Cara Menghitung Dana Pernikahan Adat Jawa dengan Aplikasi Finansialku

Cara Menghitung Dana Pernikahan Cara Menghitung Dana Pernikahan Adat Jawa Cara Menghitung Dana Pernikahan Adat Jawa dengan Aplikasi Finansialku Dana Pernikahan Pernikahan Adat Jawa Tujuan KeuanganLeave a Comment on Cara Menghitung Dana Pernikahan Adat Jawa dengan Aplikasi Finansialku

Cara Menghitung Dana Pernikahan Adat Jawa dengan Aplikasi Finansialku

Bagaimana cara menghitung dana pernikahan adat Jawa? Selain harus tahu poin apa yang dimasukkan dalam hitungan, gunakan juga cara yang tepat.

Jangan bingung, inilah Aplikasi Finansialku yang siap bantu penghitungannya.

 

Rubrik Finansialku

 

Pernikahan Adat Jawa yang Sarat Budaya

Melalui cara menghitung dana pernikahan adat Jawa, Anda bisa melakukan estimasi total biaya pernikahan yang dibutuhkan.

Bukan hanya sekadar perkiraan dengan besaran biaya yang tidak valid, melainkan seharusnya biaya pernikahan adat jawa yang ada dalam estimasi harus mencerminkan yang sebenarnya. Artinya, tidak boleh kurang maupun lebih.

Terkadang, tidak sedikit yang melakukan biaya estimasi jauh di atas yang seharusnya dengan dalih lebih baik kelebihan daripada kurang. Akan tetapi, hal tersebut justru dapat mengakibatkan pemborosan biaya.

Maka dari itu, Anda harus mengetahui cara menghitung dana pernikahan adat Jawa untuk mempersiapkan biayanya dengan tepat.

 

Tahapan Pernikahan Adat Jawa

Sebelum membahas mengenai cara menghitung dana pernikahan adat Jawa, sebaiknya Anda mengetahi terlebih dahulu apa saja tahapan yang dijalani untuk menciptakan sebuah pernikahan dengan balutan adat Jawa.

Hal ini akan memudahkan Anda dalam menyusun estimasi biaya nantinya.  Tahapan pernikahan adat Jawa yang pertama adalah pembicaraan.

Prosesi ini sering pula disebut sebagai proses melamar. Yang mana mempelai pria akan melamar mempelai wanita. Kemudian, akan terjadi proses seserahan. Berikutnya adalah upacara penikahan dan diikuti dengan acara ijab kabul.

Cara Menghitung Dana Pernikahan Adat Jawa dengan Aplikasi Finansialku 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bingung Mahar Pernikahan Kamu? Intip Contohnya Di Sini]

 

Cara Menghitung Dana Pernikahan Adat Jawa (Pakai Aplikasi Finansialku)

Di bawah ini akan diuraikan mengenai cara menghitung dana pernikahan adat Jawa menggunakan aplikasi Finansialku. Adanya aplikasi Finansialku akan membuat Anda mudah untuk melakukan estimasti biaya pernikahan.

Bukan hanya sekadar estimasi, tetapi juga biaya yang dibutuhkan dapat valid jumlahnya. Dengan demikian, tidak akan terjadi kekurangan maupun kelebihan. Sebab, masih ada kehidupan setelah menikah yang juga harus dipersiapkan.

Jika Anda belum memasang aplikasi Finansialku di smartphone Anda, sebaiknya Anda download terlebih dahulu agar Anda bisa langsung mempraktikkannya.

Adapun cara menghitung dana pernikahan adat Jawa memakai aplikasi Finansialku, sebagai berikut.

 

#1 Merencanakan Tanggal Pernikahan

Deadline pernikahan merupakan aspek yang harus ditentukan pertama kali. Sebab, dengan mengetahui tanggal pernikahan, Anda dapat mempersiapkan biaya yang cukup sampai hari itu tiba. Karena itu, tidak akan terjadi ketidaksiapan dana.

 

#2 Melihat Daftar Harga

Daftar harga yang dimaksudkan adalah list harga untuk seluruh komponen yang diperlukan untuk mengusung adat Jawa. Perlu diingat pula bahwa harga saat ini tentunya akan berbeda dengan harga di masa mendatang.

Hal tersebut dilatarbelakangi oleh banyak faktor. Karenanya, apabila ternyata pernikahan Anda masih akan berlangsung dalam beberapa tahun ke depan, sebaiknya Anda melakukan riset untuk menentukan biaya dengan benar.

Dengan adanya aplikasi Finansialku, Anda tidak perlu bingung lagi untuk memperhitungkan mengenai besaran biaya pernikahan di masa mendatang.

Sebab, aplikasi Finansialku telah menyediakan berbagai fitur yang sangat memudahkan Anda untuk menyusun perkiraan biaya yang dibutuhkan.

Cara Menghitung Dana Pernikahan Adat Jawa dengan Aplikasi Finansialku 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kira-kira, Berapa Biaya Pernikahan Adat Batak Ya? Siapin Duitnya Yuk!]

 

#3 Membuat List Apa Saja yang Akan Digunakan

Dalam pernikahan adat Jawa, terdapat komponen-komponen krusial yang wajib disiapkan. Sebagai contoh, mahar.

