Duh! Rugi Besar, Ribuan Restoran PHK Karyawannya

#FinansialkuNews Bisnis Corona PHK Restoran Restoran PHKLeave a Comment on Duh! Rugi Besar, Ribuan Restoran PHK Karyawannya

Duh! Rugi Besar, Ribuan Restoran PHK Karyawannya

Akibat Covid-19, rumah makan tutup, kerugian pun tak bisa terhindar, sehingga restoran PHK ribuan karyawannya.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

 

Sektor Kuliner Rugi Hingga 2 Triliun, Restoran PHK Karyawannya

Merebaknya virus corona di Indonesia membikin pemangku kekuasaan lakukan karantina wilayah.

Berbagai kegiatan untuk sementara waktu, suka tidak suka, diberhentikan, termasuk penutupan restoran dan lapak kuliner yang ada di mal.

Memang, bisnis restoran berpotensi rentan terpuruk dalam situasi pandemi virus corona ini, sebab mereka mengandalkan konsumen yang datang langsung.

Data mencatat hingga hari ini sudah ada 6.800 restoran yang tutup sementara imas dari COVID-19.

“Yang pasti dari mal saja itu sudah hampir lebih dari 6.800 restoran tutup,” kata Wakil Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bidang Restoran Emil Arifin, mengutip dari detik.com.

Angka tersebut berkisar pada bisnis kuliner yang berada di dalam mal, belum termasuk yang berada di tempat lain yang bisa saja ikut terimbas oleh virus corona.

catat-7-kualitas-pekerja-yang-aman-dari-ancaman-phk-finansialku

[Baca Juga: Corona Belum Selesai, Kemenaker Sebut 1,9 juta Pekerja Kena PHK]

 

Menurutnya, bisnis restoran yang paling banyak terdampak kondisi tersebut tersebar di Pulau Jawa dan Bali.

Meski begitu, terdapat beberapa restoran yang masih bisa buka di dalam mal, misalnya yang di area lobi. Itu pun tak melayani makan di tempat.

“Yang di dalam mal karena dari 700 sekian mal di Indonesia itu yang di Jawa Bali kan tutup tuh paling banyak hampir 60%. Itu sudah tutup semua. Jadi yang di mal sudah praktis tutup,” ujarnya.

 

Apa Kabar Para Pekerja Restoran?

Dampak lain timbul dari penutupan massal sejumlah restoran di Indonesia, yakni karyawan dirumahkan dan ada juga yang kena Pemutusan Hak Kerja (PHK).

“Jadi kalau dilihat dari karyawan yang dirumahkan (dan di-PHK) itu bisa lebih dari 200 ribu kali itu,” kata Emil Arifin.

Untuk diketahui, Sobat Finansialku, restoran merupakan salah satu kegiatan usaha yang menyerap banyak pekerja.

Emil mencontohkan, satu restoran berskala kecil saja rata-rata mempekerjakan 20 orang.

“Minimal kan kira-kira dia (restoran) kalau di mal kan 2 shift kan (jam kerjanya), dari pagi sampai malam. Nah itu kira-kira 20, paling kecil itu average-nya 20, satu restoran 20 orang. Itu average kecil tuh. Soalnya kan ada yang besar, ada yang kecil restorannya,” Ungkapnya

Restoran PHK karyawan pun terpaksa dilakukan pengusaha rumah makan.

Kerugian pengusaha restoran sangat besar selama pandemi COVID-19 menerpa Indonesia. Bahkan kerugian seluruh pebisnis di bidang kuliner tersebut diperkirakan mencapai Rp 2 triliun hingga Juni jika virus Corona tak juga menghilang.

 

Opsi Lain untuk Menyelamatkan Restoran

Sementara itu, senada dengan Emil, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia (Apkrindo), Eddy Sutanto tak memungkiri jika sebagian usaha menghadapi kendala untuk bertahan.

Terutama pada bisnis yang belum memiliki nama besar dan harus bersaing dengan jaringan restoran besar.

“Bagaimana pun PSBB ini sangat berpengaruh pada restoran tertentu, terutama yang memang tidak mengandalkan pengiriman daring sejak awal. Apalagi yang jarang dipesan konsumen secara online, kalau ada pun volume kecil sekali,” kata Eddy mengutip dari bisnis.com.

Oleh karena itu, dia mengemukakan perlunya dukungan berbagai pihak. Terutama dalam menekan dampak keuangan mengingat banyak restoran ini disebut Eddy menghindari opsi pemutusan hubungan kerja.

“Misalnya ada penundaan pajak restoran selama enam bulan, penundaan tagihan sewa tempat, cicilan bank dan lainnya,” lanjut Eddy.

 

Seiring datangnya Ramadan, pelaku usaha dapat berinovasi dengan membuat menu khusus lewat jasa kurir (delivery) yang dapat dimasak dan diolah sendiri oleh para konsumen sehingga dapat dimanfaatkan di waktu khusus seperti sahur dan buka bersama anggota keluarga di rumah.

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel diatas? Kamu bisa berbagi pandanganmu tentang artikel di atas lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • M Ulum. 20 April 2020. Ribuan Restoran Tutup Akibat Corona Senayanpost.com – https://bit.ly/3aoBrVw
  • Iim Fathimah Timoria. 19 April 2020. Ada PSBB, Ini Kendala yang Dihadapi Kafe dan Rumah Makan Bisnis.com – https://bit.ly/2Kj86kW
  • Trio Hamdani. 20 April 2020. Ribuan Restoran Tutup Gegara Corona, Gelombang PHK Kian Besar Finance Detik.com – https://bit.ly/2Kf93L8

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top