Buset! Harga Oreo X Supreme Bikin Cengo, Kok Laku?

#FinansialkuNews branded Camilan Harga harga oreo supreme Lifestyle Oreo oreo supreme snack SupremeLeave a Comment on Buset! Harga Oreo X Supreme Bikin Cengo, Kok Laku?

Buset! Harga Oreo X Supreme Bikin Cengo, Kok Laku?

Ramai dibicarakan harga Oreo yang berkolaborasi dengan brand fashion Supreme dengan harga setara satu mobil baru! Lah, ada yang beli?

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

 

Oreo Supreme yang Bikin Heboh

Bagaimana bisa harga sebungkus oreo bisa mencapai ratusan juta rupiah setara dengan harga mobil city car? Sungguh tak masuk akal!

Akan tetapi apa saja bisa terjadi. Oreo Supreme adalah buktinya.

Brand streetwear asal New York, Supreme kembali memunculkan perhatian publik dengan produk eksklusif-nya berupa biskuit yang berkolaborasi dengan Oreo.

Produk berupa biskuit ini sebetulnya rilis sejak 2017 lalu. Menariknya pada awal perilisan ada reseller yang menjual Oreo Supreme hingga Rp 716 juta di eBay.

Buset! Harga Oreo X Supreme Bikin Cengo, Kok Laku 02

[Baca Juga: Macam-macam Hobi Mahal dan Cara Mengatur Keuangannya]

 

Hari ini berdasarkan informasi yang tersebar, satu bungkus Supreme Oreo dihargai di eBay hingga mencapai 18.000 dollar AS atau setara Rp 269 juta.

Terdapat juga laporan yang menyatakan tentang pembeli yang rela mengeluarkan uang sebesar 1.250 dollar AS atau setara 18,6 juta untuk 12 biskuit Supreme Oreo.

Ada juga pembeli yang membayar 50 dollar AS atau setara Rp 750.000 untuk satu pak Supreme Oreo berisikan tiga biskuit.

Melansir dari Kompas, Jumat (15/04) Forbes mengklaim bahwa dalam satu paket bisa ditawar hingga 96.100 dollar AS atau setara Rp 1,4 miliiar di toko online eBay.

Mengherankan bukan? padahal Oreo pada umumnya satu bungkus biskuitnya hanya dijual tiga dollar AS atau setara Rp 45.000. Di Indonesia cukup dengan Rp 5.000-10.000 rupiah saja.

 

Kenapa Oreo Supreme Begitu Mahal?

Sobat Fiansialku mungkin punya pertanyaan serupa. Tak perlu bingung, sebab ini semua terkait dengan strategi marketing.

Seperti pandangan umum, merek terkenal bisa menjual produk sederhana dengan harga mahal asal punya ‘nama’ besar, kita mengenalnya sebagai barang branded. Sederhananya begitu.

Faktor lainnya, brand streetwear yang mulanya buka toko di bawah tanah kota Manhattan, New York ini juga banyak menggandeng selebriti dan atlet seperti Odell Beckham Jr. dan The Muppets.

Buset! Harga Oreo X Supreme Bikin Cengo, Kok Laku 03

[Baca Juga: Anti Cekak! Ini Tips Mengatur Keuangan Untuk Hobi Makan]

 

Selain itu juga, strategi menekan jumlah produksi terbatas atau langka jadi salah satu kunci produk-produk Supreme bisa mencapai harga selangit.

“Jika kami bisa menjualnya 600 buah, kami akan memproduksinya 400 buah, begitulah cara kami,” tutur Pendiri Supreme, James Jebbia sebagaimana mengutip dari Kumparan, Jumat (15/04).

Perlu dicatat, Sobat Finansialku, tidak ada yang istimewa dari produk biskuit Oreo ini selain dibungkus dengan plastik berwarna merah mencolok dan bertuliskan Supreme.

Jika dilihat perkembangannya, fenomena Supreme Oreo ini bukan kali pertama. Supreme juga pernah mengeluarkan produk-produk yang mengandung nilai ‘eksklusivitas’ seperti batu bata, palu, zippo, hingga sumpit dengan harga mahal.

Orang-orang yang sudah mencoba Supreme Oreo bahkan mendeskripsikan rasanya seperti “lebih artifisial” dan tidak seperti biskuit Oreo biasa.

 

Prioritas Keuangan

Nah, sobat Finansialku, bagi sebagian orang mungkin mengonsumsi makanan mahal adalah sebuah hal yang bisa memenuhi kepuasan tersendiri. Hal ini tentu saja hak pribadi masing-masing.

Akan tetapi, jika karena untuk menikmati makanan eksklusif tersebut keuangan kita jadi berantakan, tentu saja itu bukanlah hal yang bijak.

Bagi kita yang merasa kurang relate dengan fenomena ini, yuk sama sama belajar untuk lebih mengelola keuangan lebih baik dengan mengatur kebutuhan dan keinginan dalam menganggarkan keuangan.

Tidak ada yang melarang kita untuk mengedepankan keinginan dalam pengaturan keuangan, tapi hal itu tentu saja tidak bijak.

Dalam keuangan maupun dalam kehidupan, memuaskan keinginan adalah hal yang sementara oleh sebab itu sebaiknya keinginan menjadi pilihan belakangan dalam prioritas keuangan.

Seperti misalnya pilihan membeli asuransi dan membeli pakaian branded. Sekilas mungkin keadaan kita yang baik-baik saja saat ini menganggap bahwa keduanya adalah sama-sama pilihan yang tidak tergesa-gesa.

Tapi tahukah bahwa asuransi merupakan dana proteksi yang adalah kebutuhan kita? Apalagi di saat pandemi yang tidak bisa diprediksi apakah kita akan tetap baik-baik saja secara kesehatan maupun keuangan.

Maka dari itu, jika saat ini sobat Finansialku tidak memiliki proteksi (dana darurat dan asuransi) lebih baik prioritaskan terlebih dulu dana tersebut.

Jika tabungan dana proteksi sudah terpenuhi dan masih ada sisa uang, barulah kita beli baju brandednya.

Nah, sebenarnya kenapa dana proteksi, yang salah satunya adalah asuransi penting gunanya dalam kehidupan kita?

Yuk cari tahu serba serbinya dengan mendengarkan audiobook asuransi dari Finansialku berikut ini. Jangan sampai kita menyesal karena tidak tahu prioritas keuangan kita ya!

Album Audiobook Compressed

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel diatas? Kamu bisa berbagi pandanganmu tentang artikel ini lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Syifa Nuri Khairunnisa. 14 Mei 2020. Apa Istimewanya Oreo Supreme sampai Dijual Rp 269 Juta Satu Bungkus? Kompas.com – https://bit.ly/2y1jP53
  • Admin. 25 Febuari 2020. Sebungkus Kudapan Oreo Supreme Dilego Hingga Rp 1,2 Miliar di eBay Liputan6.con – https://bit.ly/35YNoRq
  • Mela Nurhidayati Syamsiyah. 15 Desember 2017. 7 Fakta Unik Tentang Supreme yang Wajib Kamu Tahu Kumparan.com – https://bit.ly/3g0sqGu

 

Sumber Gambar:

  • OreoXSupreme 01 – https://bit.ly/2LuH5eX
  • OreoXSupreme 02 – https://bit.ly/2yNTnMR
  • OreoXSupreme 03 – https://bit.ly/363clv1

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top