Mengingat jika tahapan prosesi pernikahan menggunakan adat Jawa tidak hanya terdiri dari satu langkah, maka Anda harus membuat daftar apa saja yang dibutuhkan pada setiap prosesinya.

Tenang, tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut. Sebab, ada aplikasi Finansialku yang siap membantu Anda untuk menentukan apa saja aspek yang memang diperlukan.

Daftar komponen pernikahan pun dapat ditulis secara sistematis melalui Finansialku. Dengan demikian, dana pernikahan dapat dibuat secara efisien, tidak kurang maupun lebih.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

15 Ebook Perencanaan Keuangan 20an

 

#4 Lakukan Ceklis Pada Daftar yang Sudah Terlampaui

Cara menghitung dana pernikahan adat Jawa berikutnya adalah dengan melakukan ceklis terhadap apa saja yang telah terlampaui.

Misal, ketika ada daftar katering dan Anda sudah melakukan penyewaan terhadap penyedia jasa katering kemudian disetujui, maka Anda bisa melakukan ceklis.

Ceklis pada daftar komponen pernikahan yang telah Anda buat dalam aplikasi Finansialku akan sangat memudahkan Anda untuk menentukan apa saja yang sudah dan apa saja yang masih belum terlampaui. Karenanya, semua bisa ter-cover.

Cara Menghitung Dana Pernikahan Adat Jawa dengan Aplikasi Finansialku 04 - Finansialku

[Baca Juga: Persiapan Dana Pernikahan Di Tengah Pandemi Corona Dengan Reksa Dana Pendapatan Tetap]

 

#5 Perhitungkan Pendapatan

Supaya dapat memenuhi seluruh biaya pernikahan dalam estimasi yang telah dibuat, sebaiknya Anda memperhitungkan pendapatan. Artinya, Anda harus melakukan alokasi untuk pendapatan setiap bulannya.

Sebagai contoh, 10% untuk membeli kebutuhan sehari-hari, 30% untuk biaya pernikahan, dan sisanya untuk kebutuhan lainnya.  Melalui alokasi pendapatan ini, biaya pernikahan bisa disiapkan dengan baik.

Selain itu, Anda pun menjadi tidak perlu takut terkait dana yang kurang. Sebab, hal tersebut tidak akan terjadi apabila Anda mempersiapkannya dengan baik.

 

#6 Jangan Ragu Untuk Berinvestasi

Bukan hanya untuk merencanakan dana pernikahan, tetapi aplikasi Finansialku pun menyediakan sarana investasi. Dengan investasi, Anda bisa memperoleh keuntungan secara pasif. Artinya, uang Anda yang bekerja, bukan Anda.

Investasi menjadi sangat menguntungkan manakala Anda memperhitungkannya dengan tepat. Jangan lupa untuk melakukan analisis sebelum berinvestasi. namun, jangan ragu pula untuk memulai.

Sebab, kesuksesan tidak akan tercapai apabila tidak ada usaha untuk memulai.

Cara Menghitung Dana Pernikahan Adat Jawa dengan Aplikasi Finansialku 03 - Finansialku

[Baca Juga: Komik: Mau Nikah? Ini Biaya Pernikahan Yang Perlu Disiapkan!]

 

#7 Pertimbangkan Biaya Setelah Menikah

Dalam perencanaan pernikahan, Anda pun sebaiknya tidak melupakan mengenai biaya setelah menikah. Pasalnya, menikah bukan hanya mengenai prosesinya. Ada kehidupan yang akan Anda dan pasangan jalani setelah pernikahan.

Maka dari itu, sebaiknya Anda melakukan perencanaan secara bijak. Alangkah baiknya untuk tidak hanya membuang uang untuk biaya pernikahan, tetapi sebagian juga diinvestasikan untuk biaya setelah menikah.

Melalui investasi pada aplikasi Finansialku, Anda bisa mempersiapkannya dengan lebih mudah.

 

Mudahnya Merencanakan Pernikahan Dengan Aplikasi Finansialku

Di atas telah diuraikan mengenai cara menghitung dana pernikahan adat Jawa secara lengkap. Aplikasi Finansialku hadir untuk membantu Anda mempersiapkan semuanya.

Karenanya, tidak perlu ragu untuk memanfaatkan aplikasi Finansialku, sebab akan sangat memudahkan Anda. Tunggu apa lagi? Ayo, segera download aplikasi Finansialku dan rencanakan pernikahan Anda.

 

Yuk, segera unduh aplikasi Finansialku agar Anda bisa lebih mudah menghitung dana pernikahan. Jangan lupa bagikan pula artikel ini pada teman-teman yang juga merencanakan pernikahan, terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Anang Panca. 18 Juli 2020. Update Terkini Biaya Resepsi Pernikahan Adat Jawa Sederhana. harga.web.id – https://bit.ly/38F4ffi

 

Sumber Gambar:

  • Pernikahan 1 – https://bit.ly/3kuTEG9
  • Pernikahan 2 – https://bit.ly/3nhWdx9
  • Pernikahan 3 – https://bit.ly/3kn592k
  • Pernikahan 4 – https://bit.ly/35sypjV

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top