BISA Ditiru! Ini Dia 10 Gaya Hidup Modern yang Ramah Di Kantong!

Contoh Gaya Hidup Modern Gaya Hidup GAya Hidup Kekinian Ramah Di Kantong Gaya Hidup Modern Hobi Kesehatan Lifestyle Tiru 10 Gaya Hidup Modern UangLeave a Comment on BISA Ditiru! Ini Dia 10 Gaya Hidup Modern yang Ramah Di Kantong!

BISA Ditiru! Ini Dia 10 Gaya Hidup Modern yang Ramah Di Kantong!

Bagaimana gaya hidup Anda saat ini? Yuk ikuti gaya hidup modern ramah di kantong demi masa depan yang lebih baik!

Gagal mengatur gaya hidup yang pas dan akhirnya masa depan berantakan, jangan sampai deh…. 

Jadi baca artikel ini sampai selesai ya….

 

Rubrik Finansialku

 

10 Gaya Hidup Modern Ramah di Kantong

Hampir seluruh manusia memiliki keinginan menjadi lebih baik. Terlebih generasi usia produktif di Indonesia termasuk generasi yang optimis akan kehidupan yang lebih baik. Dewasa ini banyak yang menganut gaya hidup sehat dan melestarikan lingkungan.

Hal ini ditunjukkan oleh survei global Tetra Pak Index 2019 dengan tema “The Convergence of Health and Environment” yang menjelaskan bahwa tiga dari lima koresponden bahkan berpikir bahwa kesehatan dan kesejahteraan mereka sangat dipengaruhi oleh lingkungan.

Dengan menjalani gaya hidup tertentu, kita berharap bahwa hal ini akan membawa dampak positif bagi hidup kita ke depannya. Apakah Anda juga ingin menjalani gaya hidup modern namun tetap ramah di kantong? Finansialku sudah merangkum 10 gaya hidup modern ramah di kantong sebagai berikut:

#1 Konsumsi Makanan Organik

Memulai gaya hidup modern yang ramah di kantong bisa dimulai dengan mengonsumsi makanan organik. Yang penting disini bukan lagi rasa, melainkan bagaimana makanan tersebut diolah dan diproduksi secara aman dan sehat.

4 Tips Untuk Vegetarian Agar Bertahan Saat Travelling Jauh 03 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Tips Merencanakan dan Cara Mengatur Keuangan Untuk Pasangan Muda]

 

Melansir Kompas.com, Sabtu (18/5/2019), bahan pangan organik diyakini aman karena sistem pertaniannya tidak menggunakan pupuk kimia, pestisida, dan benih transgenik.

Demikian pula dengan hewan ternak seperti sapi, ayam, atau unggas lain yang dipelihara secara organik tidak menyertakan substansi seperti antibiotik dan hormon pertumbuhan.

 

#2 Menjadi vegan

Menjadi vegan artinya Anda mengubah pola makan menjadi bebas segala jenis daging hewan dan produk-produk hewani. Selain sehat, gaya hidup modern yang satu ini tentu lebih ramah di kantong. Seperti kita ketahui, harga sayur-sayuran dan olahan makanan non-daging cenderung lebih terjangkau.

 

#3 Menggunakan Tas Belanja Ramah Lingkungan

Gaya hidup ketiga yang sangat didorong belakangan ini adalah untuk mengurangi limbah plastik. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan tas belanja ramah lingkungan saat berbelanja.

Selain lebih ramah lingkungan, penggunaan tas belanja berulang kali tentu lebih hemat daripada menggunakan kantong plastik. Gaya hidup ini, tidak hanya baik untuk Anda tetapi juga bagi juga bagi dunia.  

 

#4 Mendaur Ulang Pakaian Bekas

Jika selama ini Anda sering berbelanja pakaian, pastinya bingung mau membuang pakaian lama kemana bukan? Jangan dibuang, kini Anda bisa menjaga lingkungan sambil tetap ramah di kantong dengan cara mendaur ulang pakaian bekas.

Pakaian Wanita - Finansialku

[Baca Juga: Slide Perencanaan Keuangan: Rencana Keuangan Sebagai GPS untuk Masa Depan dan Tujuan Keuangan Anda]

 

Bila ini menjadi gaya hidup Anda maka akan mengurangi polusi sampah pakaian. Pakaian bekas ini bisa didaur ulang menjadi lap dapur, kain pel, dan masih banyak lagi. Lumayan kan tidak perlu beli kain pel dan lap dapur lagi?

