Cari Tahu Pentingnya Soft Skill Bagi Fresh Graduate di Sini

Contoh Hard Skill dan Soft Skill dalam CV Contoh Soft Skill Adalah Karir Manfaat Soft Skill Soft Skill Soft Skill yang Harus Dimiliki MahasiswaLeave a Comment on Cari Tahu Pentingnya Soft Skill Bagi Fresh Graduate di Sini

Cari Tahu Pentingnya Soft Skill Bagi Fresh Graduate di Sini

Bagaimana pengaruh soft skill bagi fresh graduate dalam dunia kerja? Dan bagaimana cara mendapatkannya?

Simak di sini!

 

Rubrik Finansialku

 

Soft Skill

Persaingan dalam dunia kerja semakin ketat, sehingga para fresh graduate perlu memiliki kemampuan khusus agar dapat bersaing dengan baik.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh fresh graduate sebelum masuk ke dalam dunia kerja. Salah satu kemampuan yang dilihat oleh para recruitment perusahaan adalah soft skill.

Yang dimaksud soft skill adalah karakter dan keterampilan dalam diri yang menjadi ciri khas hubungan seseorang dengan orang lain.

Di tempat kerja soft skill dianggap sebagai pelengkap hard skill yang mengacu kepada pengetahuan dan keterampilan kerja seseorang.

Fresh-Graduate-Lebih-Baik-Kerja-di-Startup-1-Finansialku

[Baca Juga: Cara Mengamankan Keuangan Freelancer Supaya Karir Lebih Stabil]

 

Hard skill dapat dipelajari dan disempurnakan seiring berjalannya waktu, tetapi untuk soft skill lebih sulit diperoleh dan diubah.

Sebagai contoh soft skill yang dibutuhkan oleh seorang dokter adalah empati, pengertian, dapat menjadi pendengar yang baik. Sedangkan hard skill yang harus dimiliki seorang dokter adalah pemahaman yang luas tentang penyakit, dapat mendiagnosa hasil tes dan dan gejala, serta pemahaman menyeluruh tentang bidangnya.  

Soft skill menggambarkan kecerdasan emosional seseorang (Emotional Inteligence) sebagai pelengkap dari kecerdasan intelektual.

Pekerja dengan soft skill yang baik dapat membantu perusahaan mencapai tingkat efisiensi dan produktivitas yang lebih tinggi. Berikut adalah beberapa contoh beserta manfaat dari soft skills, yaitu:

 

#1 Dapat  berinteraksi dengan orang lain

Dalam dunia kerja kita akan menemui berbagai macam orang dengan latar belakang yang berbeda dan kepribadian yang berbeda.

Orang yang mampu bekerja dengan baik bersama-sama dengan orang-orang yang mempunyai latar belakang berbeda umumnya lebih produktif dan mampu untuk fokus pada prioritas bersama.

 

#2 Dapat berpikir kritis

Orang yang berpikir kritis merupakan orang yang dapat mengamati sesuatu dengan cermat dan mampu membuat analisa yang masuk akal.

Pihak perekrut akan menyukai orang yang dapat berpikir kritis karena dapat menghasilkan solusi terbaik untuk perusahaan.

 

#3 Mampu bekerja dengan tim

Di setiap pekerjaan memiliki persyaratan yang berbeda-beda dan beberapa hal mengharuskan kamu untuk terus bekerja dan berkomunikasi dengan anggota tim lainnya.

Hal ini membuat kerja tim menjadi salah satu soft skill terpenting untuk karir.

 

#4 Dapat mengatur waktu dengan baik

Dalam hal merekrut karyawan, perusahaan memilih untuk mencari karyawan yang bekerja secara efisien dan tahu bagaimana menggunakan waktu dengan bijak.

Pihak perusahaan lebih suka karyawannya memiliki keterampilan manajemen waktu karena dapat meningkatkan produktivitas perusahaan.

 

#5 Dapat beradapatasi dengan baik

Dalam sebuah lingkungan pasti terdapat perbedaan, baik dalam hal budaya, kepercayaan dan hal lainnya.

Beradaptasi adalah tentang bagaimana caranya merangkul berbagai macam perbedaan dan mengikuti arus. Sangat penting untuk menjaga lingkungan profesional yang baik dalam sebuah organisasi.

 

#6 Memiliki etos kerja yang kuat

Etika kerja merupakan soft skill yang sangat sulit untuk diajarkan. Memiliki etos kerja yang kuat berarti orang tersebut mengakui posisinya dan melakukan pekerjaan yang ditugaskan kepadanya dengan jujur dan rajin dengan segala tanggung jawab.

Beberapa contoh yang termasuk dalam kategori etos kerja adalah menyelesaikan tugas tepat waktu, tekun, gigih dan lain-lain.  

 

#7 Memiliki sikap kepemimpinan

Kepemimpinan merupakan salah satu keterampilan yang paling dicari oleh perusahaan. Seseorang yang memiliki sikap kepemimpinan dapat bekerja dengan tim bahkan berupaya membuat tim menjadi lebih baik.

Keterampilan kepemimpinan mencakup kemampuan untuk memimpin tim, membuat keputusan dengan mengesampingkan sudut pandang pribadi dan konflik.

Untuk para fresh graduate perlu juga memiliki hard skill dan soft skill dalam membuat curriculum vitae (CV).

Para pihak rekrutmen akan menganggap bahwa CV sebagai rangkuman dari hard skill dan soft skill yang kita punya.

