Definisi Stunting Adalah

Ancaman Stunting Definisi Stunting KamusFinansialkuS Kesehatan Lifestyle Stunting Adalah Stunting di IndonesiaLeave a Comment on Definisi Stunting Adalah

Definisi Stunting Adalah

Stunting adalah ancaman. Jadi jangan sekali-kali menganggap remeh stunting. Ketahui definisi dan hal lain mengenai stunting.

Secara umum, stunting membuat SDM di sebuah negara akan menurun kualitasnya. Apakah stunting itu? Berikut  ulasan selengkapnya dalam artikel Finansialku.

 

Definisi Stunting Adalah

Stunting adalah kondisi yang dialami anak-anak, gagal bertumbuh disebabkan kurang asupan gizi dan nutrisi dalam jangka waktu yang lama. Akhir-akhir ini masalah stunting banyak dibicarakan. Bahkan pemerintah sudah turun tangan untuk mencegah peningkatan jumlah stunting dimasa depan. Mengapa hal ini penting?

Karena ada yang disebut sebagai lingkaran stunting. Yaitu anak lahir dengan malnutrisi yang kemudian tumbuh kembangnya kurang maksimal. Lalu, anak ini akan menjadi ibu yang kurang sehat dan melahirkan anak dengan malnutrisi pula.

 

Hal yang Perlu Diketahui Tentang Stunting adalah Berikut ini

Pemerintah gencar melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka pencegahan stunting, namun tidak akan berarti apa-apa jika masyarakat tetap tidak tahu pengertian stunting. Termasuk juga karakteristik stunting dan akibatnya. Berikut adalah beberapa hal penting terkait dengan stunting.

 

#1 Stunting Masalah Krusial bagi Indonesia

Stunting adalah masalah krusial bagi negara Indonesia sehingga pemerintah telah mengeluarkan kebijakan terkait stunting ini. Kebijakan ini berkaitan dengan penggunaan APBN  untuk bidang kesehatan.

#2 Stunting Berhubungan dengan Fungsi Otak

Gagalnya pertumbuhan seorang anak disebut stunting, namun gagal pertumbuhan di sini bukan hanya dilihat dari fisik sebab gagal fungsi otak harus lebih dipedulikan.

[Baca Juga: Apakah Moms Sudah Menyusun Budget Persiapan Melahirkan? Ketahui Jumlah Dananya]

 

Sebab stunting memiliki akibat bagi kehidupan dimana selain mempunyai tubuh yang pendek dari  ukuran tinggi anak normal juga disertai  terlambat dalam berpikir.

 

#3 Akibat Stunting

Akibat lain dari stunting adalah menghambat produktivitas dan pertumbuhan ekonomi. Hal ini akhirnya mengakibatkan sebanyak 20 persen pendapatan pekerja dewasa akan berkurang.

Jika dikaitkan dengan kesejahteraan, akan memburuknya tingkat kesejahteraan masyarakat sebab semakin banyak warga yang miskin antar generasi ke depannya. Kesejahteraan manusia akibat hal ini semakin menurun.

 

#4 Stunting Ancaman Kesehatan dan Kecerdasan

Jika berbicara masalah kesehatan, seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa kerusakan otak lebih cepat akibat stunting.  IQ seorang anak stunting bisa lebih rendah dibandingkan anak normal.

Stunting 2

[Baca Juga: 5 Keadaan Ini Mengharuskan Ibu Melahirkan Dengan Operasi Caesar, Siapkan Biayanya]

 

Selain itu, stunting  bisa menjadi pemicu seseorang memilki masalah jantung dan menderita diabetes. Sehingga kedepannya lebih banyak masalah yang dihadapi oleh anak yang menderita stunting.

 

#5 Stunting Menyebabkan Tidak Mampu Bersaing

Masyarakat yang kesehatan dan kecerdasannya sudah terancam akan memengaruhi pada daya saingnya juga. Sebab masyarakat tersebut tidak kuat untuk bersaing baik itu dalam mendapatkan penghasilan ataupun yang lainnya.

Sehingga jika dihubungkan dengan ranah nasional, maka mereka tak mampu naik untuk bersaing ke level nasional. Sementara ke depannya semakin banyak tantangan hidup yang harus dihadapi.

 

#6 Pajak untuk Menanggulangi Stunting, Tinggi

Ketika pemerintah mengeluarkan kebijakan, agar lebih tinggi pajak diterima dari wajib pajak sehat dan sejahtera. Selanjutnya memudahkan pemerintah fokus pada kesehatan masyarakat termasuk masalah stunting.

Stunting 3

[Baca Juga: Infografis: Tumbuh Kembang Bayi 0 – 12 Bulan Pertama]

 

Pajak yang dikumpulkan sebenarnya memiliki tujuan dimanfaatkan untuk keperluan negara agar kesejahteraan masyarakat semakin tinggi. Baik kesejahtera secara rohani dan sejahtera secara fisik masyarakat.

 

#7 Meningkatkan Kualitas SDM

Salah satu upaya yang bisa dilakukan pemerintah untuk penanganan stunting ialah peningkatan pajak dan kesehatan masyarakat. Namun perlu juga memperhatikan kualitas sumber daya manusia.

Mulai dari memberikan pendidikan yang lebih baik, menyediakan fasilitas pendidikan yang relevan dengan perkembangan zaman serta ekonomi masyarakat tidak lagi misikin. Sebab kemiskinan inilah yang membuat stunting semakin mewabah di masyarakat.

 

Kampanyekan Indonesia Bebas Stunting Mulai Sekarang

Jadi, stunting adalah masalah atau kondisi seorang anak yang berbeda dengan keadaaan normal, baik dari gagal pertumbuhan fisik juga juga gagal fungsi otak.  Masalah stunting akan berkurang jika masyarakat bekerja sama dengan pemerintah dalam mengurangi stunting ini.

 

Jadi, apakah Anda merasa perlu untuk mengetahui informasi seputar stunting dan menghindarinya bersama? Jika ya, mari bagikan informasi ini pada rekan yang memiliki anak-anak, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Andi Zulfikar. 2020. Problematika Stunting, Pajak, dan Masa Depan Perekonomian Indonesia. Pajak.go.id – https://bit.ly/3c8zsWG

Sumber Gambar:

  • Stunting 1 – https://bit.ly/3ebYVR2
  • Stunting 2 – https://bit.ly/2Xp7WAd
  • Stunting 3 – https://bit.ly/2yRd1qT
  • Stunting 4 – https://bit.ly/2RsJKcj

 

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top