 

#5 Mengolah Sampah Plastik

Sampah yang cukup tinggi jumlahnya dalam kehidupan sehari-hari kita adalah sampah plastik. Misalnnya saja sampah plastik bekas kemasan makanan antar, yang tentu cukup sering kita temui. Kabar baiknya adalah sampah ini bisa kita olah jadi barang yang lebih fungsional ketimbang langsung membuangnya.

Misalnya saja mengolahnya jadi tas plastik, pot tanaman, dan kerajinan lainnya. Langkah pengolahan sampah plastik ini dapat menyempurnakan gaya hidup 3R (reuse, reduce, recycle) yang ramah lingkungan dan pastinya ramah di kantong.

 

#6 Gaya Hidup dengan Gunakan Botol Minum Sendiri

Sering bepergian dan kerap membeli air mineral kemasan? Stop kebiasaan ini dan mulai gunakan botol minum sendiri yuk! Gaya hidup modern tentu mengajak Anda untuk lebih mencintai lingkungan dan satu hal kecil ini bisa sangat mengurangi limbah plastik di dunia.

 

#7 Kurangi Membuang Makanan

Jika dahulu gaya hidup mewah identik dengan makanan berlimpah, kini itu sudah tidak zaman lagi. Sekarang zamannya makan secukupnya dan tidak menyisakan makanan.

Polling 10 Desain Rumah Minimalis 1 Lantai Modern dan Nyaman 10 - Finansialku

 [Baca Juga: Ini 10 Pertanyaan Manajemen Keuangan yang Harus Anda Bicarakan dengan Pasangan]

 

Selain lebih hemat, gaya hidup ini tentu sangat bermanfaat bagi bumi kita. Bayangkan, dengan menghemat bahan pangan sekarang, artinya kita memberi bekal untuk anak cucu kita kelak. Yuk mulai dicoba!

 

#8 Menggunakan Kembali Air Cucian Beras

Seperti telah diungkapkan sebelumnya, salah satu bagian dari gaya hidup 3R (reuse, reduce, recycle) adalah reuse atau mengolah/ menggunakan kembali sesuatu.

Nah, konsep ini dapat Anda manfaatkan untuk air cucian beras. Manfaatkan bekas air cucian beras untuk menyiram tanaman atau kebun Anda. Lumayan kan Anda bisa lebih menghemat air.

 

#9 Pilah Sampah dan Daur Ulang

Gaya hidup ini sangat baik dan bermanfaat loh bagi kita semua. Sampah bekas sayur dan buah bisa digunakan sebagai kompos alias pupuk alami untuk tanaman sedangkan sampah kaleng, kertas dan plastik bisa dikumpulkan untuk didaur ulang.

 

#10 Hidup Serba Minimalis

Gaya hidup modern yang juga baik untuk kita anut adalah gaya hidup serba minimalis yang banyak diaplikasikan generasi milenial masa kini. Gaya hidup ini tampak dari inspirasi rumah atau hunian dengan konsep modern. Selain itu tercermin juga dari cara berpakaian dan berdandan.

Selain tampak chic dan modern, gaya hidup minimalis ini tentu baik bagi kita semua. Pasalnya, gaya hidup minimalis mengurangi hal-hal yang tidak perlu sehingga kita hanya menggunakan segala sesuatu yang memang benar-benar dibutuhkan saja. Bagus bukan?

 

Masa Depan Bumi dan Kita Semua

Jangan pernah berpikir bahwa menjalani gaya hidup modern ramah di kantong itu sulit. Mungkin setelah membaca artikel Anda beranggapan bahwa teori lebih mudah dari prakteknya. Nyatanya tidak.

Jika Anda mengaplikasikannya, maka Anda juga bisa menjaga bumi lebih baik dan pastinya juga ramah di kantong.

Kami yakin Anda juga bisa mengaplikasikan beberapa tips di atas. Tips mana yang sudah Anda aplikasikan sehari-hari? Berikan komentar pada kolom komentar di bawah ini. Selamat mencoba!

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai 10 gaya hidup modern ramah di kantong lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Alex Kurniawan. 5 November 2019. 5 Gaya Hidup yang Banyak Manfaatnya bagi Kesehatan dan Lingkungan… Kompas.com – https://bit.ly/2Z1n2wt
  • Kania Dekoruma. 1 Oktober 2019. Pengertian Gaya Hidup Modern Menurut Para Ahli, Pahami Sebelum Menerapkannya!. Dekormah.com – https://bit.ly/3bwogCP
  • Admin. 9 Langkah Gaya Hidup RAmah Lingkungan. summareconbekasi.cSm – https://bit.ly/3fHgRDX
  • Admin. 20 April 2019. Lebih Ramah Lingkungan, Yuk Beralih Ke Gaya Hidup Zero Waste. Okezone.com – https://bit.ly/2Ww3iQ2

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top