Berikut adalah contoh CV yang menampilkan hard skill dan soft skill.

 

Contoh Soft Skill

Para rekrutmen akan melihat hard skill dari kemampuan, pendidikan formal dan sertifikat-sertifikat seminar atau kursus yang dilampirkan di CV.

Dengan melihat hal tersebut rekrutmen dapat melihat apakah hard skill para calon pekerja sesuai dengan lowongan kerja yang dicari. Sedangkan soft skill dapat dilihat dari kepribadian dan organisasi yang pernah diikuti.

Hard skill sudah pasti didapat selama masa pembelajaran dari sekolah dasar sampai kuliah. Yang menjadi pertanyaan banyak orang apakah soft skill dapat dilatih?

Jawabannya adalah ya sudah pasti soft skill dapat diasah secara bertahap. Menyadari bahwa pentingnya soft skill di dunia kerja, banyak universitas yang melakukan banyak pelatihan.

Dengan adanya pelatihan mahasiswa diharapkan dapat sukses pada saat bekerja.

Berikut adalah beberapa contoh soft skill yang perlu dimiliki oleh mahasiswa sebelum masuk ke dalam dunia kerja:

 

#1 Adaptasi

Kemampuan beradaptasi adalah keterampilan yang sangat penting karena membantu kita menjadi menjadi fleksibel dalam segala aspek kehidupan.

Dunia terus berubah, jika kita tidak bisa menjadi fleksibel mengikuti arus maka kita tidak dapat berkembang dengan baik.

 

#2 Manajemen Informasi

Informasi merupakan hal yang sangat penting, maka dari itu dalam hal penanganan informasi sangat dibutuhkan untuk memilah apakah informasi yang didapat penting atau tidak, benar atau tidak.

 

#3 Kolaborasi

Setiap mahasiswa perlu memahami pentingnya kolaborasi karena membantu mereka bekerja kelompok. Nilai-nilai yang ada di dalam kolaborasi mencakup nilai kepemimpinan, empati dan komunikasi, Kemampuan kolaborasi memberikan banyak manfaat yang sangat berguna di dunia korporat.

 

#4 Komunikasi

Komunikasi telah berkembang di zaman sekarang, untuk komunikasi tidak selalu perlu tatap muka.

Teknologi telah mempermudah komunikasi pada zaman ini, sehingga sangat dibutuhkan keterampilan komunikasi yang bertujuan untuk membangun hubungan yang lebih baik, meningkatkan produktivitas dan mengurangi tingkat stres. 

 

#5 Kepemimpinan

Kepemimpinan merupakan salah satu soft skill yang sangat penting yang dapat membantu mengubah banyak kehidupan mahasiswa. Seorang pemimpin dapat memberdayakan, memotivasi dan menginspirasi banyak orang. Kepemimpinan yang baik adalah membawa banyak orang untuk tepat mengambil tanggung jawab masing-masing dan mewujudkan hal-hal yang positif.

 

#6 Berpikir Kritis

Orang yang ingin sukses harus berpikiran kritis. Berpikir kritis berarti mempunyai cara pandang dari segala sesuatu dan tindakan yang mempengaruhi segala aspek. Orang yang berpikir kritis pasti dapat memandang ke depan mengenai perencanaan dan hal lainnya.

 

#7 Problem Solving

Cara untuk bertahan dan berkembang di dunia modern ini diperlukan kemampuan untuk menyelesaikan masalah dengan baik.

Generasi masa depan akan membutuhkan keterampilan problem solving untuk membantu mereka memecahkan masalah di masa depan yang mungkin belum ada solusinya.

Oleh karena itu penting bagi mahasiswa untuk belajar mendefinisikan masalah, Menyusun solusi dan menerapkan solusi tersebut dengan tepat.

 

#8 Kreativitas

Kreativitas merupakan keterampilan yang sangat penting di dunia mahasiswa maupun dunia kerja. Dengan kreativitas, kita semua bisa belajar mengomunikasikan ide-ide baru.

Ide-ide baru dapat menarik perhatian dan  membuat perusahaan berkembang.

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

15 Ebook Perencanaan Keuangan 20an

 

Yuk Asah Soft Skill!

Setelah membaca artikel di atas semoga kamu dapat memahami pentingnya soft skill bagi fresh graduate.

Bagi kalian yang masih mahasiswa mari asah kemampuan kalian agar lebih mudah pada saat bekerja nanti. Keterampilan yang di asah akan menghasilkan kesuksesan kelak.

 

Sekarang kamu jadi tahu apa itu soft skill dan apa saja yang perlu kamu asah untuk mendapatkannya bukan?

Tapi masih banyak teman-temanmu yang mungkin kesulitan karena tidak tahu informasi ini.

Yuk, bagikan artikel ini pada mereka dan jadilah pahlawan bagi teman-temanmu!

 

 

Sumber Referensi:

  • Bivisyani Questribilia. 23 Agustus 2019. Mengapa Softskill harus Dimiliki dalam Berkarir? Jojonomic.com – https://bit.ly/3iOoJnp
  • Uswatun Niswi. 5 April 2018. 5 Alasan Mengasah Soft Skill Itu Penting Sejak di Bangku Kuliah. Idntimes.com – https://bit.ly/34I1oi8
  • Admin. 14 Agustus 2017. Apa Itu Soft Skills. Student-activity.binus.ac.id – https://bit.ly/3iONy2r

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top