bisa menghasilkan keuntungan berkali-kali lipat?
  2. Apakah investasi saham bisa menghasilkan keuntungan berkali-kali lipat ‎dengan modal yang kecil?
  3. Apakah investasi saham bisa menghasilkan keuntungan berkali-kali lipat secara konsisten?

 

Dalam Podcast kali ini, Melvin ditemani oleh Indonesian Value Investor yaitu Pak Rivan Kurniawan ngobrolin cara investasi saham dengan keuntungan berkali-kali lipat! Check this out!

 

Sebelum bahas lebih detail, Sobat Finansialku dapat mengirimkan pertanyaan atau curhat keuangan melalui fitur TANYA PERENCANA KEUANGAN di Aplikasi Finansialku. Jangan lupa kasihhashtag #CURHATKEUANGAN

 

Salah satu pertanyaan datang dari CA di Surabaya. Pertanyaannya:

“Apakah boleh kita berinvestasi dengan berhutang? Saya lihat teman saya berinvestasi saham dan memiliki keuntungan 20-30% sedangkan bunga pinjaman hanya 12-15%. Mohon dijawab”

 

Jawaban Melvin:

#LetMeShareMyView saya tidak sarankan bahkan saya larang berinvestasi saham dengan menggunakan pinjaman.

Saya sendiri adalah orang yang mengukuti gaya berinvestasi Benjamin Graham. Beliau mengatakan esensi dari berinvestasi itu adalah manajemen risiko bukan manajemen profit.

Kalau kamu berinvestasi dengan menggunakan pinjaman maka secara mindset kamu akan kejar namanya profit. Seseorang yang kejar profit biasanya akan lost atau menyepelekan risk manajement-nya. Bahayanya di situ.

Jadi, jangan berivestasi menggunakan dengan pinjaman. Terlebih kamu masih baru di industri ini. Investor pemula jangan pernah menggunakan pinjaman untuk investasi.

Investasi sebaiknya dilakukan dengan uang yang sudah disiapkan. Contoh, seseorang punya income Rp 10.000.000, kamu perlu menyiapkan uang Rp 4.000.000-5.000.000 untuk investasi.

“Kok gede, vin?”

Ya disesuaikan dengan tujuan keuangan kamu.

Jadi kalo berbicara tentang investasi, saya pumya 3 faktor:

    1. Tujuan keuangannya
    2. ‎Manajemen risikonya
    3. ‎Time horizonnya, kapan kamu mau berinvestasi

Dalam investasi saya meyakini,

    1. Ada waktunya untuk kita belajar
    2. ‎ Ada waktunya untuk kita bertumbuh
    3. Ada waktunya untuk kita ‎sukses

 

Orang yang sabar, terus belajar, konsisten terus bertumbuh yang akan menuai suksesnya termasuk dalam hal investasi

Nah di Finansialku kami memiliki banyak ebook panduan berinvestasi pemula untuk emas, reksa dana, saham dan lain sebagainya.

Ada podcast, webinar: komunitas reksa dana, komunitas saham dan lain sebagainya. Banyak banget yang kami share tentang investment.

Semoga Kak CA dan Sobat Finansialku bisa mulai investasi dengan lebih bijak.

 

Multibagger: Untung Berkali Lipat di Pasar Saham

Multibagger merupakan istilah yang dipakai oleh para pelaku saham ketika investor berhasil meraih profit >100% daari hasil investasi di saham tertentu.

Namun, sebelum berbicara soal keuntungan, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu konsep berinvestasi saham dengan benar. Salah satu yang perlu kamu pahami adalah manajemen risiko.

Salah satu menejemen risiko di saham adalah dengan money management. Selain fokus pada return kita tidak boleh lupakan manajemen risiko ini. Manajemen risiko pada investasi saham menggunakan money management.

 

Faktor Penting Money Management

Untuk memahami lebih mendalam terkait money management, terdapat tiga faktor yang perlu diperhatikan pada saat kamu melakukan money management.

  1. Position sizing; berapa persen dana yang dialokasikan di sebuah saham
  2. ‎Diversikasi; berapa banyak saham yg perlu ditempatkan di dalam 1 portofolio investasi
  3. Scalling-in, scalling-out; berapa persen yang perlu dialokasikan di satu saham disetiap transaksi

 

Money Management Saham Pemula

Bagi pemula, tentunya sangat memusingkan untuk menerapkan money management saat berinvestasi saham.

Namun, Pak Rivan menjabarkan contoh money management sederhana yang bisa kamu terapkan meskipun kamu masih pemula dalam berinvestasi saham.

Kita misalkan kamu berinvestasi saham sebesar Rp 2.000.000/bulan.

Pertama-tama yang paling penting diperhatikan adalah memastikan bahwa uang Rp. 2.000.000 tersebut adalah dana dingin. Yang dimaksud dana dingin disini adalah dana yang tidak termasuk kebutuhan sehari-hari.

Kedua, pilih saham dengan valuasi terdiskon.

Kita bikin contoh agar lebih sederhana.

Saham A memiliki harga Rp 1.000 saat kamu membelinya. Pada bulan depan harganya turun menjadi Rp 900. Hal tersebut berarti harga pada Saham A terkoreksi sebesar 10%.

Pada situasi seperti ini kamu bisa melakukan average down. Kemudian di bulan ketiga harga Saham A turun kembali di harga Rp 800, di situasi seperti ini kamu bisa melakukan average down kembali.

Kamu bisa melakukan pembelian disetiap penurunan 10% dari harga saham.

Akan tetapi bagaimana jika harganya naik?

Dari harga Rp 1.000 naik ke Rp. 1.100, kamu masih boleh melakukan pembelian. Namun, jangan paksakan membeli jika kenaikan harga sudah mencapai 20-30%.

Kamu bisa melakukan pembeli maksimal 10% dari harga pertama kamu membeli.

Kamu perlu mempelajari terlebih dahuku konsep value investing dengan strategi money management yang tetap berjalan.

 

Sekilas Tentang Buku Multibagger Rivan Kurniawan

Buku ini menceritakan tentang pengalaman Rivan Kurniawan yang pernah terjatuh di pasar saham, namun berhasill bangkit dengan metode Value Investing yang bisa memberikannya profit Multibagger di beberapa saham yang salah harga.

Buku ini menitikberatkan pada proses pemikiran mengenai bagaimana menemukan saham-saham yang salah harga di Bursa Efek Indonesia, bagaimana sebuah kesabaran sangat dibuuhkan dalam menunggu harga saham meningkat secara signifikan.

Buku ini tidak menekankan hal-hal teoritis namun dikemas dengan banyak contoh kasus praktis. Ditulis dengan bahasa sederhana sehingga pemula diharapkan bisa memahaminya.

Di buku ini pula RIvan Kurniawan mencerikan pengalamannya mendapatkan Multibagger terbesarnya yaitu 4Bagger.

 

Investasi Saham di Tahun 2020

Tahun 2020 will be challenging year. Dan dari data historis, selalu muncul banyak orang kaya di tahun yang berat. Kamu tentunya perlu memandang ini adalah sebuah kesempatan.

Segera buka rekening saham pertamamu. Pelajari ilmu berinvestasi saham. bBisa dengan mengikuti Grup Belajar Saham Finansialku dengan fasilitas Webinar GRATIS setiap bulannya bagi member.

Dan yang paling penting adalah DO ACTION!

 

Semoga bahasan kali ini dapat memberikan manfaat bagi Sobat Finansialku, dan akhir kata Make A Plan and Get Your Financial Dreams Come True!

 

Finansialku Talk Podcast juga dapat kamu dengarkan di:

Logo Spotify

 

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top