Erick Thohir Terpilih Jadi Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah 2021-2024

#FinansialkuNews Erick Thohir Masyarakat Ekonomi Syariah MESLeave a Comment on Erick Thohir Terpilih Jadi Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah 2021-2024

Erick Thohir Terpilih Jadi Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah 2021-2024

Selamat! Erick Thohir terpilih gantikan ketua OJK, Wimboh Santoso, sebagai ketua umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) periode 2021-2024.

Ketahui selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

 

Erick Thohir; Akan Mendorong Kemajuan Industri Keuangan Syariah

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir terpilih jadi Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dalam periode 2021-2024.

Erick Thohir terpilih dalam Musyawarah Nasional Masyarakat Ekonomi Syariah, Sabtu (23/01) kemarin.

Dengan begitu, Erick Thohir menggantikan Wimboh Santoso, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang menjabat Ketua Umum MES periode 2017-2020.

Sebelumnya, dalam sambutannya pada Munas V MES, Erick Thohir memaparkan berbagai hal. Diantaranya adalah realita bagaimana bank syariah Indonesia yang penetrasinya masih rendah dibanding dengan negara lain.

“Turki Jordan, jangan lihat Malaysia, tetangga tapi jauh sekali. Ini yang harus jadi fokus, ekonomi syariah menjadi optional yang harus jadi prioritas,” tuturnya, sebagaimana mengutip dari cnbcindonesia.com, Minggu (24/01).

Erick Thohir Terpilih Jadi Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah 2021-2024 02

[Baca Juga: Mengenal Gaya Kepemimpinan Erick Thohir, Sang Menteri BUMN]

 

Menurutnya, Indonesia harus melakukan intervensi agar ada keberpihakan yang lebih baik. Erick juga menyinggung bagaimana peran di BUMN yang menurutnya tak kalah penting.

Selain itu juga, Erick menyampaikan beberapa target yang ingin diraih sebagai Ketua MES. Pertama akan mengembangkan industri halal di dalam dan luar negeri. Kedua mendorong kemajuan industri keuangan syariah.

“Kita harus tingkatkan apalagi sekarang tren digital sudah terjadi, suka tidak suka, kita harus menguatkan fintech dan industri keuangan syariah secara modern tanpa meninggalkan kearifan lokal kita sebagai bangsa,” tuturnya.

Selanjutnya meningkatkan investasi syariah yang berasal dari berbagai sumber yakni luar negeri, nasional, bahkan daerah. Terakhir dapat memberikan pembinaan berkelanjutan dan berjenjang di desa.

Erick juga mengharapkan pandemi Covid-19 ini dapat menjadi momentum bagi ekonomi syariah untuk bangkit dan memiliki daya tahan lebih baik terhadap gejolak.

“Kondisi pandemi harus menjadi momentum untuk menunjukkan bahwa ekonomi syariah memiliki daya tahan lebih baik terhadap gejolak dan krisis,” ucapnya.

Sementara itu, ketua tim formatur Ma’ruf Amin mengungkapkan proses penyaringan Ketua Umum MES didasarkan dari banyak aspek.

“Dipilihnya Pak Erick Thohir sebagai Ketua Umum MES yang baru ini melalui proses penyaringan yang cukup panjang. Banyak aspek yang dipertimbangkan, mulai dari kualifikasi, kompetensi, hingga komitmen terkait pengembangan ekonomi Syariah,” ungkapnya.

Terpilihnya Erick Thohir disambut baik oleh para pengurus MES lainnya. Mereka menilai Erick mampu memberikan energi baru bagi pengembangan MES ke depannya.

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel di atas? Kamu bisa berbagi komentar lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

4 Ebook Panduan Sukses Mengatur Gaji Ala Karyawan

 

Sumber Referensi:

  • Anissa Ayu Artanti. 23 Januari 2021. Gantikan Wimboh, Erick Thohir Ditunjuk Jadi Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah. Medcom.id – https://bit.ly/2M2DqJ3
  • Aprianus Doni Tolok. 23 Januari 2021. Terpilih Jadi Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah, Erick Thohir: Ini Amanah. Finansial.bisnis.com – https://bit.ly/39XyRYr
  • Redaksi. 23 Januari 2021. Punya Jabatan Baru, Erick Thohir: Bismillah, Saya Merasa Terhormat. Jpnn.com – https://bit.ly/3c6t3ic
  • Yuni Astutik. 23 Januari 2021. Resmi! Erick Thohir jadi Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/2NwgP8h

 

Sumber Gambar:

  • 01 – https://bit.ly/3qNUeSR
  • 02 – https://bit.ly/2LStlP7

 

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top