Duh, Akun Twitter Uber Hingga Obama Diretas Penipu Bitcoin

#FinansialkuNews Bitcoin Hack Hacker Internet Teknologi Twitter twitter bill gates twitter obamaLeave a Comment on Duh, Akun Twitter Uber Hingga Obama Diretas Penipu Bitcoin

Duh, Akun Twitter Uber Hingga Obama Diretas Penipu Bitcoin

Sejumlah akun Twitter resmi tokoh-tokoh terkenal Amerika Serikat dibajak untuk penipuan Bitcoin. Selengkapnya di artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

 

Akun Twitter Tokoh-Tokoh Terkenal Dibajak Untuk Penipuan Bitcoin

Akun Twitter resmi sejumlah tokoh ternama di Amerika Serikat seperti Elon Musk dan Bill Gates dilaporkan diretas oleh scammer yang mempromosikan penipuan bitcoin pada Rabu (15/07) kemarin.

Inews mewartakan daftar akun Twitter yang diretas kali ini juga termasuk capres AS dari Partai Demokrat, Joe Biden; mantan presiden AS, Barack Obama; perusahaan Uber; perusahaan bitcoin, dan; masih banyak lagi yang lainnya.

Terkait peretasan termasif dalam sejarah Twitter itu, pihak perusahaan mengatakan beberapa jam lalu, bahwa serangan itu merupakan serangan yang sangat terkoordinasi.

Peretas berhasil menyasar sejumlah karyawan Twitter dan mengakses sistem internal mereka.

Setelah berhasil membajak akun-akun berprofil tinggi tersebut, pelaku kemudian mengunggah pemberitahuan kepada orang-orang bahwa mereka punya waktu 30 menit untuk mengirim 1.000 dolar AS dalam bentuk bitcoin untuk dikirimkan kembali dengan jumlah dua kali lipat.

“Ini adalah PENIPUAN, JANGAN ikut!” kata salah satu pendiri perusahaan pertukaran mata uang kripto Gemini, Cameron Winklevoss, memperingatkan masyarakat dalam sebuah tweet dari akun resminya di Twitter.

Duh, Akun Twitter Uber Hingga Obama Diretas Penipu Bitcoin 02

[Baca Juga: Manfaat Penggunaan Media Sosial untuk Karier Anda]

 

Dompet Bitcoin pertama yang ditampilkan dalam beberapa cuitan hanya aktif pada hari Rabu, menurut Tim Cotten, seorang peneliti Bitcoin, mengutip dari Tempo.

Dalam beberapa jam setelah nomor identifikasi dompet dikirim ke Twitter, Bitcoin menerima lebih dari US$ 100.000 (Rp 1,45 miliar) melalui ratusan transaksi, kata Cotten.

Sebagian dari Bitcoin itu kemudian ditransfer ke dompet lain, tambahnya.

Sementara itu, The Verge melaporkan Twitter menonaktifkan kemampuan akun para tokoh setelah peretasan besar-besaran itu.

Penonaktifan tampaknya hanya berlaku untuk akun yang telah diverifikasi oleh Twitter.

Akun yang belum diverifikasi masih dapat mencuit secara normal, dan akun yang diverifikasi tampaknya dapat me-retweet cuitan yang ada.

“Anda mungkin tidak dapat mencuit atau mengatur ulang kata sandi Anda saat kami meninjau dan mengatasi kejadian ini,” kata akun dukungan Twitter, yang kemudian menambahkan bahwa “beberapa fungsi akun lainnya” juga akan terbatas.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

 

Hacker Belum Diketahui

Belum diketahui kejelasan seberapa luas operasi peretasan ini, namun tampaknya telah mempengaruhi banyak perusahaan besar dan tokoh-tokoh yang sangat terkenal.

Kejadian ini menunjukkan seseorang telah menemukan celah keamanan yang sangat parah dalam proses login Twitter.

Tidak diketahui bagaimana peretas bisa mengakses akun Twitter yang terverifikasi dengan profil tinggi.

Twitter saat ini telah menghapus gambar tangkapan layar dari platformnya dan dalam beberapa kasus menangguhkan pengguna yang terus membagikannya.

Perusahaan juga belum membagikan rincian cara hacker meretas akun Twitter milik orang-orang terkenal tersebut.

 

Wah, bahaya sekali ya. Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel di atas? Kamu bisa berbagi pandanganmu tentang artikel ini lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Julkifli Sinuhaji. 16 Juli 2020. Akun Twitter Barack Obama hingga Elon Musk Semuanya Diretas untuk Penipuan Bitcoin. Pikiran-rakyat.com – https://bit.ly/3eAuDGH
  • Ahmad Islamy Jamil. 16 Juli 2020. Akun Twitter Milik Apple, Bill Gates, dan Elon Musk Dibajak Penipu Bitcoin. Inews.id – https://bit.ly/2B4Eh6L
  • Admin. 16 Juli 2020. Akun Twitter Joe Biden, Obama, Musk, Dipakai Penipuan Bitcoin. Tekno.tempo.co – https://bit.ly/2DNKzIU
  • Admin. 16 Juli 2020. Akun Twitter Joe Biden, Obama, Musk, Dipakai Penipuan Bitcoin. Tekno.tempo.co – https://bit.ly/2DNKzIU

 

Sumber Gambar:

  • Twitter Hack 01 – https://bit.ly/3908z6Y
  • Twitter Hack 02 – https://bit.ly/32jacLU

 

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top