Banjir Cilegon Buahkan Kerugian, Saatnya Dana Darurat Beraksi!

#FinansialkuNews Banjir Banjir Bogor Banjir Cilegon Banjir Jakarta Lifestyle Mobil hanyutLeave a Comment on Banjir Cilegon Buahkan Kerugian, Saatnya Dana Darurat Beraksi!

Banjir Cilegon Buahkan Kerugian, Saatnya Dana Darurat Beraksi!

Curah hujan yang cukup ekstrem mengakibatkan banjir di Cilegon dan daerah sekitarnya. Ketahui cara minimalkan kerugiannya dengan artikel ini!

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

 

Banjir Cilegon Hanyutkan Kendaraan

Sejak Senin kemarin (04/05), hujan lebat mengguyur Kota Cilegon, Banten hingga menyebabkan tanah longsor dan banjir pada sejumlah titik

Menurut kabar yang beredar di beberapa media online, banjir itu juga mengakibatkan sejumlah mobil hanyut dan tembok beton jedol.

Dilansir dari detik.com, peristiwa mobil hanyut terjadi di Batu Lawang, Grogol, Cilegon. Dua mobil tampak hanyut diterjang banjir hingga masuk ke parit.

Selain itu juga, Sobat Finansialku, mobil hanyut terjadi di akses masuk jalan tol Cilegon Barat. Mobil Camry dan Jazz tampak terjungkir dihantam derasnya aliran air yang turun dari bukit.

Untuk diketahui, banjir tersebut mencapai ketinggian muka air 40-200 sentimeter. Terdapat ratusan rumah yang terdampak banjir, terutama yang berada di tiga kecamatan, yakni Cibeber, Purwakarta dan Kecamatan Grogol.

Dampak banjir juga membuat gerbang tol Cilegon Barat ditutup. Kendaraan yang hendak ke luar Cilegon Barat dialihkan ke GT Merak.

Sedangkan kendaraan yang masuk GT Cilegon Barat terpaksa bersabar menunggu air surut.

“Kita tutup dulu karena seperti dilihat ketinggian air 1,5 meter. Kalau sudah surut baru nanti dibuka,” kata Kaur Binops Satlantas Polres Cilegon, Iptu Tampubolon seperti mengutip dari detik.com, Selasa (05/05).

Banjir Cilegon Buahkan Kerugian, Saatnya Dana Darurat Beraksi! 02

[Baca Juga: Panduan Mudah Klaim Asuransi Akibat Banjir Untuk Mobil]

 

Sementara itu, Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Cilegon, Yahya Afandi mengatakan bahwa Grogol dan Gerem merupakan wilayah paling parah yang terdampak banjir

“Paling parah [banjir] di Grogol dan Gerem, ketinggian satu meter lebih, mobil juga terbawa arus. Jumlah mobil [terbawa arus] belum pasti, ada di Ciore Waseh sama kampung Singkil [mobil] yang hanyut,”

“Karena dibuat tol lalu ada pengecoran, mungkin drainase tidak lancar sehingga airnya meluap. Pagar rumah-rumah warga dari perkampungan itu juga jebol,” Lanjut Yahya.

Dilansir dari CNN, Taruna Siaa Bencana (Tagana) Cilegon mengaku masih mengumpulkan data dari setiap kecamatan dan daerah terdampak banjir.

Mereka juga akan mendirikan dapur umum di Grogol, untuk membantu makanan bagi korban banjir.

“Kita sedang koordinasi untuk buka dapur umum. Saat ini mulai surut, mudah-mudahan cepat surut, tidak lama tergenang. Kasihan masyarakat,” Jelasnya seperti mengutip dari Cnn, Selasa (05/05).

 

Antisipasi Bencana dengan Dana Darurat

Di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 yang melanda negeri ini, bencana lain seperti banjir juga tak bisa terhindari.

Tak ada orang yang ingin tertimpa bencana, tetapi itu bisa terjadi pada siapa saja.

Nah, Sobat Finansialku, salah satu faktor yang mesti kamu pikirkan adalah memperisapkan dana darurat.

Sobat Finansialku bisa melakukan antisipasi perihal finansial, seperti dana darurat agar dapat meminimalkan kerugian yang harus ditanggung dikala bencana datang.

Menyisihkan sebagai penghasilan untuk dana darurat mungkin akan terasa berat, tetapi itu bisa saja keliru, karena dalam hitung segala sesuatu butuh perhitungan.

Mulai saat ini kamu bisa membulatkan niat dan memikirkan ulang manfaat dari dana darurat untuk kehidupan jangka panjang.

Kamu tak perlu pusing memikirkan pencatatan dana darurat tiap bulannya.

Kini ada aplikasi Finansialku yang dapat membantu pencatatan keuanganmu termasuk dana darurat itu tadi.

Hanya memakai ponsel pintar dan internet kamu bisa punya catatan keuangan secara digital. Selain efesien ini juga bisa bikin kamu keren.

Selain itu, ada banyak fitur yang bisa kamu akses di aplikasi Finansialku, salah satunya Financial Check Up yang dapat mengukur kesehatan keuanganmu.

Segala yang menyangkut pencatatan keuangan bisa kita lakukan dalam satu aplikasi saja!

Ayo, download segera aplikasi Finansialku di Google Play Store dan Apple Apps Store dan kamu akan takjub dengan manfaatnya.

Ikuti juga webinar online gratis yang dibawakan langsung oleh Founder Finansialku.com, Melvin Mumpuni, ST., CFP., QWP, setiap hari Jumat di youtube Finansialku!

Jadi, tunggu apa lagi? Mari bergabung!

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel diatas? Kamu bisa berbagi pandanganmu tentang artikel ini lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 05 Mei 2020. Fakta Banjir di Cilegon, Mobil Hanyut hingga Tol Ditutup, Berawal Hujan Deras Kompas.com – https://bit.ly/3b6pEM5
  • M Iqbal. 04 Mei 2020. Arus Banjir di Cilegon Deras, Sejumlah Mobil Hanyut hingga Masuk Parit Detik.com – https://bit.ly/35w0JQZ
  • Admin. 04 Mei 2020. Mobil Hanyut dan Tembok Beton Jebol Akibat Banjir Cilegon CNNIndonesia – https://bit.ly/3c5PFfU

 

Sumber Gambar:

  • Banjir 01 – https://bit.ly/2W5JiUd
  • Banjir 02 – https://bit.ly/35w3yS5

dilema besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top