Efektif, PSBB Jawa Barat Diperpanjang Hingga 12 Mei 2020

#FinansialkuNews Bandung Raya Bodebek Jawa Barat Kesehatan Lifestyle PSBB PSBB diperpanjang PSBB Jawa Barat Ridwan KamilLeave a Comment on Efektif, PSBB Jawa Barat Diperpanjang Hingga 12 Mei 2020

Efektif, PSBB Jawa Barat Diperpanjang Hingga 12 Mei 2020

Efektif! PSBB Jawa Barat dinilai cukup efektif dengan kasus Covid-19 yang sempat capai angka 0. Namun, PSBB akan tetap berlanjut. Kenapa?

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

 

Catat! PSBB Seluruh Jawa Barat Dimulai 6 Mei Mendatang

PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar di Jawa Barat akan diperpanjang lagi. Kali ini, penerapan PSBB berlaku bagi semua kabupaten/kota mulai Rabu mendatang (06/05).

Melansir dari CNN Indonesia, keputusan penerapan PSBB ini telah ditandatangani oleh Menteri Terawan dalam Surat Keputusan (SK) bernomor HK.01.07/Menkes/289/2020 tentang penetapan PSBB di Provinsi Jabar dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

Dalam SK Menkes tersebut, disebutkan PSBB berlangsung untuk masa terpanjang inkubasi virus atau 14 hari.

Begitu menerima salinan SK, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil langsung mengumumkan ke publik melalui Live di Instagramnya, Jumat (1/5) sekitar pukul 21.00 WIB.

Kang Emil, panggilan akrabnya, mengumumkan bahwa PSBB Provinsi Jawa Barat akan dimulai Rabu (6/5). Dihitung masa inkubasi virus terpanjang, maka PSBB Jawa Barat akan berlangsung 6-19 Mei 2020.

PSBB Diperpanjang Untuk Bodebek, Bupati Bogor, “Kurang Efektif” 02

[Baca Juga: Bandung Mulai Pekan Depan, Jangan Lakukan Ini Selama PSBB!]

 

Mengingatkan kembali, Sobat Finansialku, saat ini sudah ada dua zona wilayah di Jabar yang menerapkan PSBB.

Zona pertama yaitu Bodebek meliputi Kota/Kab. Bogor, Kota Depok, dan Kota/Kab. Bekasi.

Kemudian zona Bandung Raya meliputi Kota/Kab. Bandung, Kab. Bandung Barat, Kota Cimahi, dan Kab. Sumedang.

Dengan keputusan PSBB Jabar, dipastikan PSBB Bodebek dan Bandung Raya akan mengikuti masa terpanjang PSBB Provinsi Jawa Barat.

 

PSBB di Jawa Barat Cukup Efektif

Nyatanya penerapan PSBB di Jawa Barat ini cukup berhasil memutus rantai penyebarluasan pandemi virus corona atau COVID-19.

Sebagai gambaran, Kang Emil membeberkan pada hari Rabu lalu bahwa penambahan kasus positif di Jabar sebanyak 50 orang dan sehari setelahnya atau Kamis penambahan kasus positif hanya tiga orang.

“Jumat positif di Jabar adalah nol, tidak ada, zero,” ucapnya melansir dari CNN Indonesia, Minggu (03/05).

Selain itu juga, berdasarkan kajian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jabar, kata Kang Emil, sebelum PSBB diterapkan, percepatan virusnya tinggi.

Sebaliknya, wilayah yang tidak menerapkan PSBB cenderung mengalami peningkatan kasus.

Dilansir dari Liputan6, Kang Emil menjelaskan, sebelum PSBB grafik kasus Covid-19 di Jabar mayoritas karena imported case (kasus yang dibawa dari zona merah).

Hal tersebut terjadi lantaran masih ada aktifitas mudik dari zona merah penyebaran Covid-19 ke kampung halaman di Jawa Barat.

Oleh karena itu, pada pelaksanaan PSBB Provinsi Jabar nanti Emil meminta agar wali kota/bupati memastikan semua pintu masuk dan keluar provinsi dan antar daerah agar dibatasi.

“Kombinasi PSBB, larangan mudik dan tes massal ini yang membuat berita penambahan positif Covid-19 makin menurun,” Ucapnya.

Sobat Finansialku, selaras dengan kebijakan yang ditentukan pemerintah tentang penanganan pandemi virus corona ini, kami juga tak akan bosan-bosannya mengingatkan kalian agar tetap lakukan jaga jarak dan hindari kerumunan. Pakai masker jika keluar rumah dan rutinlah mencuci tangan.

Kalau melihat dari kabar di atas, kita bisa bilang pandemik virus corona, khususnya di Jawa Barat, akan segera mereda.

Namun, hal tersebut bisa saja melenceng jika kita sebagai warga tak ikut partisipasi dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.

Saat artikel ini tayang, kasus positif Covid-19 di Indonesia sudah mencapai dan terkonfirmasi sebanyak 10,843 kasus.

Sedangkan yang sembuh 1,665 pasien dan yang meninggal sebanyak 831.

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel diatas? Kamu bisa berbagi pandanganmu tentang artikel ini lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Huyogo Simbolon. 03 Mei 2020. Ini Alasan Ridwan Kamil Ajukan PSBB Provinsi Jawa Barat. Liputan6.com – https://bit.ly/3aZzhw7
  • Admin. 02 Mei 2020. PSBB Seluruh Jawa Barat Mulai Rabu 6 Mei. CNN Indonesia – https://bit.ly/2xylgb6

 

Sumber Gambar:

  • Ridwan Kamil – https://bit.ly/2YtWNi0

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top