Beasiswa LPDP 2020 Akan Dibuka! Catat Jadwal dan Cara Daftarnya

#FinansialkuNews Beasiswa Beasiswa LPDP Beasiswa LPDP 2020 Lifestyle LPDPLeave a Comment on Beasiswa LPDP 2020 Akan Dibuka! Catat Jadwal dan Cara Daftarnya

Beasiswa LPDP 2020 Akan Dibuka! Catat Jadwal dan Cara Daftarnya

Akhirnya seleksi beasiswa LPDP tahun ini dibuka setelah tertunda karena pandemi. Berniat hunting beasiswanya? Simak dulu informasinya di sini!

 

Rubrik Finansialku

 

Cara Daftar dan Jadwal Beasiswa LPDP 2020

Bagi Kamu yang mengincar beasiswa pendidikan ada kabar baik, nih. Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) akhirnya membuka pendaftaran beasiswa tahun 2020.

LPDP merupakan program beasiswa yang dikelola oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Program beasiswa ini sudah sejak lama menjadi salah satu alternatif bagi siapa saja yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan.

Melansir dari Kontan, seleksi beasiswa LPDP tahun ini awalnya dijadwalkan dibuka pada Maret 2020. Jadwal tersebut terpaksa berubah lantaran pandemi Covid-19.

Tapi ada kabar baik bagi para pencari beasiswa terutama beasiswa LPDP. Beasiswa LPDP 2020 segera dibuka kembali awal Oktober mendatang.

Beasiswa-LPDP-2018-Telah-Dibuka-1-Finansialku

[Baca Juga: Sudah Paham Tentang Beasiswa LPDP Indonesia?]

 

Bersumber dari laman Instagram resmi LPDP (30/09/2020), beasiswa LPDP akan segera dibuka.

“Catat dan tandai kelendermu ya! Mulai 6 Oktober 2020, kamu dapat melakukan registrasi online melalui beasiswalpdp.kemenkeu.go.id” yang merupakan isi caption Instagram LPDP.

Bagi kamu yang ingin mendaftar beasiswa LPDP, diharapkan selalu memantau perkembangan informasi. Syarat serta informasi lain diumumkan saat pendaftaran beasiswa dibuka.

Daftar universitas yang ter-cover LPDP juga diumumkan bersamaan dengan dibukanya pendaftaran.

 

#1 Beasiswa yang Dibuka

Beasiswa LPDP 2020 dibuka untuk dua jenis layanan beasiswa. Beasiswa yang disediakan diantaranya:

 

Beasiswa Pendidikan

Beasiswa ini ditujukan untuk guru tetap di sekolah-sekolah.

Sekolah tersebut harus di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Beasiswa untuk guru ini berupa beasiswa jenjang magister.

Ada juga beasiswa jenjang doktoral yang dikhususkan untuk dosen perguruan tinggi. Perguruan tinggi tersebut juga harus di bawah naungan Kemendikbud dan Kementerian Agama.

 

Beasiswa PT Utama Dunia

Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia ditujukan untuk jenjang magister dan doktoral.

Beasiswa ini khusus untuk mahasiswa yang sudah mendapatkan Letter of Admission/Acceptance Unconditional di perguruan tinggi peringkat utama dunia. 

Hal itu dilakukan, agar bisa mengembangkan dan meningkatkan kualitas guru dan dosen sesuai kebutuhan strategis Indonesia.

Terkait info persyaratan, perguruan tinggi tujuan, tahapan seleksi, dan ketentuan lainnya, akan disampaikan lebih lanjut. Nantinya informasi yang diberikan akan bersamaan dengan dibukanya registrasi online.

 

#2 Registrasi Online LPDP

Fasilitas beasiswa yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan tersebut akan dibuka secara resmi pada 6 Oktober 2020.

Adapun syarat dan ketentuan masih belum diumumkan oleh LPDP. Prosedur pendaftaran juga belum diumumkan.

Akan tetapi, bagi para calon pendaftar dapat membuat akun LPDP terlebih dahulu dengan mengikuti tata cara pendaftaran berikut ini.

  1. Buat akun  LPDP dengan mengunjungi situs beasiswalpdp.kemenkeu.go.id
  2. Pilih menu registrasi, lalu masukkan biodata. Biodata tersebut meliputi: Nama lengkap, tempat tanggal lahir, dan nomor identitas sesuai KTP serta alamat email.
  3. Verifikasi akun dengan memasukkan kembali nomor identitas dan alamat email.
  4. Isi kembali informasi pribadi.
  5. Pilih kategori beasiswa yang ingin kamu daftarkan.
  6. Lengkapi informasi pribadi.

 

Setelah membuat akun, kamu akan memperoleh akun LPDP berisi informasi pribadi calon penerima beasiswa.

Akun LPDP dapat digunakan tidak hanya untuk program beasiswa tahun 2020 saja, melainkan dapat digunakan untuk mendaftar program beasiswa lain di LPDP.

 

Pendidikan Anak: Bagaimana Caranya MENYEKOLAHKAN ANAK dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan Download ebook-nya, GRATIS!!!

11 Ebook Menyekolahkan Anak Dari TK sampai Kuliah Tanpa Utang

 

Jika kamu ingin mendaftar beasiswa untuk dosen, Anda dapat masukkan nomor Induk Dosen Nasional.

Sementara bagi Kamu yang ingin mendaftar beasiswa untuk guru atau tenaga pendidik dapat memasukkan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Bagi masyarakat yang berminat dan termasuk dalam kriteria yang di atas, persiapkan dirimu menjadi bagian dari SDM unggul untuk Indonesia lebih maju lagi.

Gimana Sobat Finanasialku, siap hunting beasiswa LPDP RI tahun ini?

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel di atas? Kamu bisa berbagi komentar lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Muhammad Azy. 30 September 2020. Kabar Gembira, LPDP Segera Buka Program Beasiswa Tahun 2020, Berikut Cara Pendaftarannya. Pikiran-rakyat.com – https://bit.ly/36lAwa9
  • Tiyas Widya Septiana. 30 September 2020. Hore! LPDP 2020 segera dibuka, catat tanggal pendaftarannya. Kontan.co.id – https://bit.ly/3n8zCnd
  • Dia Ihsan. 01 Oktober 2020. LPDP Buka 2 Jalur Beasiswa di Masa Pandemi Covid-19, Catat Jadwalnya. Kompas.com – https://bit.ly/2Se2M6l
  • Feni Freycinetia Fitriani. 30 September 2020. Beasiswa LPDP 2020 Dibuka 6 Oktober, Begini Cara Daftarnya!com – https://bit.ly/2GemXPb

 

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top