Catat! Ini 5 Hal yang Membatalkan Puasa Ramadan, Jangan Lakukan Ya!

Hal yang Membatalkan Puasa Ramadan Hari Raya Puasa Puasa Ramadan Ramadan yang Membatalkan Puasa RamadanLeave a Comment on Catat! Ini 5 Hal yang Membatalkan Puasa Ramadan, Jangan Lakukan Ya!

Catat! Ini 5 Hal yang Membatalkan Puasa Ramadan, Jangan Lakukan Ya!

Siapa sangka, ada beberapa hal yang membatalkan puasa Ramadan. Lebih parahnya lagi, hal ini bisa dilakukan saat sedang sendirian lho!

Biar gak batal, yuk baca informasi Finansialku ini sampai akhir.

 

Rubrik Finansialku

 

Apa Sih yang Membatalkan Puasa?

Ramadan sudah tiba dan pasti kita akan berusaha menghindari hal yang membatalkan puasa. Bukan hanya yang membuat puasa Anda batal namun juga berusaha keras memperoleh banyak pahala dengan berbagai amalan kecil dan besar.

Amalan ini sangatlah bergantung pada diri manusia sendiri. Jika menyukai amalan kecil maka lakukanlah hal-hal kecil saja. Sebaliknya, jika menginginkan pahala besar maka perbesarlah amalan di bulan Ramadan ini.

 

5 Hal yang Membatalkan Puasa Ramadan Saat Sendirian.

Inilah bulan yang sangat barokah dan banyak dinanti umat manusia seluruh dunia, bulan Ramadan. Bulan yang sangat pemurah, hanya dengan tidur saja seseorang sudah mendapatkan pahala.

Wow sekali! Untuk mendapatkan semua hal tersebut, Anda harus melaksanakan puasa Ramadan sesuai rukun dan syaratnya serta menjauhi hal-hal yang dapat membatalkan puasa Ramadan Anda.

Catat! Ini 5 Hal yang Membatalkan Puasa Ramadan, Jangan Lakukan Ya! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Makan Enak di Tanggal Tua Dengan Modal 15 Ribu Saja, Begini Caranya!]

 

#1 Muntah Dengan Sengaja

Muntah adalah aktivitas tubuh mengeluarkan kembali apa yang sudah dimakan baik yang sudah dicerna maupun belum, sengaja maupun tidak sengaja. Jadi, dalam Islam terdapat dua aturan tentang muntah.

Pertama, muntah yang tetap diakui puasanya yaitu muntah tanpa sengaja. Muntah ini benar-benar asli reaksi dari tubuh Anda untuk mengeluarkan benda tanpa anggota tubuh Anda berbuat.

Kedua, muntah yang disengaja dan membatalkan puasa Anda pada saat hal tersebut terjadi. Pembatalan puasa ini harus diganti dengan puasa di hari selain bulan Ramadan.

Muntah disengaja ini biasanya melibatkan aktivitas anggota tubuh Anda, seperti: jari tangan. Anda memasukkan jari tangan ke mulut sampai bagian pangkal lidah sehingga memicu rasa ingin muntah.

 

#2 Sering Sikat Gigi

Sikat gigi berpotensi membatalkan puasa terutama jika Anda sikat gigi saat antara Dhuhur sampai Ashar. Tidak dapat dipungkiri bahwa sikat gigi bisa menghindarkan bau mulut.

Namun jika terlalu sering, hal ini ditakutkan Anda menelan sedikit air yang bisa mempengaruhi kesegaran tenggorokan seperti layaknya minum air.

Keadaan ini secara otomatis yang membatalkan puasa Anda dan Anda wajib menggantinya di lain hari di luar bulan Ramadan.

Catat! Ini 5 Hal yang Membatalkan Puasa Ramadan, Jangan Lakukan Ya! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Makan Enak di Tanggal Tua Dengan Modal 15 Ribu Saja, Begini Caranya!]

 

#3 Merasakan Makanan

Merasakan makanan di sini berarti mencicipi saat sudah memasak. Jangan sampai merasakannya melewati batas yang sudah ditentukan yaitu melewati ujung lidah Anda.

Seharusnya mencicipi makanan saat berpuasa hanyalah sebatas di ujung lidah lalu setelahnya adalah segera memuntahkannya dan berkumur sewajarnya sampai rasa makanan itu hilang.

Terlalu menikmati rasa makanan dengan melebihi batasan icip sama dengan Anda makan dan puasa Anda batal.

 

#4 Emosi yang Berlebihan

Menjaga hati adalah yang utama agar emosi Anda dapat dikontrol dengan baik. Jangan sampai hati Anda terbakar dan dikuasai syaitan karena seketika emosi tersebut meledak, puasa Anda otomatis batal.

Jadi, selalu mengingat Allah adalah jawaban paling tepat di saat Anda beremosi tinggi, bisa dengan melakukan wudlu atau membaca asma-asma Allah.

 

#5 Murtad Saat Puasa

Murtad adalah keluar dari agama Islam karena sudah tidak mengakui keesaan Allah SWT. Murtad ini sangat mudah sekali dilakukan umat manusia bahkan beberapa berasal dari kegiatan yang tidak disadari, contohnya: pergi ke dukun atau menyukai ramalan.

Murtad saat Anda melakukan puasa di bulan Ramadan sama dengan membatalkan puasa dan untuk kembali lagi ke jalan Islam diharuskan membaca syahadat.

Catat! Ini 5 Hal yang Membatalkan Puasa Ramadan, Jangan Lakukan Ya! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Membeli Hewan Kurban, Yuk Ketahui Tips Memilih Hewan Kurban dengan Tepat]

 

Hindari Godaan, Sucikan Ramadan

Godaan selama puasa memang sangat banyak dan begitu banyak sehingga Anda perlu benar-benar menjaga iman Anda. Syaitan adalah makhluk di belakang semua hal yang membatalkan puasa tersebut di atas.

Maka dari itu, sering-seringlah bersholawat dan bertasbih dengan nama Allah SWT. Jangan biarkan para syaitan mengubah iman Anda menjadi nafsu, dengan mudahnya, sehingga Anda hanya mendapatkan dosa. 

Saat puasa pun tidak ada salahnya melakukan hal yang menguntungkan seperti menabung. Mau tahu bagaimana trik menabung selama bulan puasa? Yuk, simak video ini. Selamat berpuasa dan jadi pribadi lebih baik.

 

Apakah ada hal-hal yang pernah Anda lakukan di bulan puasa sebelumnya? Ayo bagikan artikel ini agar tidak ada orang terdekat yang batal puasa ya, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Ilham Arsyam. 6 Mei 2019. 8 Hal yang Membatalkan Puasa, ini Hukumnya Tidur Seharian Saat Berpuasa. Tribuntimur.com – https://bit.ly/2VVMDnr
  • Fitriana Monica Sari. 17 Mei 2019. Awas, 7 Hal Ini Dapat Membatalkan dan Mengurangi Pahala Puasa. Liputan6.com – https://bit.ly/2x7Jg4B

 

Sumber Gambar:

  • yang Membatalkan Puasa 1 – https://bit.ly/2Y3xwLn
  • yang Membatalkan Puasa 2 – https://bit.ly/3bC71k5
  • yang Membatalkan Puasa 3 – https://bit.ly/2Y6CnLJ

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top