Caramu Ketinggalan Zaman? Ini Cara Mendidik Anak Era Digital

Anak Cara Mendidik Anak Era Digital Lifestyle mendidik anak Mendidik Anak Era Digital ParentingLeave a Comment on Caramu Ketinggalan Zaman? Ini Cara Mendidik Anak Era Digital

Caramu Ketinggalan Zaman? Ini Cara Mendidik Anak Era Digital

Bagaimana cara mendidik anak era digital? Tentunya, kamu harus lebih melek dengan teknologi ketika mendidik si kecil.

Biar gak ketinggalan zaman, ini tips penting ala Finansialku.

 

Rubrik Finansialku

 

Mendidik Anak Era Digital: Sesuaikan dengan Zamannya

Era digital telah membawa banyak dampak bagi seluruh aspek kehidupan. Hal ini tidak terkecuali dalam proses mendidik anak era digital agar tersampaikan secara benar era digital ini bagi mereka.

Kamu sebagai orang tua sudah pasti diharapkan mengikuti perkembangan dunia saat ini agar mampu mengimbangi anak-anak.

Anak akan memahami teknologi digital dengan baik dan benar jika kamu sebagai orang tua mampu mengarahkan mereka selama ‘belajar’ era digital.

 

Inilah yang Harus Dilakukan dalam Mendidik Anak Era Digital

Yang paling diharapkan oleh seorang anak sesungguhnya adalah orang tua yang bisa mendampingi dan selalu ada buat mereka. Ini penting sekali sebagai salah satu pembentuk kepribadian anak pada saatnya nanti.

Selain itu, juga sebagai penangkal hal negatif yang nantinya akan berpengaruh pada psikologi dan perilaku anak tersebut. Berikut adalah 5 cara mendidik anak era digital.

 

#1 Membuka Komunikasi Dua Arah

Sesuai arti harfiah komunikasi, hal yang paling utama dari komunikasi adalah pembicara dan pendengar. Seperti itulah seharusnya komunikasi antara anak dan orang tua.

Ada saatnya kamu sebagai orang tua berperan sebagai pendengar bukan melulu sebagai pembicara. Anak akan sangat bosan dan tertekan jika kamu sebagai pembicara di segala kesempatan.

Caramu Ketinggalan Zaman Ini Cara Mendidik Anak Era Digital 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Tahu Cara Mendidik Anak Jadi Pengusaha Sukses?? Praktikkan Sekarang]

 

Ingat, anak juga harus diperlakukan sebagai pembicara agar dia dapat mengutarakan perasaannya, apa yang dialami atau apa yang disukai bahkan sampai hal-hal yang dia takuti.

Nah, komunikasi inilah yang dimaksudkan dua arah. Jadi, tidak ada golongan yang mendominasi dalam suatu komunikasi. Anak akan lebih leluasa bercerita jika kamu menempatkan diri sebagai pendengar bahkan sahabat.

 

#2 Mengembangkan Bakat Anak

Bakat seorang anak akan sangat terlihat sewaktu mereka mengeksplorasi kemampuan mereka dengan gadget canggih yang biasa digunakan pada era digital.

Jangan sia-siakan bakat anak yang sudah terlihat dan mengasahnya menggunakan teknologi yang sudah ada.

Contohnya adalah sebagai berikut: jika anak kamu gemar merakit sesuatu atau menggambar maka jelajahi kemampuannya dengan menyuguhkan video-video tutorial.

Si anak akan sangat tertarik jika mengetahui ada banyak video tutorial yang bisa mengembangkan kreasinya.

 

#3 Mengawasi Aktivitas Anak

Poin ini sangat penting dalam mendidik anak era digital karena mengawasi jauh akan lebih sulit.

Sebelum sampai pada tahapan mengawasi aktivitas anak maka sebelumnya sudah diajarkan beberapa hal mengenai mana saja acara atau video yang bisa mereka tonton dan mengapa ada tayangan yang dikhususkan untuk dewasa.

Orang tua perlu sekali memberikan penjelasan secara logis pada pikiran mereka agar anak paham dan tidak timbul rasa penasaran yang menggebu.

Caramu Ketinggalan Zaman Ini Cara Mendidik Anak Era Digital 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Jadi Orangtua yang Sukses Mendidik Anak Dengan Growth Mindset]

 

#4 Memberikan Contoh Yang Baik

Anak adalah peniru. Aturan yang diterapkan bisa sangat efektif diterapkan jika anak diberi contoh nyata. Orang tua yang menerapkan batas waktu konsumsi berseluncur di dunia maya juga harus melakukan hal serupa.

Contoh kecil tersebut akan sangat terpatri untuk kedisiplinan anak kapan pun dan di mana pun  berada.

 

#5 Memantapkan Pelajaran Agama

Kemantapan pada agama adalah poin utama mendidik anak era digital saat ini. Anak yang dibentengi dengan agama akan sangat bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri dan lingkungan sekitar.

Ingat, agama adalah benteng dari segala hal negatif baik itu dari teknologi atau pergaulan.

Caramu Ketinggalan Zaman Ini Cara Mendidik Anak Era Digital 03 - Finansialku

[Baca Juga: Anak Merengek Minta Mainan Mahal, Beli atau Biarkan?]

 

Jadilah Orang Tua, Teman dan Fasilitator Anak Era Digital

Mendidik anak era digital bukan seperti dengan perintah atau larangan karena mereka akan cenderung memiliki mental pemberontak yang negatif.

Namun, jika kelima cara mendidik anak era digital sesuai tahapan di atas diterapkan, akan berpengaruh erat pada perkembangan anak-anakmu untuk ke depannya.

Maka dari itu, ingatlah para orang tua untuk menjadi sahabat anak-anak bukan sebagai orang yang bossy kepada mereka dan sewenang-wenang.

Jangan lupa, mereka harus juga melek teknologi dan sebagai orang tua sangat dianjurkan bagimu agar bisa menjadi fasilitatornya.

Selagi mengurus anak di rumah, tidak ada salahnya untuk tetap berinvestasi,, kan? Nah, cek video ini mengenai investasi yang bisa kamu lakukan di rumah.

 

Itulah cara mendidik anak era digital yang harus kamu ketahui sebagai orang tua masa kini. Setelah membaca artikel di atas, apa yang akan kamu lakukan terlebih dahulu?

Yuk share informasi bermanfaat ini pada sesama milenial parents, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Astri Diana. 14 Desember 2019. 5 Tips Sukses Mendidik Anak di Era Digital. popmama.com – https://bit.ly/2Voq2Rx

 

Sumber Gambar:

  • Mendidik Anak 1 – https://bit.ly/2wZrYqg
  • Mendidik Anak 2 – https://bit.ly/3buw4Wu
  • Mendidik Anak 3 – https://bit.ly/2Vr3UWM

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top